Hasil RPP Pengangkatan Guru Honor (Part 2)

Tulisan berikut adalah lanjutan dari apa yang saya sebut sebagai part 1, yakni tulisan dengan berjudul Dasar Legal-formal Pengangkatan Guru Honor Negeri. Tulisan kali ini, dapat dikatakan sebagai “laporan” tentang apa yang terjadi/isi pada pertemuan terakhir antara anggota dan pengurus SGJ. Hari Jum’at, 26 Februari 2010, SGJ melakukan koordinasi se-Jakarta di SMAN 32 Jakarta, pukul 13.30-18.00 WIB. Dalam pertemuan yang dihadiri guru-guru di tingkat SD, SMP, dan SMA Negeri, tak kurang berjumlah 80 guru, tercuat berbagai masalah dan tentunya informasi tentang RPP yang ditunggu-tunggu.

Dalam kesempatan kali ini, informasi yang akan diangkat ialah terkait isi RPP.  Isi RPP yang akan dipaparkan berikut, adalah hasil cerita dari kawan-kawan yang berjuang selama ini, yang gemar mondar-mandir ke DPR, DPRD, , Diknas, Tendik, BKD, BKN, dan tentunya Lobi2 politik. We salute you!!

Untuk GTT/Guru Honor Sekolah Negeri, dapat diringkas informasi pengangkatan CPNS sebagai berikut:

1. Pengangkatan CPNS melalui  seleksi administratif dan ujian tulisan

2. Seleksi hanya dilakukan satu kali

3. Seleksi dilakukan serentak seluruh Indonesia

4. Pengangkatan dilaksanakan pada tahun 2011

5. Pengumuman hasil seleksi melalui media massa nasional

6. Penentuan masa kerja untuk peserta seleksi ditentukan Pemda

7. Setelah tahun 2011, tidak ada lagi pengangkatan GTT/Guru Honor Sekolah Negeri, dan sekolah tetap dilarang mengangkat guru baru oleh Kepsek seperti pada tahun 2005.

About these ads
This entry was posted in Kuliah. Bookmark the permalink.

113 Responses to Hasil RPP Pengangkatan Guru Honor (Part 2)

  1. ihsan says:

    saya jadi gtt di madrasah negeri udah dari tahun 2004 sd sekarang. mana janji pk sby, apa dia lupa ya? kapan ada pendataan base yang valid lagi ya? biar saya tidak terlewatkan lagi
    ———————–
    Mari aksi nyata, jangan hanya nanya dan mengeluh. Bergabunglah dengan komunitas guru, karena dengan cara itulah anda merasa memiliki sumbangsih untuk perubahan nasib anda!!!

  2. catur says:

    Let keep our fight till the last breath..Long live GTT..Your misery is mine also
    —————
    MAnstafff!!!!!!

    • lukmanul hakim says:

      I follow your fight…because our fate are same…..!!!!

      • suciptoardi says:

        we need more support!!!

        • mr buy says:

          Teruntuk para pejabat di jajaran Diknas dan BKD kab tangerang janganlah anda menyalahgunakan jabatan anda untuk melakukan kemaksiatan dalam perekrutan guru di wilayah kekuasaan anda, memang kami tidak memiliki data bukti kemaksiatan anda tapi Allah maha melihat dan tunggulah ajabNya menimpa anda. Kembalilah kejalan yang diridhoi Allah.
          Angkatlah para guru honorer yang sudah mengambdikan diri sebagai pahlawan tanpa tanda jasa alias umar bakri. Allah bersama para guru honorer yang ridho bekerja atas nama Allah dan demi mencerdaskan bangsa.

  3. ejen jaalussalam says:

    maksud dari seleksi administrasi hanya satu kali seperti apa jelasnya.
    dari poin satu ujian tulis apakah peserta cpns khusus honorer atau untuk umum?mohon penjelasanya .makasih.
    ——————
    Seleksi administrasi hanya sekali artinya dilakukan tanpa berulang ulang. Ketidak-efektivan proses penjaringan PTT di Jakarta yang melakukan seleksi berkas selam 3-5 tahun, dinilai “mubazir” dan hanya menyita waktu, padahal berkasnya sama. dengan demikian, kejadian di Jakarta tidak boleh terulang. Cukup satu kali saja. Sedangkan, ujian tertulis, tidak untuk umum, akan tetapi “diadu” sesama tenaga honorer. Semoga membantu.

