Ekonomi Timor Leste (Undangan Diskusi di Blog Ini)

Tulisan berikut sebagai pancingan bagi siapa saja yang mau bergabung dengan saya dalam mendiskusikan Ekonomi di Timor leste. Diskusi ini merupakan kesepakatan awal antara saya dengan Maurebe. Beliau adalah WNTT (Warga Negara Timor Leste) yang telah melakukan diskusi hangat disalah satu tulisan dalam blog ini. Kami sepakat diskusi dengan tema tertentu. Atas dasar itulah, saya menyempatkan diri untuk melihat beberapa artikel tulisan, dan pilihan jatuh pada tulisan milik  Asep. Tulisan beliau semata-mata dimuat karena lebih mendekati emosional  “dari dalam”,  pont of viev orang Timor Leste, sekaligus membuat gagasan yang sifatnya futiristik optimis. Selamat berdiskusi.

Berikut tulisannya:

Analisa Potensi Timor Leste

untuk menjadi negara maju

Bila kita menganalisa kemungkinan untuk menjadi negara adidaya atau negara super-power mungkin secara realitas sulit untuk proses menuju kesana. Karena Timor Leste baru menjadi negara merdeka belum genap sepuluh tahun, artinya masih banyak hal yang harus dibenahi dulu serta meningkatkan pembangunan di berbagai aspek supaya kestabilan politik ekonomi dan sosial bisa tercapai, apabila keadaan nasional Timor Leste sudah kondusif maka, Timor Leste bisa berusaha untuk bisa setara dengan negara-negara tetangganya dahulu dengan jalan kerjasama baik bilateral maupun multilaretal. Hal ini penting, karena semua negara tidak bisa berdiri sendiri apalagi Timor Leste yang merupakan negara baru, harus bisa membangun hubungan untuk memenuhi kepentingan nasional yang tidak bisa terpenuhi di dalam negeri.

Potensi yang ada di Timor Leste yang bisa menjadi patokan atau framework antara lain ideologinya yang berupa demokrasi hal ini menjadi potensi karena negara-negara besar sebagian besar pendukung ideologi ini, dengan adanya kesamaan otomatis hubungan kerjasama dengan negara besar bisa lebih lancar. Hal lainnya adalah sumber daya alam yang dimiliki Timor Leste yang kaya dan terkenal dengan aneka hasil tambangnya seperti Timor Gap. Selain digunakan untuk memperoleh devisa negara dari hasil bumi untuk menunjang pembangunan, hal Ini bisa menjadi modal tawar menawar dengan negara lain untuk memberikan bantuan kepada Timor Leste dalam berbagai bentuk.

Bila kita bandingkan dengan negara tetangga. Timor Leste merupakan negara yang paling terbelakang dalam hal pembangunan, tetapi hal ini dikarenakan masih barunya Timor Leste untuk bisa menentukan sendiri pembangunan dan perkembangannya, dan banyaknya konflik yang terjadi, menghalangi pembangunan yang sedang dijalankan. Tetapi apabila Timor Leste bisa memanfaatkan potensi yang dimilikinya dan dengan bantuan negara lain khususnya Australia, Portugal dan Indonesia bukan tidak mungkin perkembangan Timor Leste bisa lebih baik dari negara-negara di Pasifik Selatan ataupun juga negara negara di Asia Tenggara. Karena bila dibandingkan dengan potensi yang dimiliki dengan negara di Pasifik Selatan seperti Kepulauan Solomon, Vanuatu, Tuvalu dan yang lainnya. Timor Leste lebih mempunyai potensi yang lebih baik baik dilihat dari sumber daya atau kepercayaan internasional khususnya negara maju dalam kerjasama internasional. yang diakibatkan dari keprihatinan negara lain terhadap apa yang dialami oleh Timor Leste selama masuk dalam negara Indonesia.

