Indonesia Abstain Nuklir Iran

….setelah terlelap tidur di bangku temen sekitar 20-an menit, koran kemarin menjadi penyegarku. Ini tentang posisi Indonesia dalam penentuan sangksi baru kepada Iran. Tahun 2006 dan 2007, PBB mengeluarkan sangksi karena yakini malakukan kegiatan pengayaan uranium. Amerika (USA) sangat khawatir, karena negara Paman Sam mendapat saingan baru (baca: kekuatan baru sebagai saingannya), maka Iran dituduh akan membuat senjata pemusnah massal dari Nuklir. Sangksi tahun tersebut, Indonesia menyetujuinya.

Kini, tahun 2008, Indonesia memilih untuk abstein. Indonesia adalah salah satu negara dalam keanggotaan DK PBB yang memilih hak tersebut. Sebelumnya, Libya, Vietnam, dan Amerika Selatan keberatan, namun loby negara Barat telah memuluskannya. Dan, Sangksi keluar.  Sangksi baru ini merupakan usul dari Inggris dan Prancis yang sangat didukung oleh Amerika.

Sangksi terkait antara lain, menyebutkan tentang pembekuan aset negara Iran, serta larangan dan pembatasan  bepergian bagi sejumlah pejabat Iran. Selain itu, pemantauan keuangan serta pemeriksaan ketat barang di pesawat dan kapal.

Apalagi ya, sangksi yang akan dikeluarkan oleh penguasa seperti Barat?!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s