Knalpot Vega R 2004 Ngebul dan Solusinya [Nano Energizer, Semoga aja....]

Awal tahun 2012, aku dikagetkan dengan kejanggalan  kuda besiku “Yamaha Vega R 2004″ yang telah menjadi tungganganku selama 3 tahun belakangan . Knalpot Djagoer-ku ini ngebul. Entah baru memperhatikan, atau sudah beberapa minggu belakangan, ternyata setiap awal motor dipanaskan keluar asap yang banyak berwarna putih dan ngebul. Menariknya, setelah dibawa jalan, lama-kelamaan asapnya berkurang dan hilang seperti normal-nya motor 4 tak. Tetap saja, aku khawatir, pasalnya tuh knalpot ngebul banget dan baunya nyengat ngak enak.

Selanjutnya, modem yang baru dapat gratis plus pulsa dari Telkom langsung aku gunakan coba cari “mengapa-nya” dan “bagaimana” cara penanganannya. Berselancar di internet hasilnya membawa pengetahuan baru sekaligus tentunya: pencerahan.

Banyak tulisan yang ku baca melalui mbah gugel dan tanya ke mekanik bengkel besar di Pasar Minggu. Hasilnya sebagai berikut:

Penyebab knalpot motor 4 tak ngebul dengan asap warna putih dan petuah-petuahnya…

Knalpot 4 tak ngebul dan asapnya berwarna putih disebabkan ada oli mesin nyelonong ke ruang bakar. Akibatnya, oli itu ikut terbakar hawa bensin alias oli mesin “terbakar” di ruang bakar. Ini bisa terjadi karena 2 sebab:

Pertama, lemahnya kinerja ring seher yang sudah tak sanggup nahan oli dari kruk as agar gak masuk ruang bakar. Bila itu terjadi, silakan ganti ring seher. Tapi kalau kerusakan sudah parah, terpaksa harus mengeluarkan biaya lebih, untuk mengganti piston dengan ukuran lebih besar (oversize).

Kedua, dikarenakan sil klep sudah kedaluarsa alias rusak.  Salah satu indikasi yang membuat peranti mungil ini rusak karena kurangnya suplai oli ke bagian kepala silinder. Karena di sekitar sil miskin oli, part ini pun jadi gosong akibat bergesekan dengan klep secara terus-menerus. Pendek kata, oli yang nyelonong masuk ke ruang bakar kemungkinan karena ada yang bermaslah pada ring seher yang tentunya sudah aus, dinding piston luka, seal klep yang sudah kaku atau dinding block piston yang baret.

Penjelasan di atas bermuara kepada sebuah penyebab utamanya, yaitu OLI. Artinya adalah terjadi kekurangan suplai oli atau tidak cukup pelumas di bagian yang kemudian rusak tersebut. Dengan demikia, maka dapt ditegaskan bahwa pada mekanisme motor bermesin 4-tak, peran oli mesin sangat dan atau teramat penting. Pilihlan oli yang kental mengingat kalau mesin berjalan maka kepekatan/kekentalan oli makin lama makin encer hingga daya lumasnya pun makin kurang. Jadi, jangan sampai telat ganti oli mesin, pastikan agar motor tidak kekurangan oli mesin.

Dampak dan Solusinya adalah….
Dampak yang pertam lahir ialah kalo didiemin bisa nular ke part lain dan selanjutnya….”harus turun mesin”, jawab mekanik juga kepala bengkel dan “konsultan” pembelian spare part. Aduh, bakalan gede neh duitnya. Aku tanya berapa biayanya: “500 rebu”. Tenang dulu, ngak usah terburu-buru turun mesin, ada solusi lainnya…
Di internet, aku tertarik dengan iklan yang bercerita tentang rasionalisasi produk dan bukti dari konsumen serta berbagai testimoni yang tulisannya bertahun 2008-2011, terutama bisa “mengobati” knalpot yang ngebul. Gayung bersambut, bukan?, apalagi solusi yang bernama: Nano Energizer ini tersedia diACE Hardware, sebuah tempat yang  belakangan ini sering aku sambangi. Klop!..Hasil seperti apa, aku tunggu aja. Sebuah keyakinan telah membawaku untuk membeli, dan buktinya dikemudian hari tidak menghawatirkanku karena orang lain yang telah memakainya ternyata benada positif:  it work!.
17 thoughts on “Knalpot Vega R 2004 Ngebul dan Solusinya [Nano Energizer, Semoga aja....]

