Judul, Perumusan Masalah, Hipotesis, dan Fokus Penelitian

Berikut adalah contoh Judul, masalah, hipotesis, dan fokus penelitian. Selamat membaca.

A. Penelitian Kuantitatif

1. Judul Penelitian

Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Guru Dan Eksplanasi Sejarah Terhadap Kemampuan Menulis Kisah Sejarah Oleh Siswa

2. Perumusan Masalah

a. Apakah terdapat perbedaan kemampuan menulis kisah sejarah oleh siswa antara yang gurunya berlatar belakang pendidikan sejarah dengan gurunya yang berlatar belakang pendidikan non-pendidikan sejarah ?

b. Apakah terdapat perbedaan kemampuan menulis kisah sejarah oleh siswa antara yang gurunya menggunakan eksplanasi sejarah model garis besar kronologis dengan gurunya yang menggunakan eksplanasi sejarah model tematis ?

c. Apakah terdapat interaksi antara latar belakang pendidikan guru dan eksplanasi sejarah terhadap kemampuan menulis kisah sejarah oleh siswa ?

3. Hipotesis Penelitian

a. Kemampuan menulis kisah sejarah oleh siswa yang gurunya berlatar belakang pendidikan sejarah lebih baik daripada gurunya yang berlatar belakang pendidikan non-pendidikan sejarah

b. Kemampuan menulis kisah sejarah oleh siswa yang gurunya menggunakan eksplanasi sejarah model garis besar kronologis lebih baik daripada gurunya yang menggunakan eksplanasi sejarah model tematis

c. Terdapat interaksi antara latar belakang pendidikan guru dan eksplanasi sejarah terhadap kemampuan menulis kisah sejarah oleh siswa

B. Penelitian Kualitatif

1. Judul Penelitian

Membayangkan Masa Lalu : Gender Dalam Sejarah Indonesia

2. Perumusan Masalah

Bagaimana anak laki-laki dan anak perempuan di SMP membayangkan masa lalu dalam kisah sejarah Indonesia ?

3. Fokus Penelitian

Penelitian ini merupakan usaha memahami alam pikiran anak laki-laki dan anak perempuan di SMP tentang sejarah Indonesia. Pikiran yang terdapat di otak, tidak dicarikan penjelasannya bagaimana proses kognisi kisah sejarah masuk dan terstruktur menjadi bentuk tertentu di kepala siswa/i. Terkait disini, salah satu awal sekaligus peran terbesar sebagai pembentuknya, adalah referensi buku sejarah yang selama ini mereka pelajari sendiri maupun bersama guru sejarah di sekolah. Keadaan demikian menarik minat untuk melihat gambaran sebenarnya, apa yang dibayangkan anak-anak tersebut tentang masa lalu bangsanya sendiri. Pada saat yang sama, penelitian ini akan lebih luas daripada hanya tentang kemampuan mengingat kisah sejarah, namun merupakan representasi baru ingatan anak didik tentang jati diri bangsanya, yang telah melewati perjalanan waktu dan seringkali kondisinya jauh berbeda dengan sejarah Indonesia yang pernah mereka pelajari.

About these ads

26 thoughts on “Judul, Perumusan Masalah, Hipotesis, dan Fokus Penelitian

  1. ka, tolong dong jelasin tentang penelitian lapangan yang ekspalansi, thank’s
    ——————–
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih karena mau menghidupkan blog ini dengan cara bertanya….

    Penelitian lapangan dapat diartikan proses mencari dan mengolah data yang dilakukan peneliti dengan cara terjun langsung ke tempat penelitian guna memenuhi keingintahuannya, baik itu melalui wawancara, sebar angket, pengamatan, pengamatan terlibat, bahkan mencari arsip. Umumnya, penelitian lapangan ini menyangkut ilmu sosial seperti sosiologi, pendidikan, dan seterusnya.

    Selanjutnya, penelitian lapangan eksplanasi adalah proses penelitian langsung terjun ke lapangan guna memperoleh gambaran tentang sebab-musabah suatu kasus. Penekanan tersebut (faktor penyebab), menjadi yang utama dalam eksplanasi. Misalnya kamu ingin meneliti tentang narkoba di sekitar wilayahmu, maka penelitian lapangan eksplansi dilakukan dengan cara mewawancarai, mengamati perilaku pemakai narkoba, sehingga dapat ditemukan mengapa mereka, katakan saja, kecanduan narkoba, dan mengapa narkoba “hidup” dilingkungan kamu.

    Semoga membantu, mari kita diskusi…

    • sebenarnya penelitian bisa dilihat dari jenis data apa yang dia gunakan, karena tidak semua cara/metode bisa digunakan dalam semua jenis penelitian. Jadi bagi anda yang ingin meneliti, terlebih dahulu tentukan dulu permaslahan yang akan diteliti lalu kategorikan permaslahan tersebut dengan pendekatan apa yang akan digunakan. Semoga bermanfaat, salam merdeka pendidikan Bangsaku !

