Dewi Soekarno: Tiada Maaf Bagimu

dewi-sukarno.jpg

Rabu, 30 Januari 2008 | 11:05 WIB

TOKYO, SELASA – Ratna Sari Dewi ternyata belum bisa memaafkan perlakuan mantan Presiden Soeharto terhadap suaminya, mantan Presiden Soekarno. Bahkan, Dewi menyamakan Soeharto dengan pemimpin kelompok Khmer Merah di Kamboja, Pol Pot.

“Saya tak mau mencaci orang yang telah meninggal. Namun saya tak bisa memaafkan Soeharto,” cetus Dewi, yang merupakan istri ketiga Bung Karno, seperti dilansir AFP, Senin (28/1).

“Soeharto itu Pol Pot-nya Indonesia,” imbuh Dewi, yang asal Jepang dengan nama asli Naoko Nemoto. Pol Pot adalah pemimpin gerakan yang kemudian menjadi penguasa di Kamboja (1975-1979) dengan tangan besi. Selama masa pemerintahan Pol Pot, sebanyak 750.000 hingga 1,7 juta rakyat Kamboja meninggal dunia baik karena kelaparan, buruknya layanan kesehatan maupun eksekusi.

Dewi menyalahkan Soeharto sebagai penyebab kematian suaminya dan juga penyebab pembunuhan di berbagai penjuru negeri. Soeharto
bertanggungjawab atas berbagai peristiwa pelanggaran HAM mulai dari tahun 1965 hingga dasawarsa 1990-an di Aceh dan Papua.

Menurut Human Right Watch (HRW), lebih dari 500.000 orang diperkirakan tewas ketika Soeharto mulai menapaki tangga kekuasaan. Sementara puluhan ribu lainnya kehilangan nyawa di Aceh, Papua, dan Timor Timur.

Bahkan akhir kekuasaannya pun diakhiri dengan kerusuhan yang menimbulkan korban dari kelompok minoritas. Direktur HRW Asia, Brad Adams mengimbau pemerintah Indonesia untuk memberi keadilan bagi orang-orang yang menderita pada masa pemerintahan Soeharto.

“Banyak kroni Soeharto yang masih hidup. Pemerintah Indonesia seharusnya mengambil kesempatan ini untuk menyeret rekan-rekannya pada kasus pelanggaran HAM ke pengadilan,” kata Adams.

Hingga hari kematiannya, Soeharto tidak pernah dinyatakan bersalah atas kasus korupsi. Kasusnya ditutup karena alasan kesehatan. Dewi mengatakan, meski Soeharto memiliki wajah yang lembut, dia bisa jadi keras dan tak memiliki hati pada saat yang sama.

Bukan hanya itu, wanita paruh baya yang dijuluki Madame de Syuga ini juga menuding Soeharto meninggalkan penyakit korupsi. “Bahkan sampai sekarang, rakyat Indonesia menderita karena dia dan kesenjangan pendapatan terus melebar,” kata Dewi yang dinikahi Soekarno di usia 19 tahun pada 1962. Soekarno terpikat Dewi setelah melihat penampilannya dalam sebuah di kelab malam di Tokyo.(SURYA/KIS/SKO)

Sumber: http://www.kompas.com/read.php?cnt=.xml.2008.01.30.11055632&channel=1&mn=9&idx=61

Berita terkait lainnya:

Ahad 27 Jan, 03:44 PM

Jakarta (arrahmah) - Mantan presiden diktator, Soeharto akhirnya menghembuskan nafas terakhir siang ini, Minggu (27/1/2008) pukul 13.10 menit setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) sejak 4 Januari 2008.

Setelah menjalani perawatan di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) sejak 4 Januari 2008, mantan presiden diktator, Soeharto akhirnya tak dapat melawan sakit yang dideritanya. Penguasa Orde Baru itu pun menghembuskan nafas terakhir pada Minggu (27/1/2008) pukul 13.10 menit.

“Pak Harto meninggal dunia pukul 13.10 menit,” ujar Kapolsek Kebayoran Baru Dicky Sondani, di RSPP, Jakarta, Minggu (27/1/2008).

Soeharto dilarikan ke RSPP pada Jumat (4/1/2008) pukul 14.15 WIB dan mendapat perawatan di ruang president suite VVIP nomor 536 lantai V RSPP. Soeharto dirawat karena mengalami penimbunan cairan di tubuhnya yang mengakibatkan pembengkakkan dan menurunnya kadar darah merah (hemoglobin).

