Akhir tahun 2008, saya membeli buku yang dijadikan dalam daftar rujukan dalam tulisan ini. Sungguh cukup membuatku bertanya, apakah benar atau salah, atau bahkan saya yang keliru menafsirkan isi buku tersebut…

Penulis membedakan antara antara Perencanaan Pembelajaran (Lesson Plans) dengan Rancangan Pembelajaran (Instructional Design), menurutnya:

1. Perencanaan Pembelajaran (Lesson Plans)= PP
a. PP adalah Proses pengambilan keputuan hasil berpikir secara rasional tentang sasaran dan tujuan pembelajaran tertentu, yakni perubahan perilaku serta rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut dengan memanfaatkan segala potensi dan sumber belajar yang ada (p. i, 28);
b. PP menekankan kepada proses penyusunan pedoman pembelajaran dalam rangka menerjemahkan kurikulum yang berlaku ke dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas (p. i, 69);
c. PP disusun untuk kebutuhan guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya (p. 69);

2. Rancangan Pembelajaran (Instructional Design)= RP
a. RP adalah proses yang sistematis untuk memecahkan persoalan pembelajaran melalui proses perencanaan bahan-bahan pembelajaran beserta aktivitas yang harus dilakukan, perencanaan sumber-sumber pembelajaran yang dapat digunakan serta perencanaan evaluasi keberhasilan (p. i)
b. RP menekankan pada proses merancang program pembelajaran untuk membantu proses belajar siswa (p. 70)

Banyak buku yang beredar, lebih menyebut PP sama dengan RP. Entahlah yang benar, yang mana???

—-
Wina Sanjaya, 2008, Perencanaan dan Desain Pembelajaran.