Indonesia Juara Umum APSSO 2008

asean-primary-school-sport-olympiad
Jumat, 7 November 2008 23:31 WIB

Jakarta (ANTARA News) – Kontingen Indonesia tampil sebagai juara umum ASEAN Primary School Sport Olympiad (APSSO) II tahun 2008 dengan meraih total perolehan medali sebanyak 32 medali dengan rincian adalah 12 medali emas, 9 perak dan 11 perunggu dari lima cabang olahraga yang dipertandingkan.

Sementara Malaysia berada di urutan kedua dengan perolehan 4 emas, 4 perak dan 3 perunggu, Vietnam menempati urutan ketiga dengan perolehan 3 emas, 3 perak dan 5 perunggu. Singapura mengikuti di urutan keempat dengan raihan 1 emas, 5 perak dan 5 perunggu, sedangkan Brunei Darussalam, Filipina dan Thailand tak kebagian medali.

Namun keberhasilan Indonesia menjadi juara umum pada Olimpiade tingkat anak usia SD itu tak dilengkapi dengan juara di cabang sepakbola. Cabang bergengsi ini justru direbut Malaysia setelah di final tim Indonesia A kalah adu penalti 3-4 atas Malaysia pada pertandingan di Lapangan Simpruk Pertamina.

Tetapi para pecatur muda Indonesia memberikan prestasi yang sangat membanggakan dengan meraih total medali 4 emas dari 6 nomor yang dipertandingkan. Dua emas lainnya direbut tim Vietnam. Keberhasilan para calon atlet masa depan tuan rumah juga diikuti di cabang bulutangkis, hal mana di cabang ini Indonesia meraih 3 medali emas, 4 perak dan 2 perunggu.

Di cabang ini, Malaysia di urutan kedua dengan 2 emas dan 1 perak, sedangkan Singapura kebagian 3 perunggu. Di cabang tenis meja Indonesia hanya kebagian 1 emas dan 5 perunggu. Di cabang ini empat emas yang diperebutkan terbagi rata diantara Indonesia, Singapura, Vietnam dan Malaysia yang masing-masing mendapatkan satu medali emas.

Keberhasilan kontingen Merah Putih itu menyusul sukses di cabang atletik pada Rabu lalu, dimana Indonesia melakukan aksi sapu bersih empat medali emas. Pada APSSO I tahun 2007, Indonesia juga tampil sebagai juara umum dengan meraih 6 medali emas, 5 perak dan 4 perunggu, disusul Vietnam di urutan kedua (5-2-2) dari tiga cabang olahraga yang dipertandingkan.

Perolehan medali akhir :
1. Indonesia 12 9 11
2. Malaysia 4 4 3
3. Vietnam 3 3 5
4. Singapura 1 5 5
5. Brunei 0 0 0
6. Filipina 0 0 0
7. Thailand 0 0 0

(Sumber: http://www.antara.co.id/view/?i=1226075469&c=ORK&s=)

2 thoughts on “Indonesia Juara Umum APSSO 2008

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s