DAFTAR KEJAHATAN PERANG YG DILAKUKAN FRETILIN TH 1975-1984

“FRETILIN TELAH MENYIKSA SAUDARA-SAUDARANYA DARI TIMOR LESTE DENGAN BESI MEMBARA YANG DIMASUKKAN DALAM ANUS DAN PENIS. BANYAK YG KEMUDIAN DIKUBUR HIDUP-HIDUP.”

PEMBUNUHAN MASAL YG DILAKUKAN FRETILIN TERJADI DI : DILI, AILEU,MAUBISSE-AINARO-SAME-ERMERA-BAZARTETE-LIQUICA-MAUBARA-FATUBOU-LOIS-MALIANA-CAILACO-HATULIA-ATABAI-BATUGADE-LACLUBAR-LALEIA-FATUBERLIU-SOIBADA-LACLUTA-BUCOLI-FATUMACA-VENILALE-WATULARI-WATUCARBAO-QUELICAI-BAGUIA-LAGA-ILIOMAR-LORE-MORO-LURO-TUTUALA-LOSPALOS

PEMIMPIN-PEMIMPIN YG BERTANGGUNG JAWAB ATAS KEMATIAN LAWAN POLITIK DAN RAKYAT TAK BERDOSA:

1. HERMENEGILDO ALVES
2. ALARICO FERNANDES
3. HELIO PINA
4. JULIO CESAR (MAULAKA)
5. ANTONIA CARVARINO (MAULEAR)
6. JOSE DA SILVA
7. JOAO MONTALVAO
8. INACIO JUVENAL (SERAKEI)
9. ABEL FREITAS XIMENES (LARI SINA)
10. ANTONINHO (LERE BOTE -MAU)
11. ALKATIRI
12. INACIO FONSECA (SOLAN)
13. CIRILO NUNES (MAUBARANY)
14. JOSE ALEXANDER GUSMAO (XANANA GUSMAO)
15. ANTONIO MANUEL GOMES DA COSTA-MANECAS (MAUHUNO)
16. JOSE ANACIO DA COSTA (MAUHUDO)
17. NUNO RAMOS HORTA

YG DIKENAL SEBAGAI PASUKAN MAUT ADALAH :

1. JOSE ARAUJO
2. HUMBERTO ARAUJO
3. FRANCISCO ABILAY
4. COSME DA COSTA
5. PEDRO AQUINO
6. MARITO REIS
7. EUSEBIO CORSINO

PENANGGUNG JAWAB BEBERAPA KASUS PEMBUNUHAN TERHADAP TAHANAN DI AILEU, MAUBISE DAN SAME :

1. HERMENEGILDO ALVES
2. ALARICO FERNANDES
3. HELIO PINA
4. JULIO CESAR (MAULAKA)
5. ANTONIO CARVARINO (MAULEAR)
6. JOSE DA SILVA
7. JOAO MONTALVAO
8. INACIO JUVENAL (SERAKEI)
9. ABEL FREITAS XIMENES (LARI SINA)
10. JANUARIO LOBATO
11. ANTONINHO ( LERE BOTE-MAU)
12. ALKATIRI
13. INACIO FONSECA (SOLAN)
14. JOSE ALEXANDER GUSMAO (XANANA GUSMAO)
15. ANTONIO MANUEL GOMES DA COSTA-MANECAS (MAU HUNO)
16. JOSE AMANCIO DA COSTA (MAU HUDO)

YG BERTANGGUNG JAWAB ATAS PEMBUNUHAN TERHADAP LETNAN KOLONEL PORTUGIS MAGIOLLO GOUVEIA DI AILEU BULAN DESEMBER 75 ADALAH :

1. HERMENEGILDO ALVES
2. ALARICO FERNANDES
3. HELIO PINA
4. JULIO CESAR (MAULAKA)
5. ANTONIO CARVARINO (MAULEAR)
6. JOSE DA SILVA
7. JOAO MONTALVAO
8. INACIO JUVENAL (SERAKEI)
9. JOSE ALEXANDER GUSMAO (XANANA GUSMAO)
10. ABEL FREITAS XIMENES (LARI SINA)
11. JANUARIO LOBATO
12. ANTONIO MANUEL GOMES DA COSTA-MANECAS (MAU HUNO)
13. ANTONINHO ( LERE BOTE-MAU)
14. ALKATIRI
15. INACIO FONSECA (SOLAN)
16. JOSE AMANCIO DA COSTA (MAU HUDO)
YG BERTANGGUNG JAWAB ATAS PEMBUNUHAN TERHADAP AQUILES FREITAS BELO, PONCIANO FREITAS DAN GURU AGAMA KATOLIK TEODOSIO FREITAS DI VENILALE, BULAN MARET 1976 :