    • mai hendana says:

      pengangkatan guru honor semoga bukan janji untuk kag.tangerang.karena kab,tangerang paling terkenal main duitnya.karena bukti nyata temaku bisa lolos 60 jt

  4. yuli dan lilis says:

    di departemen keuangan belum satupun honorernya diangkat. jadi mohon pemerintah bersama BKN,Menpan, dan Menkeu bisa segera menegeluatkan PP terbaru buat memberikan hak kepada honorer DEPKEU. Mereka juga menanti ketokan palu pengangkatam HONORER DEPKEU dari MENKEU. semoga juga departemen2 lain.terimakaksih kepada admin website ini.BUKA Jendela DUNIA.

    • suciptoardi says:

      Jangan cuma ngomong aja, mari bergerak dengan organisasi formal. Para pejabat, pada umumnya ngak peduli setulusnya, kecuali ada yang menekannya. Managemen of presure yang menjadi “trade mark” bangsa ini masih melekat. Kalau anda bisanya berharap, dan “meminta” tanpa aksi. Siap-siap sampai puluhan tahun anda menjadi guru honor!!!!

  5. Mulyadi sasongkoq says:

    Assalamualikum wr.wbrkth

    saya tenaga honorer yang ber SK bulan 10 tahun 2005 dan saya berkerja disalah satu dinas kota Langsa dan saya bukan dari tenaga guru tapi administrasi di Pemerintahan, Pertanyaan saya adalah apakah saya yang telah bekerja hampir 5 tahun ini akan diangkat menjadi PNS ? Kapan ? karena itu lah Pengharapan terakhir saya dan seluruh teman2 lain nya

    Semoga dan harapan saya pemerintah dapat arief dan bijaksana dalam membuat suatu keputusan yang ADIL…..Amin

    • suciptoardi says:

      Kalau mengikuti PP, anada tidak dapat diangkat menjadi PNS, namun bila anda melakukan aksi nyata ke Dinak Provinsi, kupusan demikian dapat berubah. Bergeraklah!!!!

    • suciptoardi says:

      Kalau mengikuti PP, anada tidak dapat diangkat menjadi PNS, namun bila anda melakukan aksi nyata ke Dinak Provinsi, kuputusan demikian dapat berubah. Bergeraklah!!!!

  6. Roy Barus says:

    Kalau menurut saya PP yg ada saat skrg yg mengatur ttg Guru Honor sdh mendekati bagus. Cuma yang perlu dipertanyakan adalah peran dan sikap kepala sekolah sbg atasan langsung para guru2 yg disekolah masing2. Dimana tanggung jawab mereka sbg kepala sekolah yg seharusnya membela hak2 anak buahnya? Bagaimana perasaan dia, seandainya posisi dia sama dgn nasib dari guru hononer tsb? Mari teman2 trus perjuangkan Hak Kita…Bersama kita pasti Bisa…

    • suciptoardi says:

      Kepala Sekolah adalah jabatan publik, dan boleh jadi politik. Jadi, tidak mengherankan, kalau golongan tersebut tidak membela guru honor yang jelas-jelas mengalami ketidakadilan. Namun demikian, ada beberapa Kepsek yang memperjuangkan nasib kita sebagai GTT. Oleh karena itu, mari bergerak, jangan menunggu bola….keep fighting!!!!

  7. Yuli says:

    Saya jadi GTT di SMP negeri mulai bulan Mei 2005…apakah saya bs mengikuti seleksi untuk jadi CPNS?

  8. Safitri puspita says:

    Saya guru honor d SD negeri sejak 2007,apa saya akan masuk dlm database pengangkatan cpns?

  9. mujiono says:

    kalau sudah tidak ada honorer lagi setelah 2011 departemen pendidikan nasional jangan keluarkan NUPTK

    • suciptoardi says:

      NUPTK itu nomor untuk tenaga pendidik dan kependidikan, baik yang di sekolah negeri dan swasta. Kalau di negeri bisa jadi, tidak ada karena tidak ada guru baru. Namun di swasta, pasti ada….

