Pameran Buku Jakarta Tahun 2008 Istora Bung Karno

Salah satu even yang aku tunggu-tunggu setiap tahunnya adalah pameran buku. Pameran buku seperti sekarang ini digelar di Jakarta sebanyak 3 kali dalam setahun, yang berkisar diantara bulan-bulan berikut ini.

  1. Maret-April adalah Islamic Book Fair yang berlokasi di Istora Bung Karno
  2. Juni-Juli adalah Pameran Buku Jakarta yang berlokasi di Istora Bung Karno
  3. Desember-Januari adalah Indonesia Book Fair yang berlokasi di JCC


Berdasarkan yang pernah aku lakukan, setidaknya sejak tahun 2004, ketiga even tersebut memiliki karakteristik. Untuk yang pertama, adalah yang cukup besar, baik itu stan bukunya, maupun pengunjungnya. Kedua, seiring dengan ultah Jakarta, jadi evennya sangat meriah, dan inilah yang paling terbesar. Ketiga, bertempat tidak seperti even kedua tersebut, dan even akhir tahun inilah yang tergolong tersdikit, serta kurang banyak pengunjungnya. Bisa subyektif, bisa tidak…..

Setelah seminggu lalu mengetahuinya dari seorang teman, baru hari rabu, 2 juli 2008, aku menyempatkan untuk hunting buku-buku. Perasaan senang terus meliputi diriku, sejak melangkah ke luar dari rumah, sampai kembali ke rumah. Nikmattt…..

Hunting buku, terlebih pilihan yang teramat banyak, membutuhkan beberapa teknik agar yang diperolehnya tidak sia-sia. Hal demikian mengingat, buku yang dijual dalam even tahunan ini, tidak seluruhnya baru dalam kondisi yang fit, akan tetapi banyak variannya, seperti buku yang sudah lama dengan warna menguning, baru namun cacat karena halaman tertentu terbalik, tidak tercetak, dan atau buram, adalagi buku yang pengelemannya tidak rekat boleh jadi karena sudah menua atau prosesnya yang tidak sempurna. Dengan demikian terdapat beberapa trik dalam memilih buku dalam even tahunan ini, sebagai berikut

  1. belilah buku yang sesuai dengan bidang ilmu, minat, dan berkaitan dengan pekerjaan yang anda geluti
  2. pilihlah buku, baik itu lama atau baru, dengan melihat rekat atau tidaknya pengelemannya, karena ini penting sebagai daya tahan
  3. buka dengan hati-hati di setiap lembaran halamannya, perhatikan apakah ada halaman yang tidak sempurna atau tidak

saya sudah membeli buku dalam even book fair/pameran buku sebanyak  hampir  100 judul dalam 4 tahun belakangan ini. semoga cukup berguna bagi para hunter buku-buku lama dan baru di senayan ini. Bye….

One thought on “Pameran Buku Jakarta Tahun 2008 Istora Bung Karno

  1. Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.
    Bapak/Ibu,saya pingin tanya neh…..apa ada yg tahu dimana saya mendapatkan Hadits-Hadits Besar,seperti Shohih Bukhory,Muslim,Nasai,Abi Dawud & Ibnu Majah dg harga yg cukup terjangkau,krn saya cari di Internet,koq harganya di atas Rp. 500.000,- sedangkan temen saya mendapatkan itu hanya dg harga Rp. 50.000,- s.d Rp. 100.000,-,temen saya mendapatkan itu sewaktu ada pameran buku di JCC. Bagi yang mempunyai informasi ttg itu,saya minta tolong di kasih informasinya yah….. Terima kasih.
    Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb
    ———————
    Okay….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s