1. HERMENEGILDO ALVES
2. CIRILO NUNES
3. MARITO REIS
4. EUSEBIO CORSINO
5. JOSE ALEXANDER GUSMAO (XANANA GUSMAO)
6. NUNO RAMOS HORTA
7. JOSE AMANCIO DA COSTA ( MAU HUDO)

YG BERTANGGUNG JAWAB ATAS PEMBUNUHAN TERHADAP ADAO AMARAL DAN JOSE DOS SANTOS DI GUNUNG MATEBIAN QUELICAI ADALAH :

1. INACIO JUVENAL
2. JOSE ALEXANDERE GUSMAO (XANANA GUSMAO)
3. ANTONIO MANUEL GOMES DA COSTA-MANECAS (MAU HUNO)
4. JOSE AMACIO DA COSTA (MAU HUDO)
5. INACIO FONSECA (SOLAN)
6. ANTONIO SANTANA (MAUKONIS)
7. FERNANDO TELES ( TXAI)
8. MARCOS DA COSTA RUBILEKI
9. FORTUNATO CONCECAO (NIANLAU)

YG BERTANGGUNG JAWAB ATAS PEMBUNUHAN TERHADAP JOSE EXPOSTO DI AILEU BULAN DESEMBER 1975 ADALAH :

1. HERMENEGILDO ALVES
2. HELIO PINA
3. JULIO CESAR
4. JOSE DA SILVA
5. JOAO MONTALVAO
6. EDUARDO DA COSTA
7. HUMBERTO ARAUJO

HAL-HAL MENGERIKAN LAINNYA ADALAH :

XANANA GUSMAO TELAH MEMERINTAHKAN EKSEKUSI TERHADAP PAMANNYA SENDIRI, FERNANDO DE SOUSA, KARENA DENDAM PRIBADI. DI BUIBELA, BAGUIA, BULAN SEPTEMBER 1977

JOSE AMANCIO DA COSTA (MAU HUDO) TELAH MEMERINTAHKAN EKSEKUSI TERHADAP PAMANNYA SENDIRI ANTONIO FREITAS, KARENA MEMILIH TAMPIL SEBAGAI ANGGOTA FRETILIN NON KOMUNIS BULAN FEBRUARI 1976

TAHANAN SERINGKALI DISIKSA SAMPAI TIDAK SADARKAN DIRI.

YG DIEKSEKUSI BIASANYA DIPAKSA MENGGALI KUBURANNYA SENDIRI.
ANAK PEREMPUAN, ADIK PEREMPUAN ATAU ISTRI BIASANYA DIPAKSA MENJADI OBYEK PEMUAS NAFSU.

“CAMPOS DE APOVO” DAN “BAIRIA”

JENIS PENJARA BERUPA LUBANG DI BAWAH TANAH TEMPAT MENYEKAP TAHANAN DALAM SIKSAAN DILUAR PERI KEMANUSIAAN SERTA KONDISI YG LEBIH JELEK DARIPADA BINATANG DI MANA TAHANAN DINATASI MAKAN DAN MINUM SAMPAI DIEKSEKUSI. (Doktrin & ilham Praksis Komunis)

BULAN DESEMBER 1976, DI LALEI, ANTONIO GOMES DA COSTA (MAU HUNO)
MEMERINTAHKAN PEMBUNUHAN TERHADAP ADIK KANDUNGGNYA SENDIRI, CARLOS DA COSTA GOMES KERENA MEMBERI BANTUAN KEPADA ANGGOTA-ANGGOTA UDT .

TANGGAL 24 SEPTEMBER 1984, JAM 10.30, DI WAIKNASSA, VEMASSE, KABUPATEN BAUCAU XANANA GUSMAO, MAU HUNO,MAU HUDO, DAN KONIS SANTANA MEMERINTAHKAN PEMBUNUHAN TERHADAP KILIK WAIGAE REINALDO FREITAS BELO KEPALA STAF FALINTIL (CHEFE DO ESTADO-MAIOR DA FALINTIL)

MEREKA YG NAMANYA TERDAFTAR TERSEBUT HARUSLAH TERLEBIH DULU DIADILI BARU SETELAH ITU KITA MENGADILI PARA MILISIA. AGAR ADA KESEIMBANGAN DIDALAM PENEGAKKAN KEADILAN

PAULINO GAMA
EX- Comandante Guerrilheiro da FRETILIN
(EX- Komandan Gerilyawan FRETILIN)

Sumber: haksesuk

About these ads

30 thoughts on “DAFTAR KEJAHATAN PERANG YG DILAKUKAN FRETILIN TH 1975-1984

  1. Sekarang yang bertangung jawab terhadap kehadiran Indonesia di Timor Leste itu siapa?Dalam suatau perjuangan kalau kita membiarkan orang orang yang tak berprinsip maka perjuangan kita itu akan gagal, tetapi semuanya itu harus terjadi agar kita bisa mengapai tujuan kemerdekaan itu sendiri.

