Selamat Ulang Tahun Indonesia!!!

Selamat Ulang Tahun Republik Indonesia!!!, pekikku di pagi ini…

Setelah apel bendera, perasaan khidmat masih terasa….

Kebebasan politik yang telah diperoleh sejak 63 tahun lalu, merupakan anugrah Allah SWT, yang bukan hanya disyukuri tetapi juga harus ditumbuhkembangkan agar bangsa ini menjadi bangsa yang dapat disetarakan dengan bangsa lain….

Bangkitlah Indonesiaku, sejahteralah rakyatnya!!!!!!

One thought on “Selamat Ulang Tahun Indonesia!!!

  1. Bangsa yang sedang mencari bentuk terbaiknya. Itulah pernyataan yang mungkin tepat untuk menggambarkan negara Indonesia yang sedang merayakan ulang tahun kemerdekaan ke 63-nya. Sejak masa orde lama, orde baru sampai orde reformasi bangsa ini terus mencoba menciptakan gambaran atau pembayangan, jika istilah Benedict Anderson boleh dipinjam di sini, terbaik tentang Indonesia . Pada masa Orde Lama para founding fathers negara ini memiliki bayangan akan Indonesia yang berkeTuhanan, berkemanusiaan, bersatu, berkerakyatan, serta berkeadilan sosial (Pancasila). Pada Orde Baru pembayangan founding fathers pada masa Orde Lama masih dipertahankan namun esensinya berbeda. Pada masa Orde Baru ini pembangunan ekonomi yang didasarkan pada stabilitas politik menjadi inti dari Indonesia yang dibayangkan oleh para pemimpin pada masa Orde Baru, khususnya oleh sang smiling General, H. M. Soe-Harto.Sedangkan pada Orde reformasi saat ini, para aktivis 98 memiliki bayangan akan Indonesia yang bebas dari tirani, bebas dari korupsi dan sejahtera.
    Pembayangan yang terakhir itu tentu saja tidak terlepas dari interpretasi mereka terhadap kondisi sebelumnya yaitu pada masa Orde Baru. Disadari atau tidak, menurut pengkomentar, Orde baru telah memotong sebuah proses perwujudan pembayangan yang begitu baik, yang telah dibangun oleh para founding fathers, yaitu Indonesia yang Pancasilais baik dalam ide maupun praktik kehidupan sehari-hari. Reformasi 98 sebagai manifestasi kemuakan rakyat terhadap pemerintahan Orba ingin mengembalikan perjuangan bangsa ini pada track awalnya, yang sudah direncanakan oleh para founding fathers, untuk menuju negara-bangsa Indonesia yang berkeadilan sosial.
    Namun apa mau dikata, di usianya yang ke 63 tahun ini, negara ini masih terpuruk. Jangankan untuk membayangkan pembayangan para founding fathers tentang Indonesia, untuk membayangkan pembayangan yang diikrarkan pada reformasi 98 pun, beberapa anggota bangsa ini, khususnya para elite politik, sudah tidak mampu. Buktinya korupsi di jajaran elite politik masih merajalela, rakyat semakin individualis, konsumerisme semakin merajalela. Lebih singkatnya, rakyat saat ini kesulitan dalam melanjutkan pembayangan tentang Indonesia, karena mengalami krisis di berbagai bidang. Mungkinkah bangsa Indonesia akan pecah suatu saat? Mungkinkah saat usianya yang ke 64 tahun besok, bangsa ini sudah terpecah belah? jawablah wahai teman-temanku.
    ———
    kalau saya jawab: TIDAK, persis iklan SBY dan Partai Demokrat di tv ya….he..he..he…
    Saya pikir, dari tulisannya, anda ini termasuk orang yang pesimis, dari anggota parpol ya?,………..no hurt feeling huh…

    saya kira, isu terpecahnya Indonesia, merupakan isu yang ketinggalan jaman, dan berlebihan. saya amat yakin, dengan kebebasan yang diberikan kini baik politik dan ekonomi, amat sulit, misalnya OPM dan GAM ngotot ingin merdeka. Mereka akan ditinggalkan oleh orang yang simpati terhadap gerakannya, kecuali sistem nanti di Indonesia kembali sepeti Orde Baru yang sentralistik-birokratik-militeristik. Indonesia tidak bodoh, sekaligus banyak pemimpin yang optimis tentang masa depan Indonesia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s