Bila dibandingkan dengan negara di kawasan lain kita bisa bandingkan dengan negara Montenegro atau Kosovo yang baru merdeka bahkan lebih muda dari Timor Leste, mungkin Timor Leste masih tertinggal dengan kedua negara ini, tetapi bila kita analisa adalah perbedaan dari negara induk atau negara yang sebelumnya bersatu dengan mereka. Montenegro dan Kosovo terpisah dari negara Serbia. Satu hal yang sama bahwa banyak konflik terjadi di saat mereka masuk dalam negara Serbia ataupun Serbia Montenegro, tetapi karena bantuan pihak lain khususnya organisasi internasional, yang membantu mereka untuk menjadi negara sendiri setelah mereka merdeka ataupun waktu masih dalam negara Serbia. Serbia merupakan negara Eropa yang pembangunannya lebih baik dari Indonesia apalagi banyak peranan Uni Eropa yang membantu pembangunan Serbia pasca pemerintahan Milosevic. Sedangkan selama dalam negara Indonesia, Timor Leste merasa termarginalisasi dan teranak tirikan, potensi yang ada di Timor Leste tidak bisa di manfaatkan pemerintahan Indonesia untuk pembangunan di Timor Leste sendiri, apalagi dengan adanya Daerah Operasi Militer menyebabkan banyaknya konflik di wilayah tersebut. Sehingga setelah merdeka Timor Leste merasa kesulitan untuk bisa maju terlepas dari Indonesia sehingga memerlukan bantuan dari negara lain.

Tahap-tahap yang bisa dilakukan Timor-Leste untuk bisa setidaknya menjadi negara maju dikawasannya, adalah pertama dengan benar-benar memanfaatkan sumberdaya yang dimilikinya untuk pembangunan dalam negeri, walaupun ada bantuan dari pihak asing hendaknya diperhatikan dulu bentuk kerjasamanya jangan sampai pihak asing malah mengeruk sumber daya yang ada tanpa ada manfaat besar yang di terima oleh rakyat Timor Leste. Yang kedua, isa lebih membangun hubungan baik dengan negara-negara dikawasan khususnya negara tetangga dan negara-negara maju di kawasan lainnya, ini dimaksudkan supaya potensi yang ada bisa di bisa dimanfaatkan secara global yang akan menguntungkan Timor Leste sendiri. Yang ketiga, mengatasi permasalahn konflik di dalam negeri supaya keadaan nasional Timor Leste bisa lebih kondusif dan stabil sehingga investor bisa mendapatkan kepercayaan untuk menanam investasinya di Timor Leste. Yang keempat, Timor Leste harus bisa berperan didalam sistem internasional baik itu aktif dalam berbagai organisasi internasional ataupun forum-forum komunikasi internasional dalam pemecahan masalah-masalah global, hal ini untuk memperlihatkan eksistensi Timor Leste sebagai negara yang aktif di kancah dunia. Dengan tahap-tahap tersebut diharapkan Timor Leste bisa lebih maju di tahun-tahun berikutnya.

About these ads

64 thoughts on “Ekonomi Timor Leste (Undangan Diskusi di Blog Ini)

  1. Saya pesimis kalau Timor Leste hanya mengandalkan kekayaan alam. Sumber Daya Manusia itulah kekayaan alam sebenarnya. Minyak suatu saat akan habis. Apa yang akan dilakukan Timor Leste tanpa minyak, kalau SDM mereka tidak terbangun?

  2. Sebaiknya timor leste dipimpin oleh pemerintahan bukan hanya bersih dari tindak korup melainkan cakap dalam lobi2 internasional. Hal ini memungkinkan menuju negara yang mementingkan bangsa daripada golongan. Belajar dari negara Indonesia yang jatuh dan bangun berulang kali,timor leste mestinya bisa lebih maju lagi. Bukankah kemerdekaan sudah di tangan. Sekarang tinggal bagaimana cara mengisi kemerdekaan ini dengan dukungan potensi yang di miliki.
    Salam hangat untuk timor leste dari jawa timur..

    • untuk saudara jalanterang untuk cakap dalam lobi internasional mungkin udah cukup tapi erlu di tingkatkan lagi..yang di tanyakan apa para pemimpin timor leste bisa menahan hawa nafsu untuk berkorupsi ria dan lebih mementingkan kemakmuran rakyatnya moga aja bisa di hindari sifat” bejat seperti itu amien.

  3. salam kenal buat teman2 pembaca,
    Buat Sdr. Amel, info untuk saudara, saat ini pemerintah Timor leste investasi di bidang SDM sangat besar. Memberi beasiswa kepada pemuda pemudi Timor leste untuk belajar di luar negeri di berbagai disiplin ilmu dengan jumlah yang besar dan hal ini terus berkesinambungan. Dengan harapan 10-20 tahun ke depan kami sdh memiliki SDM yang sdh bisa berpartisipasi aktif dalam membangun negeri kami. kami belajar dari negara-negara lain yg sdh lebih dulu merdeka.

