SBY: Ke Iran Bukan Berarti Tantang AS

Rabu, 12 Maret 2008 – 14:23 wib

  

TEHERAN – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai tidak ada risiko yang harus dihadapi Indonesia terkait putusannya melakukan lawatan ke Iran. Hal itu diungkapkan Kepala Negara terkait keluarnya Resolusi Dewan Keamanan (DK) PBB No 1803 mengenai penguatan sanksi atas program nuklir Iran.”Ini bukan era perang dingin di mana ada blok-blok tertentu,” tutur Presiden SBY kepada wartawan Indonesia dalam sesi jumpa pers di Istana Saad Abad, Teheran. Dia menjelaskan, saat ini merupakan era bebas sehingga Indonesia sebagai negara berdaulat pun dapat dengan bebas menjalankan politik luar negerinya yang bebas aktif.

“Kalau saya mengunjungi Iran, bukan berarti menabuh genderang perang dengan AS.
Demikian juga jika saya melakukan kunjungan ke AS atau sebaliknya,” paparnya. Menurut SBY, ketika dua negara bersahabat baik maka wajar jika ada perbedaan pendapat. Kerja sama itu juga tidak boleh putus garagara berbeda pendapat. Karena itulah, diungkapkan Presiden SBY, Indonesia tidak perlu waswas dengan adanya lawatan ke Iran itu. “Kami menjalin kerja sama dengan berbagai pihak,” ujarnya.Presiden menambahkan, Indonesia tidak memosisikan diri sebagai anggota suatu pakta tertentu. Untuk diketahui, DK PBB telah mengesahkan resolusi yang memperberat sanksi untuk Iran dalam masalah program pengayaan uranium dan pembangunan reaktor nuklir di negara itu.

Setelah mengunjungi Iran, Presiden SBY dijadwalkan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Organisasi Konferensi Islam (KTT OKI) di Senegal mulai Rabu 12 Maret hingga Sabtu 15 Maret mendatang. (sindo//sjn)

Sumber : http://international.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/03/12/18/91046/sby-ke-iran-bukan-berarti-tantang-as

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s