Indonesia Juara Tersenyum Sedunia

Rabu, 20 Mei 2009 – 05:17 wib

STOCKHOLM – Indonesia berada di tingkat pertama dalam urutan negara dengan warganya paling mudah tersenyum di dunia dibandingkan dengan negara lain.

The Smiling Report 2009 yang digelar Mystery Shopping Providers (Provider Misteri Belanja) di Swedia, menempatkan Indonesia sebagai negara tertinggi tersenyum dengan 98 persen. Selanjutnya,Indonesia merupakan negara dengan ucapan salam yang paling tinggi, yaitu 98 persen.

Ironisnya, dalam jajak pendapat tersebut,justru menempatkan Swedia berada di nomor 24 pada daftar untuk kategori senyum dengan persentase 77 persen dan urutan ke-31 untuk ucapan salam dengan 81 persen. Negara yang paling pelit tersenyum adalah Pakistan dengan persentase 44 persen.

Sebenarnya, survei tersebut dilakukan pada 2008 dengan lebih dari 2,5 juta pertanyaan mengenai “Senyum” dan “Salam” pada bisnis penjualan di 66 negara. Dalam kategori ucapan salam tertinggi, selain Indonesia, juga menempatkan Hong Kong dengan 98 persen. Yang terendah adalah Maroko dengan 48 peersen.

Dalam laporan itu terdapat kesenjangan yang besar, Benua Australia memiliki skor tertinggi dari semua benua, dengan senyum sebesar 89 persen dan salam 92 persen. Afrika disebutkan terendah dengan 61 persen untuk kategori senyum dan 51 persen untuk kategori salam. Siapa sebenarnya penyelenggara jajak pendapat tersebut?

Adalah Mystery Shopping, sebagai penyedia jasa layanan belanja yang umumnya dimanfaatkan oleh berbagai individu dan korporasi di seluruh dunia untuk memosisikan diri sebagai pembeli. Dengan demikian, Mystery Shopping mampu memberikan pendapat objektif mengenai suatu produk atau layanan penjualan karena memosisikan diri sebagai pelanggan.

(Sumber: http://news.okezone.com/read/2009/05/20/1/221460/indonesia-juara-tersenyum-sedunia)

5 thoughts on “Indonesia Juara Tersenyum Sedunia

  1. aku suka tersenyummmm
    jadi wjr klo indonesia ntu dpt peringkat 1 sedunia ntuk keramahan warganya
    krna memang itulah fakata yg ada
    tpi agak sedikit prihatin krn akhir2 ni mkn sdikit orng yg msh mau berbagi snyum

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s