    #. utk sdr jalanterang, masalah lobi international..politikus negeri kami juga bisa diandalkan dalam pencaturan politik global yang sudah teruji dan kami akan terus belajar memperbaiki diri untuk bekerja sama dengan politikus negara-negara di dunia. Kami tidak memihak negara manapun di dunia….semua negara di dunia bagi negeri kami adalah sama dalam segala hal.

    Untuk menjadi negara maju dan sejahtera itu memang masih jauh dari harapan, namun pengambil keputusan di negeri kami..terus belajar dan membenahi diri..untuk bisa merealisasikan..impian mensejahterakan rakyatnya..dan hal ini sdh di mulai bertahap:

    1. Memberi bantuan subsidi kepada seluruh rakyat yang sdh lanjut usia 60 tahun ke atas seumur hidup
    2. berobat gratis untuk seluruh rakyat di Timor Leste di rumah sakit
    3. memberi subsidi sekolah gratis di seluruh negeri..dari SD-SMA untuk sekolah Negeri..dan subsidi ke Universitas
    3. Mengatur keuangan dari Hasil Minyak dan gas bumi yang baik dan diatur dengan Undang-Undang dasar dan Tabung di Bank Central US, sehingga Pejabat negara tidak seenaknya mengambil Uang hasil Penjualan minyak dan gas bumi untuk kepentingan pribadinya selain kepentingan national.dan setiap uang yang akan diambil harus atas persetujuan rapat Umum DPR, sehingga hal ini menjadi modal bagi Timor Leste untuk 10 tahun mendatang sdh memiliki modal yang bisa diandalkan untuk membiayai pembangunan.

    hal lain yang menjadi masalah di Timor Leste adalah lapangan kerja, namun:
    1. upaya pemerintah menjamin keamanan dalam negeri yang terus semakin membaik, belajar dari konflik masa lalu…dengan demikian, Upaya pemerintah untuk negosiasi pipeline sumur minyak great sunrise ke daratan timor leste dan membangun fasilitas pendukung di waktu dekat, sumur-Sumur Minyak lain di laut Timor yang sdh layak dan akan operasi di 5-10 tahun mendatang serta Peraturan pemerintah yang menwajibkan setiap perusahan besar yang beroperasi didaratan Timor Leste harus mempekerjakan orang Timor Leste 75%.

    akan bisa menjawab dan mengurangi penganguran diTimor Leste.

    dan untuk mendukung hal diatas..pemerintah selain mengirimkan pemuda pemudi ke luar negeri untuk pendidikan S1, S2, dan S3 juga memberi pelatihan berkesinambungan agar bisa berpartisipasi dalam pembangunan

    • Saya yakin Timor Leste akan maju selama pemerintahnya bijak dalam mengelola SDA yang ada. Jangan pernah tergiur dengan pertambangan, ingat keuntungannya hanya sesaat namun dampaknya buruk untuk selamanya, lebih baik dijadikan negara tujuan turism seperti hawwaii,
      Perjudian asal dikelola dengan baik seperti Macau bisa juga membawa kemakmuran bagi rakyatnya, mengingat TL mirip dengan Macau ( Banyak peninggalan Portugis ) dalam segi peninggalan budayanya.
      Yang terpenting jangan sampai ada ormas agama yang turut campur tangan, perjudian tidak selamanya buruk, tergantung pelakunya.
      Lihat saja tetangga yg mayoritas mus**m saja bisa buka tempat seperti Genting Highland, tapi dinegara sendiri malah diacak2 sama ormas ga jelas tujuannya.
      Semoga TL bisa jadi surga pariwisata baru di kawasan ini.
      Aduh kok campur aduk yah…..esmosi soalnya sambil nulis ngebayangin negara sendiri yang carut marut ngga jelas kebijakannya

  4. Indonesia dan Timor Leste adalah tetangga dan saudara……biarkan masa lalu adalah sejarah dan cerita buat diingat dan dikenang..karena kita semua sakit hati dan menderita akibat kekuasaan politik….kita sama-sama kehilangan..orang tua, ibu, anak dan saudara…..karena perang…..sekarang kita bersama saling mengisi untuk melihat hari esok yang lebih baik….dengan saling menghargai adat, kultur…dan menjunjung tinggi….nilai-nilai kemanusiaan..

