Dukung Slank!!!

…Sejak dulu, kenapa saya suka SLANK karena band ini kritis terhadap realitas yang seringkali timpang, menindas, dan keadaan tidak menyenangkan lainnya…sekarang band asal Potlot ini sedang dirundung masalah karena liriknya telah “menyentil” para birokrat di atas sana, wakil rakyat….lucunya wakil rakyat tersebut memprotes lagu Slank yang terbit tahun 2004, lucu dan seperti lagu “Ketinggalan Jaman”…berikut beritanya….

DPR Beraninya cuma sama SLANK…

Selasa, 8 April 2008 | 06:35 WIB
Di tengah banyaknya persoalan bangsa dan negara, para wakil rakyat kita di Senayan sana rupanya sedang gerah. Bukan karena banyaknya masalah korupsi yang belum bisa ditangani atau rakyat di Sidoarjo yang makin sengsara, tapi karena lirik lagu band legendaris SLANK yang dinilai menghina mereka.

Lirik lagu Gosip Jalanan yang dianggap menghina itu adalah “DPR tukang buat UU dan korupsi”. “Bunyi liriknya ‘DPR tukang buat UU dan korupsi’. Itu akan ditindaklanjuti lewat Bamus. Ini grup komersial, bukan LSM. Kalau menjual memojokkan seseorang itu ada hukumnya. Seluruh bangsa di negara ini, kehormatannya ada di gedung ini. Ini rumah rakyat,” kata Wakil Ketua Badan Kehomatan (BK) DPR Gayus Lumbuun menerangkan alasan rencana gugatan tersebut.

Pantas atau pentingkah DPR menggugat? Bagi sebagian anggota Dewan mungkin saja penting, tapi apakah itu penting buat rakyat yang diwakilinya? Penting atau tidak, yang pasti rencana gugatan ini mendapat reaksi dari masyarakat. Mungkin ada yang mendukung, mungkin ada juga mencemooh. Yang mendukung mungkin karena kehormatannya ikut terusik, yang mencemooh mungkin menganggap DPR kurang kerjaan.

Bukankah DPR sekarang ini menjadi lembaga yang sangat super? Bisa membuat UU, memutuskan Gubernur BI, Panglima TNI, Kapolri, duta besar, hakim sampai kepada anggota KPU. DPR bisa mengawasi pemerintah, tapi tak ada lembaga formal yang mengawasi DPR. Lantas siapa yang mengawasi DPR? Seluruh rakyat Indonesia mulai dari mahasiswa, LSM, tokoh agama, seniman, semuanya yang peduli dengan para wakil rakyat ini.

Kalau dicerna dengan pikiran positif, lirik yang dtulis SLANK itu mungkin saja sebagai bagian dari pengawasan bagi anggota Dewan agar hati-hati dalam membuat UU dan lebih aktif mengawasi pemberantasan korupsi yang dilakukan pemerintah. Kalau DPR memang bukan tukang korupsi tentu tidak akan gerah dengan lirik tersebut, anggap saja sebagai pemacu untuk meningkatkan kinerja.

Kompas.com menerima email dan komentar terhadap rencana DPR menggugat SLANK. Sebagian besar tidak setuju dengan sikap DPR, salah satunya ada yang berkomentar “DPR beraninya cuma sama SLANK, kalau berani gugat dong PT LAPINDO yang sudah bikin rakyat di Sidoarjo sengsara…”

Komentar ini pasti akan terus bertambah jika persoalan antara DPR dengan SLANK ini tidak dapat diselesaikan dengan cepat.

(ROY)

Sumber: http://kompas.co.id/index.php/read/xml/2008/04/08/06351161/dpr.beraninya.cuma.sama.slank…

3 thoughts on “Dukung Slank!!!

  1. emang yang boleh kritik cuma LSM aja ya?

    mau jadi apa negara ini?
    —————————————-
    mo’ jadi…negara panggung sandiwara kalee’…atau negara teater, atau negara antikritik?…payah yaaa…..padahal itu lagu dah 4 tahun lalu,…”Emang Kemaren Ke Mana Aja Bang????”….

  2. Kerjaan yang lain (ngurus negara) mungkin terlalu njlimet kale, jadi ngurusi yang beginian mungkin lebih mudah….wekekekek…..Ga’ usah panas ga’ usah kebakar…tar jenggotnya hangus lho…
    ———————————————
    kok bisa ya, orang gampang marah kalau dikritik jadi anggota DPR???….

  3. Lagu-lagu SLANK mirip seperti Lagunya Bang IWAN FALS, Anggota DPR juga pnya lagu juga, judulnya SETUJU, inti dari lagunya ya setiap rapat dan ditanya, cuma bilang setuju aja, walaupun anggotanya ada yang tidur, tetap aja setuju, hehehe….. just kidding aLL
    ———————-
    Saya kira boleh jadi itu benar, dan kalau mau jujur, sekarang banyak siaran televisi yang menayangkan seperti yang disinggung oleh Slank dan Iwan Fals…dukunglah, apabila musisi menjadi kontrol sosial….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s