Helloween Live in Jakarta, Feb 22, 2008

Gegap gempita ingin nonton konser Helloween menggelora sejak awal Pebruari ini. Internet adalah sumber pengetahuanku. Aku dan temen guru semeja, Andhika Restu, sepakat untuk nonton perhelatan metal untuk kedua kalinya Band asal Jerman itu ke Jakarta. Kita cukup banyak memiliki kesamaan musik, yaitu rock dan metal. Band yang sealiran adalah Guns n’ Roses, Metallica, Iron Maiden, Helloween, Skid Row, dan banyak band lainnya yang notabenenya adalah band tahun ’80 dan 90’an.

Kita beli tiket di Aquarius Mahakam dengan bangku tribun. Tiketnya seperti berikut (tampak depan dan belakang):

 

tiket-depan.jpg

 

tiket-belakang.jpg


Sekitar pukul 18.00, kami sudah mengantri untuk pemeriksaan tiket yang sampai 2 kali. Saat masuk Tennis Out Door, cuaca mulai gerimis, mendung, menjelang petang. Antusiasnya kami, menghantarkan untuk duduk pada bagian depan tribun sebelah kanan kontrol sound (pada gambar: sebelah kiri -seperti- gawang). Kurang lebih 200 m dari panggung, akau tidak pernah meneyempatkan waktu untuk berkedip.

 

dsc00211.jpg

Tepat pukul 19.00 WIB, opening act yang sediakala adalah Burger Kill, diganti dengan band lainnya. Pertama adalah Rock Symphony dari Solo. Alirannya persis Helloween, bahkan karakter vokalnya. Namun aksi dan kostumnya, maaf, kampungan-kaya anak dangdut. Asiiknya, band ini melemparkan sebuah gitar ke penonton serta kaos yang dikenakannya. Berselang 30 menit kemudian, band bertitel March mengenapkan band pewmbuka hingga sejam. Gaya musiknya keras seperti My Chemical Romance yang mulai booming pasca tahun 2000, tapi penonton tidak ada yang bergeming. Maklumlah, sekitar 2000 penontonnya rata-rata bermutu (bermuka tua), dan kupingnya lebih familiar dengan musik ’80-an, yah paling jauh akhir ’90-an. Band pembuka ke-3 adalah Straighout. Band ini juga tidak jauh berbeda dengan yang kedua (kurang enak didengernya, walaupun mainnya bersih).

MC yang terdengar seperti bukan anak Metal, cemen, ternyata -menurut penuturannya- jam terbangnya banyak banget. Logat Jawa sangat kental, seperti ucapannya saat memberikan kesempatan kru Helloween mensetting alat..katanya: kita biarkan “londo”…, dan sembari menunggu nikmati band “marduk”..mari duduk….keinginannya, mungkin dari Solucite, agar konser ini melebihi San Paulo, menyemangati para penonton. Jago juga memprovokatorinya, dan dalam situsnya (lihat alamat sumber foto) ia mengakui konser kali ini terbilang wah, samapi-sampai ia terharu….

Pencahayaan yang menarik, menghasilkan tepuk tangan riuh dan teriakan Helloween, selayaknya lagu Helloween…dan sekitar pukul 21.00, konser bertajuk Hellish Rock ’07-’08, dibuka dengan lagu Helloween. Sontak, ribuan penonton berteriak, dan berjingkrak…mantafff, opening yang tepat.

Lagu2 lainnya seperti 7 Hell, Future World, Dr. Stein, yang biasa dinyayikan disetiap konsernya juga dikumandangkan. Tak lupa lagu kebagsaan mereka: Eagle Fly Free. Konser selesai sekitar Pukul 23.30-an. Pulang, jalanan sepi, saking sepinya motor kutancap sekencang mungkin, dan lubang yang mengangga sebabkan motorku sedikit oleng. Syukurnya, sampai juga pulang ke rumah….

 

dsc001951.jpg

 

dsc00205.jpg

Sumber foto: http://www.hollywoodharp.com/konser-helloween-di-jakarta-aman-lancar-heboh/

4 thoughts on “Helloween Live in Jakarta, Feb 22, 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s