    Salam hangat buat saudara2ku di indonesia
    Viva timor Leste

    • Memahami masa lalu, membelajarkan sejarah, memperbaiki langkah hari ini, untuk meraih masa depan yang lebih baik….

      Salam hangat untuk warga Timor Leste, semoga kalian tidak melupakan kami-kami yang turur serta dalam perjuangan yang anda sebut sebagai kemerdekaan.

      Kita bisa hidup berdampingan dengan baik

      Jayalah Indonesiaku !!!

  5. aku percaya daerah kelahiranku itu akan menjadi negara maju…..
    banyak keanekaragaman yang terkandung di sana, tinggal bagaimana mereka mengelolanya dan bekerjasama..
    jangan biarkan orang luar menguasaiMU, tetapi cobalah kamu menguasai diriMU sendiri…….
    saya yakin pasti akan maju….
    salam hangat dari saya.

    OBRIGADO BARAK……

  6. saya tdk begitu yakin TL akan maju,,,,,karena masa pemerintahan skarang penuh dengan wajah-wajah bermata $ yg sdg memperkaya diri.

  7. kami mahasiswa timor leste semua berharap negar kecil kami maju, dalam segala aspek.

    siapa sihhhh gk mau negaranya maju?

    hehhehehe
    viva powo maubere aswain timor oan…..

  8. apakah TL sekarang sudah Swasembada pangan?
    karna swasembada pangan adalah modal besar suatu negara bisa kokoh,,,

  9. salm knal nih dri ku bat bangsa timor leste yg baru bangun alias bru merdeka timor leste dh kmu bersukur ja ya karna kmu dh resmi merdeka dri negara induknya yaituh indonesia berti kmu dh bisa mmbawa negaramu menjadi negara yg makmur pi klo ga bisa mu bawa negaramu makmur brti kmu mau dijajah lagi ya? cma negara koeee

  10. salm knal nih dri ku bat bangsa timor leste yg baru bangun alias bru merdeka timor leste dh kmu bersukur ja ya karna kmu dh resmi merdeka dri negara induknya yaituh indonesia berti kmu dh bisa mmbawa negaramu menjadi negara yg makmur pi klo ga bisa mu bawa negaramu makmur brti kmu mau dijajah lagi ya? cma negara koeee
    ato mau ku cingca2y lagi?

  11. salm knal nih dri ku bat bangsa timor leste yg baru bangun alias bru merdeka timor leste dh kmu bersukur ja ya karna kmu dh resmi merdeka dri negara induknya yaituh indonesia berti kmu dh bisa mmbawa negaramu menjadi negara yg makmur pi klo ga bisa mu bawa negaramu makmur brti kmu mau dijajah lagi ya? cma negara koeee
    ato mau ku cingca2y lagi?
    ya pi yg pantas kmu menjadi negara termiskin didunia

    • iya..sih..pantas menjadi negara termiskin dunia…tapi ingat nga..dibahwa kolom jembantan di jakarta siapa yang tinggal di sana…!!!! kalo emang situ tahu…?

    • Timor Leste itu harusnya berterimakasih jg kepada Bumi tercinta Indonesia yg telah membebaskan kalian dari budak penjajahan…. kalau tak datang indonesia gembel kalian sampai sekarang, Portugis yg anda banggakan sampai sekarang aja masih tetap jadi negara miskin di eropa….

  12. Indonesia mengenal Timor Leste sebagai tanah air penerima paham komunis tertua di dunia, tetapi menolak untuk berdamai. Itulah sebabnya, saya menyarankan agar Bank Dunia segera menerima pendapat Timor Leste tentang Komunis. Bagi saya, kelihatan ganjil jika Indonesia tidak dapat menerima pendapat tersebut. Musibah bagi kita semua adalah tentang keadaan pahit, padahal dalam paham Komunis adalah cerita tentang mata uang.

