Band yang Dilupakan Waktu: Biografi Lengkap Guns N’ Roses – Paul Stenning

Sejak bulan akhir Mei lalu, aku melihat biografi Gn’R yang berbahasa Indonesia. Ukh, langsung tertarik untuk membelinya. Selang sekitar 3 minggu kemudian, kemarin 16 Juni 2009, akhirnya buku band kesukaanku sepanjang masa langsung terbeli. Waktu yang banyak untuk alokasi kegiatan 32 Artscore, dan RIP-nya kakak iparku, megharuskan untuk memaksa pulang kerja cepat guna menyempatkan diri membeli buku itu di TM Book Detos. Harganya Rp. 55.000, namun diskon 15% menjadi Rp. 46.750…hehehehe, padahal bisa lebih murah menjadi 20-25% kalau traksaksinya lebih pagi dan masih tergolong 150 pembeli buku pertama dalam hari yang sama….

Biografi Gn’R

Buku tersebut merupakan terjemahan karya Paul Stenning tahun 2004 dengan judul aslinya: The Band That Time Forgot; the complete unauthorized Biografy of Guns N’ Roses. Penerbit Ayyana dari Yogyakarta dan baru kali ini aku membeli buku dari penerbit itu, memberikan sebuah kemasan buku yang menarik, terutama sampulnya, sayangnya gambar-gambar pada lampiran berwarna hitam putih dan kurang baik.

Cov-D

Cov-B

Daf. Isi

Lamp.

(Gambar berdasarkan scan dari buku yang dibahas)

Malamnya, malam Rabu, aku membacanya hingga tuntas. Mulai selesai magrib hingga jam 10 malam lewat sedikit. Buku terjemahan itu, dibuka Stenning dengan menyatakan bahwa” adalah sulit membuat biografi tidak resmi”. Biografi yang ditulis merupakan hasil tangan dingin wartawan rock yang teleh digelutinya bertahun-tahun, dan tak ayal hasilnya keren!. Tiap bab yang disajikan menggunakan judul lagu Gn’R yang isinyapun mencerminkan kehidupan anggotanya, dan ini berarti bahwa lagu yang diciptakan adalah “kisah hidup mereka”, baik itu mulai tahun 1982-1993, ataupun setelahnya hingga tahun 2003.

Lagu yang diciptakan seperti Nightrain adalah kisah AXL dan teman2nya yang meminum-minuman keras mereka Nightrain yang amat murah karena hanya itu yang mereka mampu beli, dan ingin keluar dari keadaan itu. Selanjutnya diceritakan pula, lagu pertama ciptaan Gn’R, yakni Don’t Cry, dan lagu lainnya yang diakui keluar begitu saja ketika mereka bersama mulai memainkannya.

Breakdown (perpecahan) sebagai salah satu bab yang menarik. Stenning menceritakan asal muasal perpecahan di tubuh Gn’R, dari pemecatan Adler yang hoby nge-drugnya sudah “kacau balau” menurut Slash dan Izzy, hingga pemecatan Gilby yang juga tetap digunakan Axl hingga tahun 1995. Tak lupa pula, konflik dengan Nirvana yang kala itu, 1993, memiliki kekuatan kemampuan yang menyerupai Gn’R. Selanjutnya, pasca album Gn’R yang tidak mengesankan: Spagetti Incident?!, usaha menghasilkan Chinese Democracy yang terkatung-katung, bukan disengaja atau tanpa sebab. Axl yang sendirian dengan Gn’R harus dihadapi kenyataan pahit pada medio 1996-1997, bahwa istrinya menggugat cerai, Ibunya meninggal, West Arkeen yang overdosis (OD), begitupula sepupunya OD saat naik daun bersama Blind Mellon, Shannon Hoon. Axl stress, terpukul, dan depresi.

Dalam keadaan itu, sebenarnya Axl telah menelurkan beberapa lagu, seperti Oh My God yang menjadi Ost. End of Day tahun 1999. Arnold yang amat menggemari Gn’R sejak dulu khususnya pada pertemuannya di pub pada suatu malam, kembali mengajak Axl untuk menelurkan karyanya dengan harapan lahirnya sebuah kesuksesan seperti pada tahun 1992 dengan lagu luar bisanya: You Could Be Mine sebagai Ost. Terminator 2: Judgmen Day.

