Wikipedia Dibanjiri Email Keberatan Kaum Muslim

Selasa 12 Feb, 08:16 AM

Lebih dari 90.000 orang meminta Wikipedia, ensiklopedia gratis multibahasa terbesar di internet, untuk mencabut gambar Nabi Muhammad SAW.

“Kami, umat Islam, menghargai semua aga-ma dan mengharapkan penghargaan yang sama dari semuanya. Kami juga menginginkan penghapusan gambar nabi kami dari Wikipedia,” kata Nayyar Iqbal dari Pakistan.

Petisi itu diposkan di situs www.petitionsite.com, yang dibentuk pada 4 Desember lalu oleh Faraz Ahmad dari Inggris. Banyak dari mereka yang hanya menuliskan nama dan negara. Meski ada pula yang menambahkan komentarnya sendiri. Yang jelas, mereka semua mendesak agar Wikipedia mencabut foto-foto itu.

Beberapa gambar yang diambil dari abad ke-12 memang hanyalah ilustrasi meski cenderung menyakitkan. Salah satu ilustrasi menggambarkan Nabi Muhammad SAW sebagai idola untuk orang Islam yang sedang salat dan menginginkan bantuan dalam peperangan. Lainnya menggambarkan nabi Muhammad SAW sebagai rahib dan kardinal.

Wikipedia Foundation yang berbasis di San Francisco dibanjiri ribuan email yang mendesak badan itu untuk mencabut gambar Nabi Muhammad SAW.

“Kami perhatikan banyak ungkapan senada yang terungkap dari surat elektronik yang masuk sejak pertengahan Januari,” ujar Jay Walsh, jubir untuk Wikipedia Foundation. Wikipedia mempertimbangkan keluhan itu, namun menolak kompromi yang memungkinkan pengunjung untuk memilih apakah akan melihat halamannya dengan gambar atau tidak.

Sumber: http://www.arrahmah.com/news/detail/wikipedia-dibanjiri-email-keberatan-kaum-muslim/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s