Fakta Menuju KTSP dan Guru Profesional

KTSP dan Guru Profesional merupakan tujuan yang terbilang ideal, dan dapat dicapai. Namun demikian, harapan tersebut rasanya belum dapat dilihat dengan jelas di DKI Jakarta, antara lain pada proses pembelajaran sejarah di tingkat SMA. Berikut adalah faktanya, yang dengan secara sadar bukanlah representasi dari wilayah Ibu Kota Republik ini. Fakta terkait ialah.

  1. Pemahaman guru sejarah yang kurang mendalam terhadap perubahan pada kurikulum
  2. Proses pembelajaran yang dilakukan cenderung menggunakan metode klasikal
  3. Analisis psikologis siswa yang beragam tidak diutamakan
  4. Masih berorientasi kepada subjek matter
  5. Format pembuatan rencana pembelajaran diseragamkan
  6. Pembuatan soal tidak mengikuti kaidah-kaidah yang berlaku
  7. Penilaian kepada siswa tidak mengikuti kaidah-kaidah yang berlaku
  8. Penyesuaian penilaian yang tidak tepat antara yang dilakukan guru dengan portal SAS-Online

Tetaplah semangat wahai guru!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s