Pendekar Ilmu…Rest in Peace….

….umur memang rahasia Yang Maha Esa, begitupula siapa yang akan “pergi” selanjutnya…setelah Koentjaraningrat, Selo Soemardjan, Koentowijoyo, dan Sartono Kartodirjo, kini pendekar Ilmu yang bukunya pernah ku pakai dalam kuliah, telah tiada…

Pakar Metodologi Riset Prof. Sutrisno Hadi, Telah Tiada

Prof. Drs. Sutrisno Hadi Notowidagdo, MA, yang dikenal dengan buku-bukunya Ilmu Statistika dan Metodologi Riset, Minggu 6 April 2008 pukul 11.15 meninggal dunia, karena sakit yang dideritanya. Almarhum meninggal dunia dalam usia 77 tahun di Rumah Sakit Dr. Sardjito Yogyakarta, tempat dirinya dirawat.

Prof. Sutrisno Hadi merupakan Guru Besar Fakultas Psikologi UGM. Almarhum meninggalkan istri, Ny. Umijati dan empat orang anak Dra. Emmy Pamardiyati, Drs. Seno Pamardiyanto, Ir. Rizon Pamardhi Utomo, M.Sc dan drg. Yuni Pamardiningsih.

Jenazah almarhum dimakamkan pada hari Senin, tanggal 7 April 2008, pukul 12.00 di makam keluarga UGM Sawitsari. Setelah sebelumnya, disemayamkan di Balairung UGM untuk mendapat penghormatan terakhir dari keluarga besar Universitas Gadjah Mada.

Kepergian almarhum Prof. Sutrisno Hadi meninggalkan duka mendalam bagi banyak pihak. Bangsa dan negara, juga Keluarga Besar UGM merasa kehilangan seorang putra terbaiknya. Ungkapan belasungkawa pun mengalir dari para pimpinan universitas, fakultas, kolega, teman sejawat, dosen, karyawan dan mahasiswa UGM.

Bagi Rektor UGM, Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng., Ph.D, almarhum Prof. Sutrisno Hadi adalah sosok intelektual yang telah banyak berjasa, bukan hanya untuk Universitas Gadjah Mada, namun juga bagi bangsa Indonesia. “Sepanjang karier intelektualnya, almarhum telah menghasilkan banyak karya, yang tidak hanya bermanfaat bagi pengembangan ilmu psikologi, namun sangat mencerahkan khalayak ramai,” ucap Rektor, Senin (7/4) di Balairung saat upacara pelepasan jenazah.

Disebutkannya, beberapa karya almarhum antara lain Ilmu Statistika, Metodologi Riset, Psikologi Klinis, Psikologi Industri dan berbagai tes psikologi. Demikian pula karya software berupa Program SPS-2000 atau Seri Program Statistik versi 2000 untuk Ilmu-ilmu Sosial, telah mewarnai perkembangan ilmu pengetahuan di tanah air.

“Integritas intelektual almarhum pulalah yang telah mengantarkan almarhum menjadi penerima penghargaan Eisenhower Fellowship Award pada tahun 1972,” lanjut Rektor.

Menurut Pak Djarwadi, pengabdian almarhum sangat patut dibanggakan. Disamping sebagai salah seorang pendiri Fakultas Psikologi, almarhum Prof. Sutrisno Hadi pernah memimpin IKIP Yogyakarta sebagai Rektor dan Dekan Fakultas Psikologi Universitas Negeri Sebelas Maret serta melakukan bimbingan dan telah meluluskan 98 orang doktor.

“integritas keilmuan dan dedikasi almarhum, saya yakin tentu menghadirkan rasa syukur pada Ibu Umijati Sutrisno, keempat putra-putri, para cucu, serta segenap keluarga besar almarhum. Semoga sumbangsih, keteladanan dan keluhuran budi almarhum dapat menjadi contoh yang terwariskan pada generasi penerusnya, sehingga perkembangan keilmuan beliau menjadi berkelanjutan,” tandas Prof. Djarwadi.

Almarhum Prof. Sutrisno Hadi, lahir di Babat Lamongan, 17 Juli 1930. Menyelesaikan Sarjana Pedagogik UGM tahun 1958 dan S2 (MA) tahun 1959 Bidang Ilmu Psikologi dari Arizona State University USA.

Banyak karier penting pernah dijabatnya, diantaranya staf ahli Menteri Pendidikan & Kebudayaan (1968-1972), anggota MPRS, Fraksi Karya Pembangunan tahun 1967-1972 serta Ketua Tim Pengembangan Penelitian DP3M Departemen Pendidikan dan kebudayaan tahun 1976-1981. (Humas UGM) (Sumber: http://www.ugm.ac.id/index.php?page=rilis&artikel=1284)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s