  13. sulit bagi TL utk mnjadi negara maju,, soalx TL merdeka djaman globalisasi. banyak negara yang mencari keuntungan dari kebodohan pemimpin TL. salah satux Indonesia. dulu Indonesia banyak mengeluarkan uang ke provinsi timor timur (skrg TL) untuk subsidi,, skrg malah mndapat devisa dr TL. untuk @rencio,, mw S1, S2, S3, tdk ad artix tanpa pengalamn,, krn pengalaman adalah guru yang baik. negara TL miskin dlm sgala hal (kecuali petinggi TL). sbnrx banyak yg ingin saya sampaikan tp saya malas mengetik

    • Bung Eko, saya salut dengan komen Anda! cuma satu hal yang perlu anda ketahui bahwa pengalaman tidak datang diawal. sebab dengan perjalanan waktu pengalaman bisa diraih dan lainya.
      saya yakin Negara itu sudah berdiri dan generasi selanjutnya akan jadikan kegagalan pemimpin saat ini untuk jadikan sebagai pengalaman menatap masa depan yang cerah……..

    • Yang saya kawatirkan kedepannya Insya,Allah 20 thn lagi, timor timur tak berhasil menjadi negara maju idaman mereka. Rakyat timor timur akan minta referendum untuk kembali ke Indonesia… atau menjadi Imigran gelap di indonesia. Semoga ini tidak terjadi, akan memaluan buat kalian yg merasa sangat berjasa.

  14. Buat semua teman yang udah berkomentar di atas, ma’kasih bangat atas saran,kritik dan pesannya, tetapi satu yang harus saudara semua ingat yaitu bahwa suatu Negara yang udah merdeka yang pastinya dia akan berusaha demi kemakmuran dan kesejaheraan rakyat dan Bangsanya,,,apalagi di dunia ini kemajuan teknologi yang sangat pesat so apstilah kita akan berjuang mati-matian demia kemajuan Negara kita…ok… Salam Cakra 69,

    Viva Timor Leste Hau nia Doben…..ami sei tane no Hadomi O ba Nafatin…….

  15. Buat saudara Eko..aq ambil contoh aja di Indonesia, apakah waktu dulu Indonesia baru merdeka udah bisa berbiuat sesuatu sendiri tanpa bantua Negara lain? Untuk anda tau aja bahwa selama 32 tahun indonesia itu siapa yang memimpin? orangnya otokrat atau ngak? Saudara harus tau bahwa TL tidak semiskin yang anda kira….kaena semua eptinggi Negara TL orangnya pintar-pintar, jals dia pintar akhirnya TL jadi sebuah Negara yang merdeka…….

  16. Sejarah membuktikan,pintar bukalah faktor penentu utama dalam berbagai peristiwa. Thanks atas komentarnya.salam persahabatan.

  17. saya dulu pernah tinggal di TL selama 1 tahun, masyarakat disana terlihat begitu keras karakternya……n kurang persatuan yang kuat…… negara TL memang kelihatan tertinggal, bukan hanya karena baru merdeka kurang dari 10 tahun tapi sumber daya manusianya juga kurang maksimal………………..jadi klo ingin maju…………………………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!!! tingkatkan hal 2 berikut :
    - KUALITAS SDM
    - PERSATUAN MASYARAKAT
    - KESABARAN
    jangan hanya mengharapkan SDA yang ada….krn itu bukan hasil usaha …………………….tapi pemberian TUHAN……………….. n bs habis juga………………………..!!!!!!!!!!!
    Kembangkan wilayah2 utk wisata…………………seperti Kristuri di bagusin, lospalos juga………………… itu akan menarik wisatawan asing…………………hehehe……………krn dulu saya juga sering ke Kristuri n berenang dipantai itu………………. rasanya emg cukup indah………………………..!!!!!!!!!!!!!!!!

  18. Sesuai dengan pesan pemilik blog…jangan sekali-kali melupakan sejarah….maka melihat dari sejarah, timor leste sulit mengembangkan ekonominya apalagi bermimpi menjadi negara maju. Sejarah konflik lah yang mengerem ekonomi timor leste, adanya konflik ideologi di masa lalu, yang akhirnya juga membuat Indonesia ikut terlibat, sampai sekarang masih terlihat terutama pada tahun 2006…konflik seperti di sudan dan somalia bisa saja membayangi masa depan timor leste…yang walaupun dapat membangun ekonominya tetapi tetap hancur karena konflik yang tidak berkesudahan….