  2. mau nanya nih…saya mhsw pendidikan seni rupa
    saya sedang kuliah penelitian..
    dan saya mengambil judul :
    “Perbandingan karya fotografi kamera lubang jarum antara siswa laki-laki dan perempuan dalam mata pelajaran fotografi di sltp….”
    msh bingung membuat hipotesis,kemudian anggapan dasar serta kerangka teori..bisa bantu…?
    terima kasih…
    —————————
    Salah satu kekurangan mahasiswa adalah “sibuk” dengan judul, padahal inti penelitian ialah menjawab pertanyaan (masalah). Mungkin, kalau anda ungkapkan permasalahannya, agak lebih jelas…

    Thanks

  3. Koleksi Bahan Kuliah Online
    Bahan Kuliah, Gratis, Metodologi Penelitian, Manajemen Sumber Daya Manusia, Sistem Informasi, Manajemen Strategik, Hasil Penelitian, Ekonomi Pariwisata, Manajemen Pariwisata, Perhotelan

  4. Belajar Peluang Bisnis Online

    Bisnis Maya Uang Nyata, gratis, free, binis gratis, ebook gratis, peluang gratis, 100% gratis, gratisan, bebas biaya, bisnis online, komisigratis, komisigratis.com, komisi,income, lowongan, peluang, pekerjaan, gratisan, uang, ebook

  5. wah… kok aku nggak mudeng yah.. bukankah peneliytian kuantitaif datanya berupa data statistik…? tapi kok dicontohnya lebih cenderung ke kualitatif ya??????
    aneh…
    ————
    coba baca lagi ya….

  6. MW nanya ne kak.saya kok msh bingung dalam pembuatan judul dlm sebuah metode pnlitian
    —————-
    Bingungnya dimana???, sekedar saran, temukan dulu permasalahannya, dan judul akan tampak dengan sendirinya….

  7. mas..mas yang cakep.
    aku minta rangkuman tentang metode penelitian kuantitatif
    ——–
    duh neng, saya tidak memiliki yang kamu harapkan…silahkan cari sendiri di internet ya…

  8. bisa ga klo metode kuantitatif tanpa data statistik, tlg kasih tau secepatnya ea, cuz ada tugas metode penelitian nih, klo bisa biar gampang kontek2an kirim mssg ke email gw
    ————–
    bisa….bisa diketawain nantinya, apalagi dibimbing dengan dosen yang kuantitatif banget….

  9. Mas yang Pinter
    Aku mahasiswa sedang meneliti ttg Kulit kayu diatas kulit,masalah yg kuteliti,koq uadah mendunia hasil ukiran kulit kayu dari Danau Sentani Papua,tpp pengerajinnya koq biasa2aja,maksudnya hasil dari penjualan Seni Ukir itu sepertinya biasa2aja,padahal di Mancanegara mahal banget dan sedikitpun dari hasil ukiran tidak di ubah,bahkan kehidupan suku Aseipun biasa2aja mengapa ?
    Tks
    Salomina Rumsarwir

  10. Masalah yang samar-samar seperti ini cocoknya dibahas melalui penelitian kualitatif. Masalah mahal bukanlah utama, akan tetapi persepsi dunia suku di danau sentani yang lebih menarik, kenapa mereka bersikap “biasa-biasa” aja terhadap karya mereka. Apakah ini sebuah tema budaya yang sentral (core), atau sebuah dampak dari faktor lain?, silahkan anda endalaminya.

    Salam

  11. Mas, bagaimana menurut anda dengan penelitian yang bersifat campuran (kuantitatif dan kualitatif)? Mungkin bisa berikan contohnya dan apa perbedaan yang signifikan dengan penelitian kuantitatif/kualitatif? terima kasih

    • sah-sah aja kalau di mix, akan tetapi dasar filosofi dan teoritiknya harus matang, kalau tidak bakal terlihat kering dan dangkal..bagi saya perbedaan yg signifikan di angka dan non angka. keduanya memiliki paradigma yg berbeda, namun dapat saling melengkapi…

  12. gan saya mahasiswa pendidikan sosiologi, saya ada tugas dari dosen mata kuliah metode penelitian kuantitatif kami disuruh buat desain proposal penelitian kuantitatif…. mau nanya gan judul yg baik kayak mana??

    • yang tepat adalah merumuskan permasalahan ketika akan memulai penelitian, bukan judul. yang jg tak kalah pentingnya ialah ketertarikan anda terhadap kasus yang benar2 harus dicarikan solusi dan anda merasa gusar dalam melihat kasus tersebut…

  13. Assalamu’alaikum kak.
    Bantuannya kak…saya bingung akan buat judul sejarah peradaban islam apa.. tema besarnya islam dan kearifan lokak dinusantara.makasih.

    • memulai penelitian adalah dengan menemukan masalah: apa yg membuat anda gusar, tertarik, dan memiliki ekses2 yg besar terhadap kehidupan manusia. Dengan demikian, bukan judul yg dicari akan tetapi masalah krn judul merupakan “turunan” dari masalah. semoga kamu dapat memulainya untuk menemukan masalah dan banyak2lah membaca buku….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s