Film tahun 1999 yang kurang laris itu, juga menghantarkan New Gn’R tidak booming. Namun hal demikian langsung runtuh, ketika tanpa diduga Axl tampil live bersama Gilby Clarke dan bandnya tahun 2000. Axl and Gilby band menyayikan lagu lawas milik Rolling Stones, seperti death flowers. Sontak, media terbangun. Dengan gayanya, Axl sesumbar bahwa sedang merampungkan album barunya, dan akan diluncurkan. Formasi anggota baru, kemudian bocor ke publik, seperti Flink, Buckethead, dan anggota lama Gn’r Illusion, Dizzy Reed, begitupula lagu baru yang dinyayikan melalui live yang mulai digelar tahun itu pula walupun harus berbagi panggung denga band lain, seperti Linkin Park.

Tahun 2001, New Gn’R manggung di Rock in Rio III. Luar biasa, antusias penonton seakan menghilangkan ada atau tidaknya Gn’R baru. Penonton menikmatinya. Sepanjang tahun 2001-2002, New Gn’R melakukan tour, baik itu di AS ataupun Eropa, baik yang sukses maupun yang dilengkapi dengan kerusuhan karena konser tidak jadi. Lagi-lagi Axl berulah, disalah satu konsernya di AS, ternyata Axl memilih nonton basket di kamar hotel daripada berada diatas penggung live performance.

Buku biografi Gn’R ini dilengkapi pula perjalanan waktu disetiap konser sejak tahun 1982 hingga tahun 2002, selain itu dibeberkan situs internet terkait dengan Gn’R, buku biografi Gn’R karya orang lain, CD, bootleg, videoklip, DVD, VHS, dan itu banyak yang tidak beredar di Indonesia. Lampiran buku ini, diisi gambar-gambar saat live, tiket konser, pamflet, CD, DVD, dan lambang-lambang lagu.

Yang tidak ada dibuku

Terjemahan bahasa Indonesia buku Paul Stenning diterbitkan bulan Mei 2009, seharusnya penerbit memberikan tulisan atau kata pengantar dari pemerhati Gn’R, seperti saya misalnya hehehehe, untuk menghantarkan apa yang terjadi kini atau sejak tahun 2004 – hingga 2009, dimana tahun-tahun itu tidak dibahas dalam biografi tersebut.

Sebut saja misalnya bagaimana reaksi Axl dan bandnya, ketika Slash bersama ex personil Gn’R membuat Velvet Revolver (VR) yang merupakan terusan Slash n’ Snakpit, dan menelurkan album tahun 2004, dan meledak. Selanjutnya, banyaknya beredar lagu baru Gn’R melalui internet dan itu mencerminkan keberadaan sekaligus penyaing baru VR.

Keberadaan Gn’R semakin eksis ketika sederetan konser dilakukan secara permanen sejak tahun 2006, bahkan sampai ke Asia seperti di Jepang hingga awal 2008. Dan akhirnya, pada 23 Nov 2008, Gn’R meluncurkan album Chenese Democracy (CD) yang amat ditunggu-tunggu, dan ternyata mencapai puncak tangga lagu di dunia internasional. Tanpa diduga, Lagu You Could Be Mine yang dianggap luar biasa oleh Stenning, menjadi Ost. Terminator kembali, dalam T4: The End Begin tahun 2009. Wajah baru Gn’R melalui lagu-lagu dalam CD, dan kenangan memukau melalui film T4, semakin memantapkan untuk tetap dalam barisan yang sama dan kokoh, yaitu sebagai Big Fans of Guns n’ Roses!!!. (klik ke Belbuk)

132 thoughts on “Band yang Dilupakan Waktu: Biografi Lengkap Guns N’ Roses – Paul Stenning

  1. axl rose kami tetap menjadi fans kamu yg setia meskipun usia kamu yang dimakan waktu sejalan energi rock n roll mu terkuras kami juga ingin kamu dapat kembali bersama slash agar gnr menjadi band rock n roll terbesar sepanjang masa saya mendukung itu.
    ———-
    Salam kenal, saya kira, bro yang satu ini sama dengan saya sebagai fans berat GN’R. Disalah satu sisi, saya amat mendambakan berkibarnya Gn’R dengan personil lama, minimal masa Use Your Illusion, karena saya yakin, bila mereka bergabung maka tidak ada yang dapat menandingi band rock sepanjang masa, Rolling Stones dan Led Zepplin bahkan tak mampu menandinginya….keep rock n’ rol Bro!!!!!.