    • Realitas demikian tentu ada, dan banyak meyakini akan langgeng di TL. Namun demikian, kalau mereka mau belajar dari sejarah dan optimis melangkah kemasa depan, mudah2an bisa maju. Jangan pada egois yaaa…..

  19. Itu bergantung kepada paham politik yang dianut oleh timor leste, apabila masih paham komunis seperti sekarang (fretilin dan falintil yang berkuasa), maka akan seperti bom waktu, konflik bisa terjadi lagi melihat masyarakat timorese yang anti komunis.

  20. kita selalu membahas tentang kmerdekaan suatu negara…menurut pendapat saya merdeka itu relatif kalau negara itu sudh merdeka tentunya rakyat nya ikut merdeka itu baru merdeka seutuhnya,,jangan negara nya merdeka tapi rakyatnya tidk merdeka itu kan yang menjadi kendalah saat ini oleh negara2 merdeka. jadi merdeka itu tergantung masing2 orang, dimana merdeka itu seseorang bisa bebas hidup nyaman, keamanannya terjaga, haknya tidk di batasi oleh oleh orang lain, baru namanya merdeka lahir batih ,,,,,,,

  21. assalam mualaikum wr,wb..
    salam buat negara timur leste,,,,
    banyak juga mahasiswa dari TL, yg kuliah di indonesia,,,
    aku selalu berpesan,,,kalau dah pintar belajar di indo’ pulang lah hanya dari sayap tanganmu kamu bisa bangun TL, yg moderat, dan maju,,,,
    tak hayal semua kenyata’an pasti bisa tercapay bila ada kemauan,,,
    bukan masalah TL keluar dari indo” bukan kah kita hidup mencari kesejah tera’an ,,bukan luas wilayah atau kekuasaan,,,,

  22. zorro Lelalay:Assalam mualaikum wr,wb..bung nazril pendapat anda memang benar jaman sekarang semua orang di dunia ini berlomba-lomba untuk mencari kesejah tera’an dan makmur itu adalah tujuan hidup.Viva TImor Leste

  23. Salah sejahtera.
    Maaf sebelumnya,mungkin tulisan saya ini membosankan dan sedikit menyimpang dari topik yg dibicarakan teman2 diatas,tetapi saya hanya ingin menyampaikan sesuatu yg sdh lama ada dibenak saya dan menurut saya ada ada sedikit hubungannya dengan Negara timor leste.
    saya tidak banyak tau tentang timor leste, saya ingin bertanya bagaimana tentang kelistrikan disana,apakah sudah memadai/mencukupi?,atau masih mengalami defisit?
    Jika memang masih mengalami defisit,kira2 apakah pemerintah timor leste mau memberikan kesempatan kepada investor dan menjamin kemanan investor untuk membangun pembangkit listrik tenaga air mikrohidro untuk mengurangi ketergantungan pada genset yang menggunakan bahan bakar fosil?.
    Sejujurnya saya sgt tertarik melakukan experimen pembangkit listrik tenaga mikrohidro dengan meminimalisir efek kerusakan lingkungan sungai dan juga mengurangi ketergantungan pada pembangkit yg menggunakan bahan bakar fosil.Sewaktu saya masih bekerja sebagai Mechanic (Teknisi ) mesin diesel pembangkit tenaga listrik,saya ngeri melihat betapa banyaknya kebutuhan BBM untuk pembangkit trsbt. Terus apa hubungannya dengan Ekonomi sebuah negara??? jelas ada.Sekedar info untuk 1 unit genset diesel kapasitas daya 1Mw (1000 kw) membutuhkan BBM sebanyak 150 – 200 ltr perjam,atau jika dalam harga rupiah ( Rp 10.000per liter X 200 ltr perjam) = Rp 2.000.000.per jam= Rp 48.000.000 per 24 jam.Selain biaya yg sgt tinggi untuk membeli BBM pembangkit tenaga diesel juga mnghasilkan gas CO2 yg mengakibatkan pemanasan bumi (global warming).Dengan menggunakan pembangkit mikrohidro tidak perlu lg biaya sebesar itu dikeluarkan oleh Negara untuk membeli BBM,sehigga dana tersebut bisa digunakan untuk membangun infrastruktur yg lain atau kebutuhan yg lebih mendesak.
    Akan tetapi seandainya pun pemerintah timor Leste bersedia memberikan kesempatan kepada saya,sayangnya saya juga tidak punya modal untuk bisa merealisasikan hal tersebut.
    Semoga Negara Timor Leste semakin maju dan sejahtera.
    Salam.