  2. Yg jelas TIMTIM adl anak durhaka sama dgn malasyia yg nota bene dulunya pernah ditolong oleh indonesia, malah sekarang timtim menghujat Indonesia..DASAR TAK TAHU DIRI…!!! MAMPUSLAH KAU WAHAI TIMOR LESTE….MAMPUS-LAH BERSAMA FRETELIN MU

    • Yang jelas Indonesia adalah negara besar tapi jiwanya kerdil. Masak beraninya cuma menjajah negara kecil seperti Timor-Leste? Timor-Leste sudah merdeka, sekarang tunggu giliran daerah lainnya. Suatu saat Indonesia akan pisah menjadi beberapa negara! West Papua tidak lama lagi juga pasti merdeka! Indonesia tidak pernah berkaca dari kesalahan2 masa lalunya. HAPPY INDEPENDENCE TIMOR-LESTE 28 NOV 2011.

    • Saya setuju dgn bung josep, lihat lah dengan kenyataan apa yg terjadi sekarang setelah 10 thn merdeka. Apa yg kalian dapatkan sekarang????, kebahagian… kemakmuran… bergelimang harta dan tahta… negara yg maju sentosa…. semua nol besarrrr…
      Apakah kalian tak bisa sedikit berterimakasih atas jasa2 Indonesia, yg telah menyelamatkan hidup dan martabat kalian dari perang saudara yg kalian lakukan dan tindakan portugis yg tak bertanggung jawab meninggalkan kalian.
      Kalian ikut portugis ratusan tahun apa yg kalian dapatkan???? pembangunan, kesejahteraan, kemakmuran…. semuanya nol. kenapa kalian msh bangga banggakan penjajah kalian apakah kalian masih mau jadi budak mereka, jilat pantat mereka…
      Indonesia menyelamatkan kalian, daerah kalian dibangun, Indo berusaha menyejahterakan kalian, byk uang tenaga dan pikiran dicurahkan utk kalian… Memang dasar anak durhaka kalian….
      Saya kawatir 20 tahun kedepan, kalau tak berhasil menjadi negara maju seperti yg anda impikan… akan menjadi imigran gelap dan gelandangan di Indonesia, merengek rengek minta belaskasihan lagi ke Indonesia. Sadarlah kalian….

      • Hei, anda memang makin tidak bermoral….kami tidak menginginkan kemewahan seperti anda lakukan terhadap kami selama 24 tahun, kami hanya kebebasan, bebas dari pembunuhan, dari penahanan dan pemerkosaan. Hanya karena tindakan imoral inilah kami memilih untuk merdeka! Dengar, kami tidak pernah mengundang kalian untuk datang membantu apalagi meminta anda untuk membangun negara kami, Kacian deh loooo…..justru karena masalah Timot Leste telah memojohkan kalian di mata dunia INternational bahkan menciptakan ekonomi yg tidak stabil paling dhasiatnya membuat mata uang anda tidak berkutik….woooo enak dehhhhhhhhhh!

      • biasanya org tak sadar dgn apa yang sudah dikasih,,,,,Hidup makan minum dari hasil bumi indonesia,bisa bernafas dan matipun juga dikubur di tanah indonesia tapi tak sadar dan malah membanggakan negara Luar dasar SAMPAH,org seperti ini baiknya mati secepat mungkin dan klw mati dibuang saja di negara yg dia banggakan ,,,,,

  3. timor leste memilih merdeka sendiri,karna memang timor leste sudah tersendiri dari awal,,, jadi apapun yg terjadi itu adalah pintarnya politik ok………….

  4. Indonesia adalah negara besar tapi jiwanya kerdil. Masak beraninya cuma menjajah negara kecil seperti Timor-Leste? Timor-Leste sudah merdeka, sekarang tunggu giliran daerah lainnya. Suatu saat Indonesia akan pisah menjadi beberapa negara! West Papua tidak lama lagi juga pasti merdeka! Indonesia tidak pernah berkaca dari kesalahan2 masa lalunya.

    • Yang bicara seperti ini pasti orang tidak mengerti, menghujat bangsanya sendiri, tapi makan, minum, tidur,BAK,BAB, di Negeri ini….kalo anda bangsa indonesia silahkan diri anda keluar dari negeri Ini dan rubah kebangsaan anda..negeri ini hanya membutuhkan orang2 yang punya jiwa nasionalisme..

    • ya kalian yang otak udang di tipu portugis,,kemdian di bantu (cuma ndak tau terimakasih)..banyak mahasiswa TIMTIM yang sekolah di luar negerinya dan menjadi pengacau,minun2an,pakaian seronok dan sex bebas….sungguh ndak bermoral.