  1. met kenal broth.. sy juga udah pernah pake nano, xado, metalguard dll tapi sptnya ga gitu ngaruh.. atau cuma sebentaran doang.. udah berapa ratus km ilang efek ceramicnya :lol: gatau bener atw ga itu produk..

    solusi : klo udah kena / ngebul putih -> bongkar piston dicek baret atw ga.. klo baret yaa mau ga mau harus di oversize alias korter / bubut :cry: , otomatis ganti 1 set piston lagiii dech :cry:

    http://willykk.wordpress.com/2012/03/11/engine-overhaul/

  2. Noerdinz says:

    Wah ane telat baca nih artikel,mtor ane sama kyak nasib yg di atas,cuman ane langsung turunin tu mesin,cz nurutin sang mekanik bos..

    • suciptoardi says:

      @pusing: kalau masih baru kemudian bisa baret, mending balik aja ke bengkel yang nge-bongkar ente punya motor…ke bengkel aja gan…

  3. Setelah sekian bulan, gimana hasilnya si Nano itu Gan? Motor ane juga Vega R, kemaren ngebul, kasusnya persis kaya punya Agan. Dibawa ke bengkel kata mekaniknya harus servis besar alias turun setengah tuh mesin. Katanya seher kemungkinan kena . Ongkosnya lumayan, sekitar gopek. Mau pake Nano, takutnya si Nano ini ga bisa ngobatin seal klep, karena katanya kalo asapnya hilang ketika pemakaian, itu bisa karena seal klepnya. Nah, sekarang ane mau nanya nih, motor Agan gimana sekarang kondisinya setelah dikasih Nano? Terima kasih sebelumnya. :)

    • suciptoardi says:

      Motor ane baik-baik aja, nyaris ngak pernah ada asap kaya dulu. Nyaris artinya, pernah sesekali, seingat ane karena habis hujan. Setelah di nyalakan sebentar, langsung normal kembali, asap ngebul hilang. Selain itu, ngak pernah sampe sekarang.

      Tahun 2009, Vega ane turun mesin, harganya sekitar 5 kali yang ente bilang. habis itu normal, baru tahun lalu mulai ngebul. Langsung ane hajar pake nano. Kelihatannya ada perubahan. sekarang sudah setahun, dan bulan depan harus diisi lagi.

      Semoga cerita ane bisa membantu bro!

      • Waks… 5 kali gopek berarti nyaris dua setengah juta dong Gan? Serem…

        Berarti ini sudah hampir setahun pake nano dan tidak ada masalah ya Gan? Hari Selasa yang lalu ane juga memberanikan diri beli Nano. Kemarin pagi waktu di-starter, masih muncul asap putih tapi jauh lebih tipis daripada sebelumnya. Tadi pagi, ane bisa senyum karena ketika di-starter sudah tidak ada asap SAMA SEKALI. :)

        Tapi temen ane yg abangnya punya bengkel sempat nakut-nakutin… katanya “Tunggu aja sebulan lagi”… :(

        Tapi setelah baca testimoni ente, ane bisa agak bernafas lega. :)
        Mudah-mudahan Vega R ane tetap sehat sampe tua. :D

        Thanks. :)

  4. dzakir says:

    mohon jawabannya gan… motor ane byson. ngebulnya kalo di gas pol doang…tapi kalo normal lamsang sih gak ngebul alias normal..itu kenapa yah gan??

  5. suciptoardi says:

    @dzakir: kunci dasarnya, jika ngebul maka ada masalah. untuk kasus ente, mudah2an beda sama vega ane. saran ane, mending ke bengkel resmi aja sbelum mrembet ke bagian yang lainnya…

  6. brend says:

    gan ane mau nanya , motor ane kan habis turun mesin habs ganti ring seher,seher,boring,seal klap, py kog tetep aja ngebul yaa gan ?
    kata mekanik nya mah gara gara karburator nya king,disuruh ganti krbu standar nya , mohon jawaban nya gan ,thanks

Leave a Reply

