Kata-kata Bijak untuk Bercermin Diri Wahai Guru !

Judul sudah merupakan, bukan hanya ajakan tapi keharusan, bahkan emosional: lihat saja tanda seru dibelakang kata: Guru. Kata yang akan disuguhkan merupakan kumpulan dari blog/situs dengan cara googling dengan key word: kata mutiara untuk guru. Saya mencantumkannya hanya yang terpilih, dan menurut saya bagus. Bagus untuk saya sebagai seorang guru, dan bagus untuk bercermin diri….

Kata-kata bijak ini juga saya cetak dan ditempelkan di ruangan guru-guru muda pada berkumpul agar mereka, salahsatunya saya, menyadarinya, bahwa menjadi guru bukan hanya mulia, tapi amat menantang…..

Para pemilik blog tempat saya mengutip kata-kata indah ini, kalian harus memaafkan saya jika tidak mencantumkannya karena banyak kesamaan dan cukup banyak saya membaca kemudian memilahnya, sehingga tidak semua sumber saya cantumkan….namun, bila pembaca budiman ingin menelusurinya kembali, silahkan gunakan key word yang sama yaaa….

Selamat berfikir….

About Teacher

Tugas pendidik modern bukanlah menebang hutan, tetapi mengairi gurun (C.S. Lewis 1898-1963)

JIka anda percaya setiap hal yang and baca, lebih baik anda tidak usah membaca (pepatah Jepang)

Jangan mencoba untuk memperbaiki murid atau siswa kita, perbaiki diri kita sendiri terlebih dahulu. Guru yang baik membuat murid yang jahat menjadi baik dan menjadikan murid yang baik menjadi unggul. Ketika murid-murid kita gagal, berarti kita juga telah gagal menjadi seorang guru (Marva Collins)

Saya menyukai guru yang memberikan sesuatu kepada Anda untuk dibawa pulang dan untuk dipikirkan, selain pekerjaan rumah (Lily Tomlin)

Seorang guru yang berusaha mengajarkan tanpa menginspirasi muridnya dengan keinginan untuk belajar adalah seperti memalu besi dingin (Horace Mann)

Guru yang baik itu mahal, tapi guru yang buruk itu lebih mahal (Bob Talbert)

Tujuan seorang guru bukanlah menciptakan siswa-siswanya menurut pandangannya, tapi mengembangkan siswanya yang mampu menciptakan pandangan mereka sendiri (nn)

Guru paling baik mengajarkan dari hari, bukan dari buku (nn)

Untuk menemukan kehidupan rimba: Jadilah seorang guru! (nn)

Rata-rata guru menjelaskan kerumitan; guru yang berbakat mengajarkan kemudahan (Robert Brault)

Murid yang dipersenjatai dengan informasi Akan selalu memenangkan pertempuran (Meladee McCarty)

Menggandeng tangan, Membuka pikiran, Menyentuh hati, Membentuk masa depan, Seorang Guru berpengaruh selamanya, Dia tidak pernah tahu kapan pengaruhnya berakhir (Henry Adam)

Mengajar berarti belajar lagi (Oliver Wendell Holmes)

Guru biasa memberitahukan, Guru baik menjelaskan, Guru ulung memeragakan, Guru hebat mengilhami (William Arthur Ward)

Yang penting bukan bagaimana caramu hidup Tapi hidup siapa yang kamu ubah dengan hidupmu Seorang majikan bisa memberitahumu apa yang ia harapkan darimu Tapi seorang Guru membangkitkan pengharapanmu sendiri (Patricia Neal)

Tujuan mengajar adalah untuk membuat anak bisa maju tanpa Gurunya (Elbert Hubbard)

Mengajar bukan profesi. Mengajar adalah kegemaran Aku telah mencapai sebuah kesimpulan yang menakutkan bahwa aku adalah unsur penentu di dalam kelas. Pendekatan pribadikulah yang menciptakan iklimnya Suasana hatikulah yang membuat cuacanya. Sebagai seorang Guru, aku memiliki kekuatan yang sangat besar untuk membuat hidup seseorang menderita atau gembira. Aku bisa menjadi alat penyiksa atau pemberi ilham, bisa bercanda atau mempermalukan, melukai atau menyembuhkan. Dalam semua situasi, reaksikulah yang menentukan apakah sebuah krisis akan memuncak atau mereda dan apakah seseorang akan diperlakukan sebagai manusia atau direndahkan (Haim Ginott)

Aku seorang Guru, Guru adalah seorang pemimpin, Tidak ada keajaiban dalam pekerjaanku, Aku tidak berjalan di atas air, Aku tidak membelah lautan, Aku hanya mencintai anak-anak (Marva Collins)

Salah satu hal yang bisa dilakukan seorang Guru adalah mengirim pulang seorang murid di siang hari dalam keadaan menyukai diri mereka sedikit lebih daripada ketika ia datang di pagi hari (Ernest Melby)

Setiap murid bisa belajar, hanya saja tidak pada hari yang sama atau dengan cara yang sama (George Evans)

Teknologi hanya sebuah alat. Dalam hal membuat siswa bekerja sama dan menjadikan mereka termotivasi, gurulah yang paling utama (Bill Gates)

Guru yang baik tidak pernah bilang muridnya bodoh, tapi guru yang baik selalu bilang, Muridku belum bisa (nn)
Rahasia pendidikan adalah menghormati sang murid (Ralph Waldo Emerson)

Sumber 1, sumber 2, sumber 3

About these ads

2 thoughts on “Kata-kata Bijak untuk Bercermin Diri Wahai Guru !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s