  5. kebanyakan nama-nama yang tercantum sudah Tewas semua, kalau yang masih hidup kalau berani silahkan gugat.
    Fretilin memberikan reaksi yang wajar atas kudeta yang dilancarkan partai UDT pada tanggal 11 agustus 1975. tahukah anda? kebanyakan simpatisan UDT adalah merupakan keluarga elit penguasa daerah Timor portugues. merekalah yang bertanggung jawab atas penjajahan portugis selama 4 abad. golongan kelas bawah(Fretilin) memperjuangkan hak rakyat. OKI, yang melanggar doktrin Fretilin= Exekusi.

  6. UDT = tetap dijajah portugal.
    apodeti = bergabung dengan Indonesia.
    Fretilinlah yang telah mengobarkan perjuangan atas hak rakyat untuk merdeka.
    andai saja di pada waktu itu tak ada penghianat macam mereka justru perang berkepankjangan tak pernah terjadi termasuk invasi TNI atas Timor leste.
    maklum saja UDT ataupun Apodeti tak pernah mendapatkan suara dalam pemilihan partai di TL.
    -salam persahabatan mas suciptoardi-

  7. semua kejahatan perang yang ada sudah diakui oleh pemimpin2 fretilin: xanana,alkatiri,lu olo,rogerio lobato etc; pemimpin udt joao carascalao, manuel carascalao, etc. ketika dalam kesaksiannya di CAVR.

  8. Jangan merekayasa berita yanga Anda sendiri tidak perna tau kapan dan dimana Anda berada. Apa rasa tidak suka atau rasa tidak puas

  9. Jangan merekayasa berita yang Anda sendiri tidak pernah tau kapan dan dimana itu terjadi dan Andah hanya berada dlm kulkas yang dingin dan menulis sesuka hati . Apa rasa tidak suka atau rasa tidak puas akan kejayaan fretelin di Timor Leste …………

  10. terlepas dari segala debatan pro dan kontra, polemik, politik, atau apapun itu mengenai pra dan pasca kemerdekaan Negara Republik Timor Leste. Saya tidak ingin merasa benar, tapi saya juga tidak ingin bergitu saja dipersalahkan. Sebelumnya saya katakan bahwa “maaf” tidak harus karena salah bukan berarti lemah atau patut untuk kemudian diinjak, namun bukan juga ajang sombong atau pamer kebaikan. Dengan ketulusan sedalam-dalamnya saya sendiri khususnya, sbg MANUSIA dan juga salah satu Warga Negara Indonesia, bangsa yang terkenal berjiwa besar mengatakan permohonan maaf yang sebesar-besarnya untuk Negara Republik Timor Leste.

  11. Wow Bung punya hal baru ya, memang sedikit berbeda sejarahnya Timor-Leste.

    Indonesia pertama merasa jadi pahlawan pada 1975 dan akhirnya menjadi Penjahat besar, Portugal yang awalnya tidak bertanggung jawab akhirnya menjadi Pahlawan. sejarah Timor-Leste sangat bila ditanyakan pada korban-korban yang merasa diri mereka dirugikan namun banyak hal yang terselubung.

    Mungkin akan lebih jelas bila setiap kisah Timor Leste di gali lebih dalam lagi…
    by the way anda cukup hebat mencari kisah Timor Leste.

  12. hehehe…. timor leste memang lebih baik merdeka. kolonialisme udah bukan zamannya lagi, sekarang ini pihak indonesia punya posisi tawar yg tinggi terhadap timor leste, jika bisa dimanfaatkan akan sangat menguntungkan.
    BUMN,ataupun pihak swasta bisa memanfaatkan kondisi ini,
    menjajah dari segi ekonomi,ataupun memanfaatkan oposisi timor leste adalah hal yg paling mudah untuk dilakukan pada saat ini.

  13. Dunia akan diam jika TL merdeka tapi inilah watak orang Timor jago di negerinya seperti berhasil menaklukan Amerika Serikat yang mendukung Indonesia dalam Imvansinya, Menaklukan Australia yang mendukung Integrasi TIMTIM terhadap NKRI dan indonesia di usir dari negerinya dengan tusukan sehelai kertas, perai Novel Perdamaian 1996 dan sekarang TL menunjukan kajantangan psikologis yaitu brani REKONSILIASI menunjukan pada DUNIA bahwa Timor itu betul jantang dan sekarang suatu hal yang bisa dibangakan sebagai saudara Timor yaitu Hercules tana Abang menjadi raja preman di kota jakarta. yang berikut Ramos Horta menjadi Representatif PBB di negara yang sudah merdeka lama, dari kejantangan di atas maka sebagai negara kecil berjiwa besar mengundang negara negara besar “marilah bersama membangun Dunia yang aman dan damai”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s