  10. nawawi says:

    PAK SAYA PTT MASUK TMT 1991 DI BAGIAN ADMINISTRASI SMP NEGERI APAKAH SAYA DAPAT DIANGKAT PNS SESUAI PP YANG AKAN DISAHKAN BESOK. JIKA TIDAK ALASANYA APA ? JIKA BISA JUGA ALASANYA APA ?
    DEMIKAIN TERIMA KASIH.

    • suciptoardi says:

      Yang saya tahu, hanya guru. RPP untuk Guru Honorer saja. Bisa jadi, kenapa pegawai TU tidak termasuk karena selama pembuatan RPP tidak ada perwakilan dari organisasi resmi yang memiliki akte notaris yang mewadahi pegawai TU. Pemerintah ini menjalankan manajeman presure, selama ada tekanan dari pegawai TU, selama itu ada peluang!!!

  11. kristina says:

    Saya jadi GTT sejak juni 2003, sudah punya NUPTK tetapi belum mendapatkan honor dari daerah, didaerah saya yang bisa diangkat menjadi CPNS yang sudah mendapat honor bahkan ada yang TMTnya 2004 (dibawah saya) sekarang sudah jadi PNS, data di BKD masuk data lain-lain, APA SAYA BISA JADI PNS?

  12. dedi susanto says:

    Assalamualaikum Wr, Wb.
    Saya hanya ingin berbagi penderitaan yang terjadi sebagai guru GTT. dari berbagai informasi yang di dapat dan berbagai peraturan perundang-undangan yang berjalan saat ini pandangan saya hanya sebuah umpan yang tak memiliki arti khusus bagi para guru honor, contohnya perguliran RPP tentang pengangkatan guru honor hanya publikasi semata sedangkan nyatanya 0%. kejadian tahun lalu khususnya di kabupaten garut ternyata pengangkatan guru semuanya dari umum tidak ada penyaringan khusus usia kritis yang masa TMT mengajarnya 5 sd puluhan tahun. saya pun mengajar di sebuah sekolah SMP di kabupaten garut masa TMT 17 Juli 2000 samapai saat ini usia sudah 36 tahun teramat sedih ketika mengajukan lamaran hanya jawaban USIA ANDA SUDAH HABIS DARI KETENTUAN.
    ternyata saya melakukan survey sendiri, muatan KKN dan muatan Politik untuk penerimaan CPNS di garut begitu besar.
    yang Akan saya tanyakan : Sebegitu besarkah penghargaan kepada guru GTT yang telah mengabdi pada negara ini dengan hanya jawaban usia anda sudah melampaui batas.
    intinya ketentuan tinggal ketentuan : anu rek ngaluluskeunmah akang keneh nu di pemda sanes kitu ?

    • suciptoardi says:

      Alaikumn salam

      RPP yang ada sekarng adalah benar, dan bukan 0%. Bagi mereka yang tidak mengawal atau tidak mengikuti perjalanan RPP, seperti anda, pasti akan pesimis. Namun, saya berbeda. Saya optimis, bahwa GTT yang telah berbakti di sekolah negeri pasti dihargai. Dan pendapat saya itu, juga didukung 100% anggota DPR RI dan DPRD DKI Jakarta, entah kalau di Garut. Kami optimis, GTT Jakarta akan diangkat menjadi PNS. Kami, GTT di Jakarta dihargai!!!

  13. otnaniar says:

    perjuangan saudara-saudara sangat saya hargai dan sepenuhnya saya dukung. Saya dulu juga sama seperti anda-anda ini. 12 tahun saya menjadi GTT dan 12 tahun pula aku ikut seleksi CPNS jalur umum. Baru tahun ke-12 ini aku bisa lolos dari formasi umum. Jadi saya tidak heran kalo perjuangan saudara sangat keras, namun jangan banyak berharap banyak dari pemerintah, meskipun sudah banyak janji-janji yang terucap. Selamat berjuang semoga suksess !!

    • suciptoardi says:

      Kami berharap dari pemerintah. Sehubungan pemerintah ini dijalankan dengan: managemen by pressure, maka kami akan terus menekan. Dan kami bisa menuntaskannya!!!

