POLISI sengaja TABRAK MAHASISWA, dan Demo Brutal

(Pic tersebut adalah ungkapan sebuah posting dalam salah satu situs, yang mengumbarkan kekesalannya terhadap polisi, khususnya pada demo kemarin selasa….)

(kebrutalan yang diyakini dilakukan oleh mahasiswa (bawah))

Beberapa hari yang lalu, polisi sudah berhasil membunuh mahasiswa, dan kini usaha tersebut diwujudkan kembali, sayangnya kalai ini polisi tidak berhasil membunuhnya. Saya merasa geram dengan tindakan polisi, begitupula dengan mahasiswa yang demonstrasi kemarin siang.

Semalam saya melihat bebarapa tontonan di televisi tentang demonstrasi selasa siang yang masih menuntut pembatalan kenaikan BBM dan aksi solidaritas kawan mahasiswa UNAS yang meninggal dunia. Beberapa mahasiswa bertindak anarkis, sepertinya sulit masuk akal mahasiwa yang nota benenya sebagai kalangan intelektual berprilaku demikian. Sulit memang menarik garis yang jelas antar kecewa dengan marah.

Seperti biasa, kalau ada mahasiswa demo dengan brutal, polisi menyebutnya: “demo mahasiswa ditunggangi”.Dan, biasaya dengan cepat menciduk mahasiswa yang dianggap sebagai profokator, tapi sulit menangkap orang semisal “manusia pemegang pistol pada rusuh 1 Juni” (selasa, dah ketangkep tuh bos?lama, kalee’), dan juga rasanya sulit pula menangkap polisi yang menabrak mahasiswa. di Kaskus, celaan terhadap polisi benar-benar “luar biasa”, dan memang tindakan polisi “tabrak lari” juga “luar biasa”.

Berikut beritanya (poster juga ngutip dari detik.com dan liat di Trans TV), tapi sebelumnya ada sedikit pesen yang agak berimbang: (polisi yang nabrak = 100% SALAH (kalo sengaja, dan tampaknya sengaja)-mahasiswa yang ngebakar mobil= 100% SALAH (kalo sengaja, dan tampaknya sengaja).

[HOT] mobil polisi sengaja menabrak demonstran (terekam kamera TRANS TV)

halo kaskuser semua.

tadi sore saya nonton berita trans TV tentang demo mahasiswa di gedung MPR RI jakarta, awalnya saya tidak memperhatikan berita tersebut dengan sungguh2.

tapi akhirnya perhatian saya jadi terfokus ke layar TV saat mendengar ada berita sebuah mobil patroli polisi dengan sengaja menabrak seorang demonstran, hingga demonstran tersebut terpental. Dan ternyata benar, kejadian tersebut tertangkap kamera dan ditayangan di berita tersebut dengan slow motion.

rekaman kejadian yang hanya berdurasi beberapa detik tersebut menggambarkan kronologis kejadian tersebut dengan sangat jelas.

saya coba gambarkan kejadiannya sebagai berikut:

di tepi jalan raya, ada banyak kerumunan orang, termasuk beberapa sepeda motor yang berhenti (mungkin menonton demonstrasi).

kemudian ada satu demonstran di tepi jalan itu, yg bergerak agak ke tengah, entah apa maksud dia bergerak ke tengah, yang jelas dia masih dekat dengan pinggiran jalan (belum terlalu ke tengah)

tiba2 saja tambah sebuah mobil patroli polisi yang tampak jelas sengaja membelok ke kiri (ke pinggir jalan untuk menabrak demonstran tersebut, hingga terpental ke tepian jalan. mobil patroli polisi tersebut langsung banting setir ke tengah jalan lagi dan melarikan diri.

demonstran yg ditabrak, terpental ke tepi jalan hingga menimpa sepeda motor yang sedang parkir di tepi jalan. jarak terpental nya korban tersebut kira2 adalah lebih lebar dari lebar dua buah mobil MPV misalnya kijang.

korban dikabarkan mengalami luka parah, dan dilarikan ke rumah sakit oleh rekan2 sesama demonstran.

mobil polisi tersebut langsung tancap gas melarikan diri, massa yang ada di tepi jalan berusaha menghalau dengan melempari batu tapi tetap tidak berhasil memberhentikan mobil polisi tersebut.