    • Pemikiran briliant tidak cukup untuk merealisasikannya. Anda membutuhkan orang2 politik dan pengusaha untuk mendukung niatan anda tersebut. Banyak di dunia pemikiran yang cerdas, namun kandas karena ada raksasa industri dan pengambil kebijakan politik yang seringkali terus bersaing. Tetap semangat !!

  24. Timor Leste itu harusnya berterimakasih jg kepada Bumi tercinta Indonesia yg telah membebaskan kalian dari budak penjajahan…. kalau tak datang indonesia gembel kalian sampai sekarang, Portugis yg anda banggakan sampai sekarang aja masih tetap jadi negara miskin di eropa….

  25. Salam Kenal buat Mas suciptoardi……..
    dari Timor Leste
    bagi Saya diskusi ini sangat penting agar kita bisa saling mengisi kekurangan Negara Kita Masing masing.
    sejarah mengambarkan bahwa Timor Leste di Jajah oleh Portugis pata tahun 1911 hingga 1975, kemudian Indonesia mengimvasi dari thn 1975 sampai 1999. kalau kita melihat kembali pada jaman Potugis, mereka menjajah bukan membangu, karna para remaja yang usianya kurang lebih 17 thn ke ats harus membayar bajak ke pemerintah, hal itu tidak di lakukan oleh Pemerintah Indonesia, itulah kelebihanya Indonesia, Pendidikan pada jaman Potugis hanya pada tingkat kelas 6 atau SD dan seterusnya hanya kaum bangsawan yang bisa melanjutkan ke tingkat selanjutnya, tetapi itu tidak belaku bagi Indonesia, bagi Indonesia setiap orang medapatkan hak untuk pendidikan, itu juga adalah salah satu kelebihan Indonesia, dan Pertanyaan, mengapa Orang Timor Leste itu Tidak Puas dengan kelakuan yang di berikan oleh Bangsa Indonesia ?. sebagai Orang Timor Leste Asli saya mencoba menjelaskannya berdasarkan pandanga saya.
    sebenarnya Indonesia sudah Membangung Timor Leste selama 24 thn dan saya mengakuinya itu adalah kenyataan. tetapi kenapa Orang Timor Leste tidak Puas dengan pembangunan yang di berikan Indonesia ? saya mencoba menjelaskan berdasarkan pandangan saya.
    1. pada dasarnya Timor Leste bukanlah Jajahan Hindia Belanda. kedua
    2. Kemerdekaan adalah harga Mati. bagi masyarakat Timor Leste, karna sudah di perjuankan oleh Raja DOM BOAVENTURA DI DISTRIC SAME
    3. Kekejaman yang di lakukan oleh militer indonesia mulai dari 1975 – 1999
    4.sebernarnya Proyek Proyek besar di Timor Leste itu di kuasai semua oleh orang Indonesia.
    5 adanya Imigrasi besar besaran dari jawa, dan masyarakat Pribumi si geser ke Pingiran kota bahkan Pengunugan, sehingga Kami tidak merasa puas dengan di pelakukan seperti itu.dan utuk yang terakhir, Kami Mayarakat Timor Leste sudah memproklamasikan kemerdekaan pada thn 28 de Novembro 1975.

  26. Jangan so menjadi negara sempurna,,,lihat aja di negaramu, angka kemiskinannya semakin meningkat,,dan tidak dapat lagi di atasi,,,Sadar dong,,,

    • maaf ……..Kami memang negara Miskin, dan Kami tidak pernah bilang Negara Kami sempurna, kenyataan ya sekarang kami mecoba membangung hubungan yang lebih baik dengan Indonesia, dan Kami mencoba belajar dari pengalaman yang ada selama 450 thn dengan portugis dan 24 thn dengan Indonesia,,,,,,,,,,dan Kami akan tetap bekerja keras untuk meujudkan Negara kami menjadi negara yang sejatera………salam dari Timor Leste

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s