Cetak Hasil Unduh (Download) Raport

Kemarin senang rasanya, walaupun “diskualifikasi” group tidak ada kabar, kami dapat memanen jerih payah sekitar 6 bulan belakangan. Setelah sholat Iedul Adha, aku dan teman TIK, mencari Warnet sampai ke sekitar Depok, Jawa Barat.

Tidak kurang 2 jam berlangsung, kami dapat melihat kinerja hasil entry skor-nilai melalui mesin SAS. Hari ini, setelah rapat, Tim mulai mencetak raport kedalam bentuk kertas di laboratorium komputer. Kami tidak ingin seperti orang bodoh yang disinyalemen oleh filsuf Yunani, katanya “keledaipun tidak akan jatuh tersandung pada batu yang sama untuk kedua kalinya”. Dengan dasar itulah, maka sebelum diprint, kami menyeting susunan kertas agar semua tampilan dapat terlihat jelas (baca: tidak terpotong, khususnya tulisan pada margin bawah.

Caranya, buka file raport siswa (ms word). Lalu klik file, pada page setup klik paper. Pilihlah paper size dengan ukuran W: 8,5 dan H: 13 Inch (setting di printer and faxes). Di bagian bawah kiri, klik apply to whole document. Ok. Muncul dua pilihan, pilihlah ignore. Selanjutnya, kembali ke file, klik print out. Isilah page range, pages:…tepat di kanan bawah, zoom scale to paper size: A4. Ok. Lihat hasilnya, semua tampilan tercetak.

Semester lalu, teman-teman SAS ada yang tidak menemukan solusinya, terutama karena waktu yang mendesak, sehingga raport yang tercetak khususnya tulisan pada bagian bawah, jadinya tidak tertampil. Namun, mulai semester ini, tidak terulang lagi. Thanks my fren.

2 thoughts on “Cetak Hasil Unduh (Download) Raport

  1. Bung, sepertinya Fakultas-fakultas pendidikan / CAGUR (calon Guru) sekarang butuh sebuah materi kuliah baru, namanya SAS Online. Supaya guru-guru tidak kaget ketika menghadapi SAS… Setuju tidak?
    ——————–
    Setuju, tetapi dengan syarat dan pengkajian yang matang agar tidak terkesan “trial and error”. Misalnya, SAS Pra-Online kalau dijadikan mata kuliah harus dengan pengkajian yang tepat. Saya kira, apakah status SAS di DKI selaras dengan semangat desentralisasi/otonomi pendidikan??, apakah urgensinya terhadap kompetensi guru bilamana SAS POL dimasukkan ke dalam mata kuliah, sedangkan pengoperasian SAS terhitng mudah??.

    Butuh pengkajian, bung…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s