rekaman yang ditayangkan TRANS TV tersebut dalam posisi slow motion, kejadian nyata nya tampaknya sangat cepat, terbukti dari jarak terpentalnya korban yang sangat jauh, dan kecepatan mobil polisi saat melarikan diri masih tampak cukup kencang dalam tayangan slow motion tersebut.

data2 mobil polisi

berikut adalah data2 mengenai mobil polisi yang menabrak demonstran tersebut (dari pengamatan saya terhadap rekaman tersebut, mohon maaf kalo salah liat/salah tulis, semoga kapan2 berita ini ditayang lagi di TV biar kaskuser semua bisa ikut nonton)

1. tampak jelas mobil polisi nya memiliki nomor 3024 di kaca belakang mobil nya

2. mobil patroli ini warnanya abu2 dengan ornamen garis2 kuning (entah warna mobil patroli abu2 ini dari satuan apa, setau saya sih kalo warna dasar nya putih itu satlantas).

3. jenis mobil MPV , kebanyakan mobil patroli polisi yg warna abu2 adalah mitsubishi kuda , tapi dari tayangan tersebut tampaknya bukan mitsubishi kuda tapi kemungkinan adalah KIA carens (saya pernah lihat beberapa mobil patroli memang ada yg pake KIA carens, tapi saya kurang hafal bentul lampu belakangnya jadi waktu lihat tayangan itu tidak bisa menyimpulkan dengan pasti)

——————————————–

akankah kejadian ini diusut tuntas?

ataukah si korban hanya akan menjadi korban?

padahal kejadiannya sudah tampak jelas terrekam kamera dan tayang di TV

mari kita selamatkan bangsa ini dari kesewenang2an aparat….

(Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=928300)

Berita terkait:

Ada yang barusan liat trans TV ngga? di reportase ada rekaman
POLISI di tengah jalan raya sengaja ambil jalur ke kiri dan MENABRAK Mahasiswa yang demo sampai TERPENTAL ke pinggir jalan….

Setelah itu dengan tidak terhormat Mobil POLISI pindah jalur ke kanan dan melarikan diri………. menghindari massa yang kaget dan melempar dan mengejar mobil polisi itu..

APA JADINYA NEGARA KALAU POLISI BANGSAT PELAKU TABRAK LARI !!!!!!!!!

http://www.detiknews.com/indexfr.php…633/idkanal/10

Ditabrak Mobil Polisi, Arfi Belum Sadarkan Diri
Moksa Hutasoit – detikcom

Jakarta – Mahasiswa yang tertabrak mobil polisi, masih terbaring di RS Jakarta. Arfi (23) mahasiwa IAIN Jambi ini ditabrak mobil polisi saat berdemo di depan gedung DPR.

Pantauan detikcom di IGD RS Jakarta, Jalan Sudirman, Jakarta, Selasa (24/6/2008) pukul 17.30 WIB, Arfi tampak terbaring lemah dengan infus di lengan kirinya. Namun tidak ada setetes pun darah yang nampak.

Arfi yang mengenakan baju coklat dan berambut keriting ini masih dirawat secara intensif di IGD RS Jakarta.

http://www.detiknews.com/indexfr.php…650/idkanal/10

24/06/2008 18:01 WIB
Ditabrak Mobil Polisi, Arfi Terlempar 3 Meter
Moksa Hutasoit – detikcom

Jakarta – Mahasiswa IAIN Jambi tertabrak mobil polisi di depan Gedung DPR. Arfi (23) terlempar hingga tiga meter saat mobil patroli polisi itu menabraknya.

Arfi tertabrak sekitar pukul 16.15 WIB di seberang gedung DPR. Saat itu sebuah mobil patroli polisi KIA Carens melintas di Jalan Gatot Subroto arah Cawang, Selasa (24/6/2008).

Tepat di bawah jembatan penyeberangan DPR, Mobil polisi itu sempat tertahan mahasiswa yang memblokade jalan. “Polisi pembunuh…polisi pembunuh,” teriak para mahasiswa sambil memukuli mobil polisi tersebut dengan kayu.

Demikian diceritakan saksi mata Reza di UGD RS Jakarta, Jl Sudirman, Jakarta, pukul 17.30 WIB.

Namun aksi itu dicegah dua orang mahasiswa. “Sudah…sudah biarkan lewat,” ujar dua mahasiswa itu pada rekan-rekannya. Mobil itu pun akhirnya dapat melintas.

