Pendalaman Materi Sosiologi Kls 12 IPS TA 2011/2012

Akhir Maret hingga pertengahan April 2012, saya memberikan pendalaman materi (PM) sosiologi untuk kelas 12 IPS. PM ini ditujukan untuk lebih memberikan bekal yang tepat untuk menempuh ujian akhir nasional UAN. Selama waktu tersebut, saya mengajar sampai 16 kali pertemuan di 5 kelas yang berbeda.

Metode pembelajarannya saya bedakan dengan hari biasa. Hal ini lebih dikarenakan waktu yang tersedia hanya 90 menit dalam sekali pertemuan. Saya sudah merencanakan “bagaimana dalam waktu 90 menit saya dapat mengajak peserta didik menyelesaikan simulasi tanpa mencontek, dan dapat pula memberikana pembahasannya?”…

Rencana saya juga untuk mengikis budaya korupsi dikemudian hari yang dimulainya (perbaikan) di sekolah. Saya tidak mau muluk-muluk, tapi saya harus memulainya. Menurut saya, mencontek yang merupakan nenek moyangnya korupsi, disebabkan oleh masalah kepercayaan diri, banyak peserta didik tidak percaya diri (PD) dengan kemampuannya sendiri. Oleh karenanya, bocoran dari pihak tertentu dapat laku keras pada UAN dari tahun ke tahun. Saya yakin, peserta didik paham dengan pelajaran sosiologi yang mereka pelajari, sehingga polesan untuk ke-PD-an adalah solusi dalam menghadapi UAN kali ini.

Dalam sekali pertemuan PM selama 90 menit, waktu saya bagi dua kegiatan. Pertama ujian cepat, dan kedua langsung dibahas. Saya mengontrolnya dengan ketat. Setelah 3-5 kali pertemuan, syukurlah rasa PD mereka lebih baik. Ini tercermin dari jawaban mereka setelah evaluasi lisan saat PM. Selanjutnya, ketika saya ke sekolah karena tempat mengawas silangnya dekat sekali, siang itu, 19 April 2012, banyak siswa yang bertemu saya dan berkata: “saya bisa pak kerjakan soal sosiologi, tanpa mencontek. PD pak!”. Alhamdulilah, saya berucap…

Saya doa kan, kalian lulus. Saya merasa senang bersama kalian memulainya, mulai memerangi korupsi….

This entry was posted in Kuliah. Bookmark the permalink.

3 Responses to Pendalaman Materi Sosiologi Kls 12 IPS TA 2011/2012

  1. “Wah terlihat gemuk sekarang …… lanjutkan Brother!”

  2. Pingback: [Awali] Berantas Korupsi dari Sekolah [Metode Fast Training Moment ] | Historia Vitae Magistra, La Historia Me Absolvera!!!

Leave a Reply