  14. mariani says:

    saya ptt sman sukoharjo tmt juli 2002 kapan saya diangkat jadi pns mas cipto ardi he he

  15. nun says:

    saya seorang guru GTT disebuah yayasan…..sudah mengajar dari tahun 2004, apakah saya berhak diangkat secara otomatis sesuai dengan RPP?kan katanya dalam pengangkatan tidak ada perbedaan antara swasta dan negeri, betul nggak?kalau tdk bisa, trs gimana nasib kami yang GTT disekolah swasta?

    • suciptoardi says:

      Anda berhak diangkat jadi PNS, tapi yang menentukan adalah pemerintah pusat yang nantinya diterjemahkan oleh pemda. Untuk DKI, guru swasta, tidak akan diangkat menjadi PNS. Logikanya, karena selain tidak ada tempat di sekolah negeri, adalah tidak mungkin: pemerintah menggaji, tapi mengabdinya di swasta. Anda berhak menjadi PNS melalui uji untuk guru secara umum.

  16. Mulyadi HP says:

    Saya guru gtt,tmt 2002,saya mau tanya saya sudah masuk database 2005(tapi kelompok MS B),APA KAH MASUK KRITERIA DALAM PENGANGKATAN RPP 2010,calon bakal cpns.

  17. Sunendra says:

    Alhamdullilah dengan bergulirnya rpp gtt, smoga allah membalas kebaikan atas kebijakan untukt mengangkat gtt menjadi pns

  18. A'an - PACITAN says:

    Saya adalah GTT di sebuah SMP Negeri di Pacitan, kota kelahiran SBY. Berdasar Surat Keputusan Kepala sekolah saya yg terdahulu, tertulis bahwa saya telah mengabdi sebagai GTT di sekolah negeri tersebut terhitung sejak 16 Juli 2004 sampai sekarang secara terus menerus. Selain honor dari sekolah, saya juga telah mendapat uang transport dari Dinas Pendidikan Pacitan dengan surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan. Yang akan saya tanyakan pada bapak, berdasar keterangan diatas apakah saya bisa masuk database dan diangkat CPNS berdasar RPP yang akan keluar besok? Terima kasih sebelumnya… .

  19. Hestin says:

    Saya gtt smp negeri,dr thn 2001.dgr2 d kabupatn tasik,GURU yg gaji nya Dr APBD tinggal 7 org.ap sy brpeluang lolos masuk kategori dlm rpp?

  20. Rusdi says:

    Saya guru GTT Di sekolah negeri di kabupaten barito kuala kalimantan selatan TMT juli 2007 pendidikan S1 apakah terkaper dalam Draf RPP.

  21. RESTU says:

    saya GTT NON APBD terhitung mulai bulan juni 2005dan mendapatkan transport dari dinas pendidikan di kabupaten saya bisakah saya masuk data base dan diangkat menjadi PNS,?

    • julia says:

      Assalamu’alaikum mas…saya mw tanya saya bekerja disekolah negeri sejak 2004 kira2 saya bisa nggak jadi PNS sementara saya D1 dan sekarang sedang kuliah pendidikan dan alhamdulillah bentar lagi lulus, yg ingin saya tanyakan kira2 saya bisa jadi PNS ga y??? makasi sebelumnya. Wasalam.

  22. hartomo says:

    rpp ini apakah hanya untuk guru saja honorer lainya tudak?

  23. hartomo says:

    saya adalah ptt yang pada tahun 2005 belum masuk data best tapi dari bkn telah diberi NRTIN apakah dalam rpp ini dapat terkawer menjadi pns

  24. mas cipto sy mau tanya..saya adalah GTT tahun 2006 yg ngabdi di sekolah negeri di kabupaten Sumbawa Besar NTB. apakah berdasarkan RPP yg terbaru saya bisa di angkat pada Tahun 2011???mohon di jawab!!!

  25. Andi says:

    Kapan RPP disahkan pemerintah?, sebenarnya terganjal dimanakah RPP tersebut sehingga sampai detik ini belum diumumkan juga?

  26. iman jaya says:

    mas saya mau tanya ni saya jadi PTT dari tahun 2002 tapi januari 2007 menjadi GTT apakah saya bisa diangkat?