Lolos dari hadangan mahasiswa polisi itu langsung tancap gas. Saat itulah Arfi yang berada di jalur cepat tertabrak mobil patroli tersebut. Arfi sempat terlempar setinggi 3 meter ke udara.

“Tadi terlempar setinggi tiga meter,” ujar Reza.

Mata Berdarah, Mahasiswa Korban Demo Dilarikan ke RS Jakarta
Moksa Hutasoit – detikcom

Asap membumbung (Ari S/detikcom)

Jakarta – Satu lagi korban demo di Gedung DPR dibawa ke RS. Arif, mahasiswa asal Jambi, dilarikan ke RS Jakarta akibat darah terus mengalir di matanya.

Menurut teman Arif yang tidak mau disebutkan identitasnya, mata Arif terus mengucurkan darah lantaran terkena fiber glass saat polisi menyemprotkan air dari water cannon di depan Gedung DPR.

“Sebelum dibawa ke sini, darah terus mengalir dari mata Arif. Untungnya tadi ada ambulans, jadi dibersihkan lebih dahulu,” ujar teman Arif di RS Jakarta, Jl Sudirman, Jakarta, Selasa (24/6/2008).

Arif tiba di RS Jakarta sekitar pukul 17.45 WIB. Ia diantarkan oleh seorang temannya. Matanya tampak lebam dan memerah.

Selain Arif, mahasiswa Jambi yang dirawat di RS yang terletak di samping Unika Atma Jaya ini adalah Arfi. Arfi ditabrak mobil polisi dan terpental 3 meter di depan gedung DPR. ( anw / nrl )

Usai menabrak, polisi tersebut tetap tancap gas. Para mahasiswa pun membawa Arfi ke RS Jakarta.

(Sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=928127)

4 thoughts on “POLISI sengaja TABRAK MAHASISWA, dan Demo Brutal

  1. Ya….,sama2 salah lah..
    tapi yang saya kecewa itu mahasiswa…,katanya mereka kaum intelek,masa mesti sampe bikin macet,bikin orang ketakutan,bakar mobil,piye to mas???
    kekerasan dilawan kekerasan tidak akan menyelesaikan masalh…,malah akan menambah masalah baru..
    peace!!!!!!!!!!!!
    ————————
    kekerasan itu salahsatu cara untuk memperoleh tujuan, jujur, sejarah telah menuliskannya, sejarah telah merekam, dan banyak pemimpin, baik itu yang tergolong pemimpin baik atau tidak baik, telah melakukannya….

    kekerasan itu menjadi sebuah “kekerasan yang terlarang” bergantung dari sisi mana anda melihat, serta latar belakang historis pembentukan kepribadian anda, plus motif politik. Kita adalah manusia yang memiliki emosi, jangan jadikan manusia seperti robot. Manusia selalu subyektif, karena manusia memiliki perasaan dan kecenderungan berpihak kepada sesuatu yang diyakini kebenarannya, kebesarannya, melindunginya, dan nyaman. Dan, seringkalai ingin dibilang objektif, manusia mencoba melihat dari berbagai sisi, bahkan dari yang tidak ia sukai.

    Seiring dengan kekerasan yang terjadi, banyak politikus berbicara menyayangkan kekerasan selalu melekat di setiap aksi demonstrasi, hal ini dapat dimaklumi (lumrah) karena mereka adalah contoh bagi orang lain, tapi itu akan berbeda apabila sudah sampai ke akar rumput sekaligus mahasiswa. Hal tersebut tidak mudah, dan jangan disederhanakan, karena masalahnya kompleks. Artinya, berpikirlah lebih mendalam. Selamat berpikir…

  2. Wah, saya juga lihat tuh di trans tv, EDAN!!
    ————————
    semoga keedanan ini jangan ditambah lagi dengan tidak diusut dan dipenjarakan si polisi tersebut….

  3. yang salah duluan siapa?
    mahasiswa apa polisi?

    brrrrr..

    ditabrak sampai 3 meter

    ngeri sangat.
    ————
    ??????

  4. Loe pikir dgn loe demo kami senang..masyarakat g ngaruh dan g merasa berhutang kpd kalian!
    ——————–
    Selamat!!, anda masuk “Klub Emosional Irrasional”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s