    1. betuuuullllll bgt lu bro
      gk da band lain yg bisa nyaingin GNR di dunia
      gw jga fans beratnya GNR sampai setiap lagu GNR gitarnya hampir gw kuasain semua karena dari gw smp gw dah berniat tuk menguasai lagu2 band nomor 1 di dunia ni
      guns n roses i love u so much
      ————–
      kita satu pendapat bro….

      1. bagus jadi terserah axl mau kembali ke formasi awal atau tidak bagiku pendapat axl adalah yang terbaik

    2. Reuni ato ngganya GN’R format lama, gw tetep cinta GN’R! New GN’R yg tingal Axl dari personil asli, tetap memukau. Axl daya tariknya, selama Axl masih ada, gw kira GN’R ngga akan pernah mati. New GN’R dg ChiDem nya gw rasa malah udh jadi band The most amazing band in the world, bukan The most Dangerous in the world. Axl plus temen2 barunya di Chidem udh klop bngt, punya chemistry yg sngt kuat. Hub dg fans jg udh makin intens, daripada era AFD & UYI yg diwarnai insiden mulu. okoknya, GN’R adl band paling bagus dihati gw! Love u GN’R, love u AXl Rose!

  2. hhhhm kskaan musiknya GNR tohhhhh…
    ———–
    cinta mati kale’, beribu-ribu lagu dan ratusan band yang pernah mampir dihatiku, hanya Guns n’ Roses yang mampu melemahkan hatiku…hehehehehehe…

  3. mpe sgtunya ngefans…….

    psti klu dtg k jgja lgsg mnt tnd tngn… hahahahaha
    ———
    kalau ke Jogja mungkin kale ya, tapi kalau ke Jakarta, so pasti nonton konsernya….

  4. hoammmmm enak bgt dah lagunya2 GNR n gaya axl rose yg krenz bgt
    btw itu slash blajar dri mn seeeh???? koq jgo amat maen gitarnya apa lg
    pas melody swet child o mine n welcome to the jungle kren bgt hidup GNR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    By:Alief cs
    ———–
    Lagu Gn’R memang wuennak buangedtttt, itu sudah terbukti oleh dunia…soal Slash, dia belajar sendiri (otodidak) dengan berkreasi dan melihat idola2nya main gitar, manstaf kan??…

  5. walopun kalian dah gak bareng lagi(slash & axl)tp kalian tetep 2man in gnr…………..hdp kalian ber2……..

  6. wow,,tulisan ttg G n R ya ,,maknyus emang,,tapi G n R yg sekarang gw rada ga suka,,karena tinggal axl rose doank yg sisa ya (bener ga sih),,sisanya ke velvet revolver,,yg notabene gw juga jadi suka ama band barunya slash,,tapi kalo ada rencana reunian G n R lama gw jadi seneng deh…..😀

    Salam…
    ———-
    Salam. New Gn’R berdasarkan album Chenese Democracy, 23 Nov 2008, yang tersisa Old Gn’R adalah AXL Roses (Sejak album pertama) dan Dizzy Reed (Album UYI 1-2). Memang berbeda, ketidaksukaan Slash terhadap Axl yang akan membawa musik Gn’R ke arah musik baru yang bernuansa techno, terbukti sudah. Gn’R sekarang beda, dan berharap adanya musik seperti album AFD, Lies, dan UYI 1-2, adalah tidak mungkin, bahkan kosong. Biarpun begitu, tetap mereka adalah yang terbaik, baca deh bukunya, pasti akan bertemu kedigdayaan Gn’R.