    • suciptoardi says:

      Kalau anda masih bertugas disekolah negeri yang sama tanpa terputus, peluang anda masih ada…koq bisa ya, dari PTT jadi GTT…?

  27. hetty says:

    saya gtt sekolah yayasan.saya mengabdi sejak jan 2006.Apakah saya bisa di angkat menjadi PNS ?

    • suciptoardi says:

      Anda tidak bisa jadi PNS, tapi berpeluang untuk mendapatkan kesejahteraan yang nanti akan dibuatkan peraturannya….

  28. dave says:

    saya guru gtt masuk database 2006 tmt jan 2006,mas apa saya bisa diangkat jadi PNS ???

  29. Pingback: Pengangkatan Guru Honor Dipercepat « Historia Vitae Magistra, La Historia Me Absolvera !!!

  30. Pingback: Kesimpulan Pengangkatan Guru Honorer Menjadi PNS tahun 2010 « Historia Vitae Magistra, La Historia Me Absolvera !!!

  31. dadang says:

    gimana caranya masuk database pegawai honorer PTT Pada SEKOLAH SMP NEGERI

  32. Murdani Hadi says:

    Salam Sejahtera.

    Ada beberapa hal yang saya mau tanyakan
    1. Apa bedanya PTT dengan Tenaga honorer TU ?
    2. Jika beda gak adil dong tenaga honorer TU tidak ikut masuk RPP. Asal diketahui Honorer TU sangat vital posisinya.
    3. Untuk TMT Januari 2005 bagaimana, apakah bisa masuk dalam RPP tersebut?
    4. RPP ini berlaku secara nasional tidak atau otonomi daerah ?
    5. Setahu saya FTHSNI berjuang tidak hanya GTT tetapi PTT (TU didalamnya), apakah betul begitu ?
    Terimakasih atas perhatiannya….Mohon dibalas via e-mail ya Mas

  33. Murdani Hadi says:

    ini e-mail saya :
    murdani_hadi@yahoo.co.id
    Semoga guru honorer dan PTT (TU didalamnya) bisa secepatnya diperhatikan…amin Karena mereka guru PNS justru malas dalam bekerja karena sudah tercapai cita-citanya. Sedangkan honorer sekolah semangat mencari sesuap nasi dari ilmuya.
    Terimakasih

  34. dian says:

    saya honorer angkatan juli 2005 gaji dr APBD dan kemaren saya liat sdh nasuk MS.B di BKD…apakah saya bisa keangkat mjd CPNS…nuwun

  35. ana yasmin says:

    pak cipto saya GTT sekolah negri SK pertama 2001, tapi tahun ini dengan alasan sekolah tidak dapat membayar gaji maka kami (saya dan teman-teman) mau dikeluarkan bulan juni ini, lalu bagaimana kelanjutan nasib kami, masih bisakah mendapatkan peluang menjadi PNS, malah ada 2 orang teman kami dengan Sk tahun yang sama, hanya disekolah negri yang berbeda, sudah dikeluarkan Mei lalu. bagaimana sikap dan tindakan yang seharusnya kami ambil, terimakasih, mohon sarannya!

    • suciptoardi says:

      Tindakan yang harus dilakukan adalah:
      1. Mendaftar jadi anggota SGJ
      2. Tuliskan kejadian yang di alami sekarang ini ke SGJ
      3. SGJ akan adakan advokasi, melalui LBH, DPRD, DPR dan Dikna
      4. Kumpulkan semua bukti terkait dengan pengalaman mengajar sejak tahun pertama hingga terkini
      5. tetap komunikasi dengan saya yaa….

  36. ana says:

    untuk ngecek kita ada database di BKN gimana? kalo di diknas kemaren di cek ada, ga tahu di BKD, thx sebelumnya

  37. Jun says:

    Mas, sebenarnya untuk RPP yang baru ini batasan pengabdian terhitung sampai bulan dan tahun berapa? apakah masih menganut ketentuan PP yg lama dimana terhitung 1 tahun pengabdian terhitung sampai 1 Januari 2005?. Trima kasih, mohon penjelasannya.