Keadaan Soeharto sempat membaik setelah tim dokter mengeluarkan cairan di tubuhnya. Soeharto masih dapat tersenyum dan berbicara meskipun hanya dalam kalimat-kalimat pendek. Namun kesehatannya kembali mengalami penurunan pada Senin pagi (7/1). Kondisi itu ditandai dengan menurunnya produksi urin dan penumpukan cairan di paru-paru. Selain itu penurunan kondisi kesehatan Soeharto juga ditandai dengan dijumpainya pendarahan melalui urin dan feses sehingga hemoglobin yang awalnya berhasil dinaikan menjadi turun kembali.

Penurunan kesehatan ini, disebabkan tubuh Pak Harto yang mengalami ketergantungan pada alat bantu dan obat-obatan.Tim dokter telah berupaya mengurangi keberadaan alat bantu di tubuh Pak Harto.Langkah tersebut justru membuat kondisi tubuh Pak Harto semakin menurun. Namun seminggu terakhir, kondisi Soeharto dikabarkan berangsur pulih, karena tim dokter berhasil mengendalikan infeksi di tubuh Soeharto

Namun pada Minggu pagi ini, tim dokter menyatakan sejak pukul 01.00 WIB Soeharto mengalami sesak nafas, dan tekanan darah yang mengalami penurunan. Tim dokter juga menyatakan sistem pernafasan Soeharto diambil alih 100% oleh alat bantu pernafasan. Namun akhirnya tidak lama kemudian Soeharto tak dapat tertolong lagi.

Soeharto tutup usia di usia ke 86 tahun. Lahir di Kemusuk Argo Mulyo 8 Juni 1921, Ia dilantik sebagai Presiden pada tanggal 27 Maret 1968 dan berkuasa hingga 32 tahun sebelum akhirnya lengser oleh gelombang demonstrasi mahasiswa pada 1998.

Soeharto menikah dengan Suhartini dan memiliki enam orang anak. Yaitu Sigit Harjojudanto, Siti Hardijanti Rukmana (Tutut), Bambang Trihatmodjo, Siti Hediati Hariyadi (Titik), Hutomo Mandala Putra (Tommy), dan Siti Hutami Endang Adiningsih (Mamiek). [fad/okz/arrahmah.com]

Sumber: http://www.arrahmah.com/news/detail/mantan-presiden-diktator-indonesia-meninggal-dunia/ 

About these ads

61 thoughts on “Dewi Soekarno: Tiada Maaf Bagimu

  1. cacha7 says:

    pak Harto emang banyak dosa,,tp setidaknya beLiau sudah berjasa sebagai bapak pembangunan..

    semoga Allah mengampuni dosa2 Pak Harto…
    Amin…

      • PapaDong says:

        Berdos, kamu yang sok tau

        Soekarno 22 tahun berkuasa mewariskan utang xxx (2 peristiwa hyperinflasi lokal)
        Soeharto 32 tahun berkuasa mewariskan utang 880M (inflasi terkontrol)
        Habibie berkuasa 1.5 tahun melunasi utang 100M (inflasi terkontrol)
        Megawati berkuasa 3 tahun menambahkan lagi utang 200M (inflasi terkontrol)
        SBY berkuasa 8 tahun menambahkan lagi utang 1,100M (inflasi terkontrol)

        Mending mana, hutang dengan pembangunan (Soeharto) atau super-hutang tanpa pembangunan apa-apa (SBY).

        Do your math!

  2. ale_rpg says:

    Soekarno setelah lengser dipenjara tanpa pernah diadili bahkan sakit di dalam penjara
    Sedangkan Soeharto tidak seperti itu
    Mengecewakan
    ————–
    Saya kira bangsa ini tidak mau terjeblos pada lubang yang sama….

  3. Hamba_Allah says:

    Huh,,,wlo ini sudah lama sekali terjadi saya msih sakit hti pada Soeharto….sangat sakit hati sekali
    Betapa mengecewakan saya, dia perlakukan Bpk.Soekarno dgn seenaknya sendiri, huh dia pikir dia siapa, sebelum dia pergi dia telah membikin makam namun Bpk.Soekarno ingin dimakamkan di Bogor saja tidak dikabulkan,tdk dilaksanakan dimakamkan di blitar krna politik,bnr2 Soharto KETERLALUAN,Soeharto sakit hmpir 49 Dr.ahli tpi Bpk.Soekarno hanya 1 Dr, keluarga membesuk dibatasi
    KETERLALUAN,,,,
    Allah tak akan diam memang pantas Soeharto menerima sakaratulmaut dgn berthun2 menderita sakit, wlo pun dia tlah berjasa namun dia meninggalkan beben bgi Indonesia, Hutang, KKN
    hah………………..
    ————–
    History will tell…
    Seandainya saya hdup dahulu,saya akn bela Bpk.Soekarno, saya tak takut pada Soeharto
    sama2 manusia kok
    walah……KKN
    wlo saya rakyat biasa, insan biasa tpi kebenaran Ttp saya bela
    Soeharto kejam dirimu
    Lihat di alam sana gara2 ulahmu Indonesia seperti ini…
    Bpk.Soekarno semoga amal, dan sgla daya dan upaya beliau untuk negara di terima Allah, tempatkan pada tempat nan baik, Bpk. Soekarno diberi Khusnul Khotimah dlm menghadp Allah… Amin…….

