Beda antara Perencanaan Pembelajaran (Lesson Plans) dengan Rancangan Pembelajaran (Instructional Design)

Akhir tahun 2008, saya membeli buku yang dijadikan dalam daftar rujukan dalam tulisan ini. Sungguh cukup membuatku bertanya, apakah benar atau salah, atau bahkan saya yang keliru menafsirkan isi buku tersebut…

Penulis membedakan antara antara Perencanaan Pembelajaran (Lesson Plans) dengan Rancangan Pembelajaran (Instructional Design), menurutnya:

1. Perencanaan Pembelajaran (Lesson Plans)= PP
a. PP adalah Proses pengambilan keputuan hasil berpikir secara rasional tentang sasaran dan tujuan pembelajaran tertentu, yakni perubahan perilaku serta rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan sebagai upaya pencapaian tujuan tersebut dengan memanfaatkan segala potensi dan sumber belajar yang ada (p. i, 28);
b. PP menekankan kepada proses penyusunan pedoman pembelajaran dalam rangka menerjemahkan kurikulum yang berlaku ke dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas (p. i, 69);
c. PP disusun untuk kebutuhan guru dalam melaksanakan tugas mengajarnya (p. 69);

2. Rancangan Pembelajaran (Instructional Design)= RP
a. RP adalah proses yang sistematis untuk memecahkan persoalan pembelajaran melalui proses perencanaan bahan-bahan pembelajaran beserta aktivitas yang harus dilakukan, perencanaan sumber-sumber pembelajaran yang dapat digunakan serta perencanaan evaluasi keberhasilan (p. i)
b. RP menekankan pada proses merancang program pembelajaran untuk membantu proses belajar siswa (p. 70)

Banyak buku yang beredar, lebih menyebut PP sama dengan RP. Entahlah yang benar, yang mana???

—-
Wina Sanjaya, 2008, Perencanaan dan Desain Pembelajaran.

10 thoughts on “Beda antara Perencanaan Pembelajaran (Lesson Plans) dengan Rancangan Pembelajaran (Instructional Design)

  1. apa ada indikator untuk aktivitas pengajaran (teaching procedure) di RPP?
    kalo ada tolong dikirimin mas..
    penting bgt buat bisa keluar dari universitas…
    makasih..

  2. perbedaan pasti ada baik isi maupun visinya, bergantung kepada kebutuhan sekolahnya yang penting,,
    —————————-
    Adakah penjelasan lebih lanjut???, silahkan…..

  3. Sekedar sharing, mudah2an membantu.

    Rancangan Pembelajaran (Instructional Design) terdiri dari:
    1. Analisis Instruksional (Peta Kompetensi)
    2. Silabus
    3. Rencana Pembelajaran (GBPP & SAP)
    4. Kontrak Perkuliahan (KP)
    5. Rencana Evaluasi
    ————-
    Terima kasih atas infonya

  4. Instructional Design(ID) bagi saya adalah penjabaran yang lebih detil dari Lesson Plan. ID menekankan pada proses merancang program pembelajaran untuk membantu proses belajar siswa. Dalam ID, seorang instruktur(guru, dosen) merancang hingga ke tingkat storyboard, desain layout dan bagaimana guru mengarahkan proses interaksi antara guru dengan siswa, serta siswa dengan siswa (collaborative learning).

    CMIIW

    1. Thank to Darmaji atas komentarnya…

      Berbeda dengan anda, ID lebih general dibandingkan dengan LP. Kalau ID merupakan “blueprint” dari sebuah proses pembelajaran yang dirancang, sedangkan LP adalah panduan teknis untuk guru-peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran, dari yang perencanaan tahunan, semester, mingguan, dan harian….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s