  38. champy heryadi says:

    mari kta demo,pengangkatan cpns melalui testing menimbulkan banyak kecurangan,kt hrs merubah dngn pengangkatan langsung berdasarkan lama masa bakti/masa kerja.yg sudah jelas2 tercantum dalam daftar 1.
    PERATURAN PERUNDANGAN DI BUAT UNTUK KITA
    DAN BISA DIRUBAH OLEH KITA

  39. Pingback: SMAN 32 Jakarta (Berencana) Tidak Memecat Guru Honorer « Historia Vitae Magistra La Historia Me Absolvera!!!

  40. asido tuahta says:

    apakah untuk daerah Sumut juga bisa pengangkatan tenaga honorer negeri yg mulai tugas sejak 2010?

    • suciptoardi says:

      Tidak bisa yang secara otomatis (dengan hanya uji berkas), akan tetapi bisa melalui uji tertulis dan seterusnya….

  41. eko purnomo s says:

    Mau nanya ni pak….. saya bekerja sebagai gtt di sekolah swasta kota mgl tmt 2004. sampai tahun 2010 ini saya sudah memiliki nuptk dan memperolah tunjangan fungsional dari pemerintah.saya juga sudah mengikuti berbagai jenis pelatihan pendidikan baik yang diadakan tingkat kota maupun tingkat provinsi dan bahkan sebentar lagi diajukan untuk ikut sertifikasi jalur sekolah swasta. apakah saya bisa mengikuti tes cpns khusus jalur tenaga honorer yang direncanakan tahun 2011 ? maturnuwun

  42. minarti says:

    semua honorer harus diangkat bukan bisa diangkat, hal ini untuk menghindari pengabaian oleh pejabat negara, dan tidak milih-milih satu departemen, harus semua departemen. sebab DEPKEU saja seperti kurang memperhatikan honorer nya karena berbagai alasan, jadi semua forum honorer se Indonesia di semua Departemen bisa mewakili mereka untuk duduk bersama sama membahas RPP honorer 2010 yang dibahas di DPR RI,:

  43. Joko says:

    Kalau mau berhasil antara daerah dan pusat harus satu suara,
    1.Jika sdh di putuskan Pengangkatan Guru honor di 2010 s/d 2011 maka laksanakan dulu itu berarti tdk ada pembukaan untuk pelamar umum guru. krn akan menyelesaikan guru honor biar tdk terbengkalai.
    2. Jika ada satu daerah yg masih sj membuka secara umum atau melaksanakan pelamar umum beri sanksi hukum secara ultimatum pada pemerintah tersebut(khusus Guru honor, otda tdk berlaku/ smua diatur pusat, daerah mengajukan seluruh guru honornya sesuai dgn syarat2 yg ditentukan.
    3. Pasti selesai, sehingga tdk ada lagi perselisihan antara daerah dan pusat tentang guru honor ini. masak iya,,,dua tahun g selesai…
    4. dengan aturan yang jelas tersebut Daerah tdk lg berkelit dan pusat pun tdk mengeluhkan lemahnya pengawasan daerah.
    5. Bila g dilaksanakan seperti ini maka akan memicu peluang kesempatan pihak2 tertentu ditahun berikutnya memasukkan data piktif. Pemerintah harus bnr2 selektif atas hal ini.
    6. jika pemerintah msh tdk mengindahkan hal ini percayalah akan terjadi lagi kekeliruan sejak tahun 2005 s/d sekarang dan bahkan mungkin 4/5 tahun ke depan.
    7. Terima kasih.

    • suciptoardi says:

      sayangnya nasi sudah menjadi bubur….

    • kasdi says:

      maaf kalau mau berhasil harus dengan kekerasan atau dengan kelembutan keuangan kita semua sudah tahu bagaimana pejuang-pejuang yang menggunakan kekarasan, banyak yang berhasil dan diperhatikan juga dengan kelembutan negosiasi sejumlah uang, akan berhasil. tapi itu kemungkinan. kapaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan negeri ini akan memperhatikan tenaga honorer non APBN/APBD.