  4. Ridwan says:

    sama- sama presiden.sama-sama berkuasa lama ..mar nyada lawang torang pe bapak proklamator .hidup soekarno ,hidup hatta .terkutuk soeharto neraka ngana pe tampa neh.
    —————-
    opooo???

  5. eka darma says:

    yg sudah ya sudahlah toh smua sudah berlalu..sekarang kita teruskan saja kehidupan kita sendiri2..tanggung jawab pada diri sendiri kan lbh bermutu to?
    ————-
    ngak juga tuh….

  6. egg says:

    soeharto
    dan
    Soekarno

    beda dua huruf,
    beda menimbulkan Indonesia mencapai Revolusi, dan reduksi……
    ————-
    ?????????

  7. MUIZZA NADIA says:

    emang takdir nya begitu , semua udah diatur oleh Tuhan begitu, untuk Soekarno & Soeharto , Alfaatehah, amin.
    ———–
    ????

  8. hanya Allah SWT lah yang tahu semua nya itu…..
    kita cuma tau sejarah nya saja,yang sudah biarlah sudah sekarang kita pikirkan masa depan negara kita ini nantinya…..
    ———–
    Cukup bagus untuk pelipur lara dan optimisme, namun buruk untuk kehidupan yang lebih bijak, yang tidak akan salah pada kesalahan yang sama, yang terjerembab pada lubang yang sama. Bagi saya, yang berlalu harus dipelajari, apapun itu, agar dalam menjalani hidup pada hari ini lebih baik, dan mengontrol masa depan dengan lebih optimis, walaupun harus disadari Allah yang menentukan. Manusia hanya merencanakan, itulah kekuatan ciptaan Allah; manusia diberikan otak untuk berpikir, khususnya menghasilkan perencanaan.

    Segelintir (atau banyak?) orang Indonesia seringkali menganggap masa lalu (sejarah) tidak penting, meyakini “yang berlalu sudahlah lupakan”, sehingga sayapun tidak terkejut kalau mereka mengalami kesalahan yang sama. Kalau Suharto belajar dari sejarah, dia tidak akan jatuh seperti selayaknya Sukarno melalui aksi demonstrasi masa mahasiswa dan rakyat yang amat buanyak. Dan, banyak lagi contoh lainnya. Dan ketahuilah, kalau anda muslim, seorang Islam pada dasarnya hidup dengan sejarah, hidup merujuk berdasarkan masa lalu kehidupan Nabi Muhammad S.A.W yang amat teragung sepanjang masa, seorang revolusioner yang berhasil menyaksikan hasil revolusinya.

    Tinggal kita bagaimana menyikapi sejarah, dan yang amat penting adalah bagaimana belajar dari sejarah. makana, nilai, dan gagasan apa yang baik dari masa lalu untuk kehidupan yang lebih baik. History for better life….

    • adiiii..... says:

      itu menurut anda…..
      pemikiran kita berbeda!!,jadi setiap manusia di ciptakan satu sama lain untuk salin memahami,tetapi setiap manusia di ciptakan berbeda2 tidak ada manusia yang sama persis di dunia ini,yang kembar aja ada perbedaan nya.kalau kita melihat sejarah dahulu,berarti ADOLF HITHLER yang kita kenal sebagai pendiri partai NAZI harus kita lihat
      juga ke belakang sejarahnya seperti apa……
      ———–
      so???

  9. HALO says:

    hidup Soeharto, hidup Soekarno…..
    semuanya pernah memberikan yang terbaik bagi bangsa ini, saya yakin suatu saat Soeharto akan sama dengan Soeharto yang dikenang kebaikannya dan dilupakan kekurangannya………
    cobalah untuk melihat dari kaca mata yang berbeda saya yakin ada kebaikan dibalik semuanya….
    —————–
    coba mendamaikan….