  44. Umar^Bakrie says:

    komentyar untuk MAs Joko tentang penyelesaian Honorer jd CPNS 2011

    Mas..
    Capek kita kasih nasehat sama Menteri dan petinggi di atas,
    wong mereka juga dulu bisa jadi pejabat pake DUIT
    yah cari lunas ngutang biar bisa jadi pejabat arus olah alih lah

    Kalo Tulus mereka bekerja sprt yg di lakukan departemen lain
    lihat beberapa BANK Negeri, BUMN, Perusahaan Negara yg lain
    Seleksi nya ONLINE, berisi, Reliable, Berkorelasi

    Wong ujian Saringan CPNS utk Guru formasi Daerah dan Pusat sering ga nyambung
    contoh untuk formasi 2009, soal test utk Guru Matapelajaran aja di seragamkan..
    bidang studi yg di test, Ekonomi, Sejarah, politik, UU dllnya

    Sy rasa itu semua tidak Berkorelasi, sebab bagaimana bisa seseorang diketahui berkompetensi menjadi Guru Matematika, jika yg di tanya bidang study yg lain?

    yah kalau Guru matematika, soalnya baiknya setara olimpiade, diberi 100 soal
    sapa yg rangking, dia yg jago matematika, lalu untuk keprofesian di beri test Kasus, yaitu Psikologi Pendidikan..

    untuk Guru Bhs Inggris, di beri 100 Soal TOEFL..
    demikian untuk Bidang yg lainnya..

    Jadi Soal ujian dan orang yg di uji ga disiplin ilmu, kata orang batak, mana lobang nya, mana dempolnya…

    Pd hal banyak anak Indonesia yg mampu dan setara dengan NMegara asing yg bisa menyusun perangkaty soal yg standard..

    nah, soal penyelesaian Honorer?
    banyak anak negeri kita yg paham dan ahli dalam hal itu, tapi ga di cari ahlinya
    yg di tugaskan hanya orang2 yg berprinsip ABS
    ASAL BAPAK SENANG..

    SEtuju?
    setujuuuuuuuuuuuuu

  45. jojo says:

    Mantap bos tulisannya…heheeh cipto numpang mampir gwe…ok

  46. bisri samsuri says:

    hai cipto ini dari sumut jangan asal jawablah kawan masa hanya guru semua honorer ikut asalkan memenuhi keriteria pp 48

  47. Jono suwanto says:

    Pak saya gtt di smp negri sudah ber NUPTK tahun 2007 apakah bisa diangkat jadi PNS mohon kejelasanya trimakasih

  48. riri anggraini says:

    mas cipto, saya mau tanya ni mas, saya GTT sejak tahun 2005 sampai sekarang bisa di angkat jadi PNS gak ya mas? tapi saya tdk ada akta4 mas, kalo guru itukan harus ada akta4 mas. saya sarjana seni tari, mengajar seni, di sd negri. trima kasih mas..

  49. pak saya mu bertanya kalo saya mulai bekerja di sekolah negeri dari tahun 1999 dapat di usulkan cpns tidak, masalahnya saya terbentur dengan peraturan pp no 48 thn 2005 dan anggaran yang menggaji saya yaitu dari dana BOP dan BOS atau non apbd dan non apbn, mohon solusinya pak dan penjelasannya maklum lah kurang mengerti dengan selebaran edaran dari bkd

  50. anton says:

    Pemerintah bersama DPR juga tentu harus segera menyelesaikan para honorer yg tertindas dan teranulir, untuk segera bisa diangkat CPNS mulai tahun 2011 dengan segera dibuatkan payung hukum PP nya secara keseluruhan / nasional , berlaku di semua Departemen/kementerian lembaga pemerintah dan LNDP. Lihat saja di DEPKEU / KEMENKEU yg belum satupun honorer nya diangkat. Seharusnya pemerintah bisa memberikan apreasiasi besar buat mereka untuk di PNS kan jangan hanya dicampakkan saja, Dan mohon agar PP honorer 2011 yang digodok di DPR bisa mengcover dan bisa mengakomodir Hususnya HONORER KEMENKEU dengan cara pemberian jaminan di kalimat klausul hukum yang ada di PP nanti.terimakasih DPR, DPD, dan utamanya MENKEU yang baru demi kemaslahatan Ummat HONORER yang tertindas.

  51. rolly suswandono says:

    saya mengajar bhs inggris di smk negri sejak juli 2003. tetapi saya tdk punya akta 4 krn lulusan sastra inggris. saya punya byk prestasi di sekolah. apakah tanpa akta 4 saya bisa diangkat menjadi pns? klo tidak bagaimana solusinya? karena katanya akta 4 sdh tidak ada.

    • suciptoardi says:

      tanpa akta 4, anda tidak bisa menjadi PNS Guru. Solusinya ikut kuliah profesi pendidikan (dulu namanya akta 4). Program tersebut, yang saya tau, akan digulirkan setelah mendapat gelar S1. Tahun kapan dilaksanakan, saya belum tahu, namun sepertinya sekitar 2-3 tahun mendatang, setelah program sertifikasi selesai.

  52. chilfia says:

    saya mau tanya pak, saya GTT bertugas di sd negeri sejak th 2005. namun saya ada kendala kualifikasi, karena saya bukan lulusan PGSD, melainkan lulusan pendidikan ekonomi yang seharusnya mengajar di smp / sma. namun selama ini berjalan dengan lancar dan tidak dipermasalahkan oleh atasan. yang saya ingin tanyakan adalah apakah saya bisa menkadi PNS dengan tetap mengabdi di SD atau harus tergeser? dan apakah saya bisa ikut seleksi sesuai yang telah diungkapkan dalam PP? mohon jawabannya pak. terimakasih

  53. arbi says:

    12 tahun pengabdianku ngak tau berbuah apa seluruh jiwa dan raga kuabdikan untuk anak bangsa dan aku berjuang bersama teman-temanku di fkthsn kota medan tapi sampai akhir ini belum kudapati keputusan yang jelas kapan tenaga honorer categori 2 diselesaikan.bapak-bapak yang terhormat tolong segera putuskan pp sesuai keinginan kami (pengangkatan cpns) bukan ujian cps karena kami udah diuji masyarakat selama 12 tahun masih kurang kah …..

  54. NURLAILA says:

    pak cipto sy mw tanya ,sy lulusan bahasa dan sastra indonesia 1995engajar di sd negeri kab bogor tmt 16 agustus 2004 sbg gtt dan menerima uang kesehatan dari kabupaten serta tunjangan fungsional tapi tunjangan fungsional tahun 2010 tdk dapat dengan alasan tmt sy kurang dari setahun pada pendataan 1 januari 2005 kt uptk kecamatan sdgkan setahu sy tmt terakhir itu 30 desember 2005 mana yang benar? apakah sy juga bisa msk database

    • suciptoardi says:

      yang benar, 30 Des 2005 sudah 1 tahun mengajar di sekolah negeri. Ini berarti anda berhak ikut masuk database karena anda masuk tahun 18 Agustus 2004. Atau apakah anda lulusan pendidikan atau sudah memiliki Akta IV?

  55. sinta says:

    mhn tanya,
    saya gtt di smp negeri sejak juli 2001. saat saya ngelamar gtt pertama kali pakek ijasah D3 non pendidikan. tahun 2005 saya punya ijasah sarjana kependidikan dan punya akta IV. apakah saya bisa jadi cpns??????

  56. Iman jaya says:

    Kapan kiranya yang benar dan akurat tentang pengangkatan Honorer baik itu GTT ataupun PTT

    • suciptoardi says:

      Tidak ada yang akurat karena ada tarik-menarik kepentingan dan alokasi uang yang amat banyak. Kita tunggu saja….

  57. Tere says:

    Dear all fighters,

    Better not force yourself,but find a better place if you’re not able to endure n wait.PNS is not the only thing in this world.there are still many children need our help.teaching is a calling.let’s fulfill it.

    Peace

    • suciptoardi says:

      nice testi for the outsider (of school world). yup, we care about student n teaching is a calling. we tried to fulfill it, but what the goverment did to us?. understand that, and we can talk more, and more. thanks.

      ps: we can share about teacher world in your country.

  58. purnama ito says:

    kenapa d kota ku blm ada juga pengangkatan. padahal km uda d suru nyusun berkas,malah sampai dua kali ,yg pertama pd thn 2010 dn yg kedua thn 2011.tp sampai skrng belum ada juga kabar.padahal klw di kota2 lain ko uda pada di angkatya….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s