    • Bain Sudarmadi says:

      Emang suharto itu rajanya bangsat yang ngrampok kekayaan negara NKRI yang tercinta ini. Selama berkuasa 32 tahun sebagai diktator, demokrasi dimatikan, DPR dikebiri, hutan2 digunduli, tambang2 minyak, batu-bara, gas alam, emas dikuras habis, hasilnya kemana ? Hutang negara membengkak terus. Sejarah Indonesia direkayasa seolah-olah suharto pejuang kemerdekaan, padahal dia tentara KNIL. Moral bangsa Indonesia jadi rusak, tidak tahu malu, korupsi merajalela karena direstui oleh suharto, tentara boleh berbisnis asal jangan coba2 makar. Wah masih banyak lagi dosa2nya yang nggak ketulungan. Kok ada orang yang mengusulkan suharto jadi pahlawan. Busyeet dah.

    • Scha says:

      Soeharto hidupnya emang mikirin duit buat dirinya aja dengan memiskinkan bangsa ini, Kecewa banget pernah pinya pemimpin kaya gitu

  10. aura says:

    sama saja dosanya, menzholimi rakyat!!!
    muslim aceh saat indonesia akan merdeka menginginkan hukum islam dimasukkan dalam undang2 negara tapi sukarno dgn mimik memelas & air mata buaya memohon bantuan modal pada rakyat aceh & berjanji akan memasukkan nama negara islam indonesia tapi janjinya palsu! makanya rakyat aceh murka
    rasakan akibatnya!!!

  11. soeara rakya says:

    sebenarnya G30 S PKI tidak ada dan hanya rekayasa soeharto untuk menggulingkan pemerintahan Ir.soekarno dan ketika menjelang sakitnya pun diracuni oleh soeharto agar mendapatkan tahta………
    penghianatan pun tak berhujung lama akhirnya sang penghianat lengser dan menunggu azalnya………

    Ir.soekarno Presiden berkharisma dan sejarah mengatakan termasuk katagori presiden ditakuti didunia pada jamannya………

  12. hakim says:

    mbok jangan saling hujat! Dunia hanyalah panggung, semua dah ada sutradaranya Dialah sang penguasa sesungguhnya Allah azza wajallah. kita semua hanyalah wayang kulit pengin jadi semar atau janoko terserah sang DALANG! bener gak!

  13. Saya orang yang cinta damai siapa Soekarno dan siapa Soeharto semua itu adalah Bapak Bangsa Indonesia yang semua memiliki kelebihan dan kekurangan inilah sejarah bangsaku yang memiliki karakter ada yang lembut, manis, pahit akan tetapi aku tidak mempunyai kebencian kepada siapapun bahkan sampai pimpinan kami yang saat ini Bapak Bambang Yudoyono semua aku cinta.

  14. thius says:

    soeharto , patriot sejati wigur kharismatik comando yg profesional ,bapak pembangunan ,pangan , padat karya berani mengambil keputusan dengan benar ,dan efektif itulah soeharto,… disegani di asia “MACAN ASIA” tp apa sekarang macannya ompong ,..

    • Indonesia 1 says:

      Iya bener Macan Asia .. Taringnya panjang-panjang dibuat dari emas.. emasnya boleh ngutang.. sekarang si macan mati tuh taring sama emas-emasnya dibawa semua.. tinggal kita sekarang jadi macan ompong yang disuruh bayar tuh gigi emas… menyadihkan sekali.. ^_^

  15. carlos says:

    jangan bisanya menghujat…klo u dah sadar jadilah bangsa yang berbudaya dan bermartabat…belum ada malaikat didunia ini…hidup ini panggung sandiwara…jangan lebai lah…biasa aja x…emang lho udah buat apa untuk negeri ini??? bisa ngocehhhh

    • Indonesia 1 says:

      Klo situ cinta si Bento tolong bayarin utang negara ini dong yang ditinggalin orang yang lu cintai itu..!! OK.. Piss..!!

  16. joko says:

    menurut sy pemerintahan ke duanya selama masa hidup mereka sama-sama mempunyai kekuasaan yg berbeda-beda terutama Pak HARTO yg bgtu otoriter dan pak karno dgn demokrasi trpimpinnya dimana keduanya sama-sama pencetus sejarah bg INDONESIA,saya lbih suka keduanya klw sama-sama pny pndpt buat membangun tp yg sy gk suka antara salah satu dr keduanya menjadikn Indonesia dirundung krisis ekonomi dan bnyk nyawa yg meninggal(terutama rakyat jelata),pokoknya apapun kunci dr sejarah beliau sy ttap Hargai atas jasa-jasanya,

  17. Suharto mau jadi pahlawan?nih,,,,,horeeeee,,,,Hidup suharto,pahlawan atas berdirinya PTfreeport,pahlawan dari kemakmuran bangsa amerika.pahlawan bagi kepentingan kaum kapitalis yahudi,rockefeller cs demi menguasai sumber kekayaan alam Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s