    Tentang reuni Gn’R, banyak orang termasuk saya, amat menantikan, apalagi kalau konser di Indonesia, terlebih di Jakarta: it’s like a dream comes true. Slash dan anggota Old Gn’R sudah “males” sama axl, dan slash bersama VR sudah merasa nyaman, dan band inilah yang masih mengaliri darah musik Gn’R era 80-90’an. Lihat saja pada lagu Fallin to pieces, desikan gitar Slash mewakili ruh Gn’R, namun tidak lengkap bendera Gn’R sebenarnya tanpa Axl, so, Gn’R lalu telah berlalu. Sekali lagi, apapun itu, AXl dan anggota Gn’R dulu selalu saya tunggu aksinya. Ngak bakal ada lagi sebuah band yang sehebat, sefenomenal, dan selegend seperti Gn’R. Pasti!!

  7. udah baca juga, sebagian isi sebenernya udah pernah gue baca jauh sebelumnya, di Haiklip GNR tahun 93an dulu.
    masih cukup menarik,
    walaupun sebagian kalimat terjemahanya jadi kurang nyaman dibaca.
    misalnya kalimat,
    ‘memainkan permulaan lagu sweet child O mine….”
    gak enak banget dibacanya tuh hehe…
    kan lebih enak gini misalnya:
    Memainkan intro sweet child O mine…
    atau memainkan riff khas sweet child O’mine yang ajaib itu.
    ————-
    Selain terjemahannya yang kaku, transletornya ngak memberikan catatan kaki, semisal Kerang!! (itu nama majalah atau surat kabar/atau lainnya), alhasil sang pembaca mengira-ngira. Untungnya, bacaan terkeren masa SMP, HAI KLIP, jadi panduan. Memang, HAI juga banyak mengambil dari berbagai majalah berbahasa Inggris, tapi bukan karya Stenning ini, karena terbitnya sekitar 10 tahun setelah HAI Klip Gn’R tersebut. Beberapa hal yang sama antara Biografi Stenning dan HAI Klip tentang Gn’R adalah julukan GN’R sebagai Most Dangerous Band in The World. Walaupun demikian, buku ini sebagai penghapus dahaga tentang Gn’R, dan saya memilikinya.

  8. yg gak ada di buku itu, bisa baca sebagian di RollingStone yang edisi 20 years Appetite for destruction,😀

    lupakan soal reuni,
    di halaman berapa gitu, ada kan cerita waktu Axl liat ada penonton yg pake kaos “dimana Slash?”
    Di pantat saya! sialan! kembali ke rumah sana!”..kata Axl tertawa.

    dan gue pernah baca juga,tapi lupa dimana, Slash juga bilang nggak bakal ada reuni.

    kalo di Indonesia, seperti menantikan reuni Slank formasi lama kali ya…hehe
    tapi akhir desember kemaren, Slank featuring Indra Q sempet tampil di Malang bawaain lagu lama.
    —————-
    Benar, kalau reuni GN’R tidak akan terjadi, celoteh Axl dan Slash menguatkan hal demikin. Saya juga sudah baca kedua referensi yang Jevo utarakan, tapi semua tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dikemudian hari, begitupula dengan Slank. Kekerasan kepala musisi Indonesia, semoga tidak seperti anggota Gn’R tersebut, karena banyak yang masih meyakini kalau Slank formasi awal, seperti Indra, Bongky, dan Pay, dapat melakukan reuni, apalgi contoh nyata diawali dengan Slank Fet. Indra di Malang. Masih ada harapan, bro!!

  9. ‘in my ass!’ itu jawab axl dari atas panggung setelah mendengar ada cewek nanya: ‘where’s slash? we want slash!’
    tapi soal kaos ada tulisan begitu, itu bener apa cuma pendapat reporter ya? saya belum pernah nemu video axl nyerita soal itu waktu diinterview.

    i miss my 80’s years….
    kangen lihat garangnya axl kayak waktu menyanyikan paradise city, atau cute-nya dia waktu nyanyiin dont cry atau estranged.

    dan ini: If I cant have you right now, I’ll wait dear… bullshit🙂
    ————–
    semoga penungguanmu menyenangkan….

      1. bener gw setuju bgt sma lu wan tanpa slash gnr gk mungkin bisa bikin musik sekeren itu
        i love u guns n roses
        i want to be like u slash

  10. salam kenal smua ; kayanya gw kudu beli tuh buku , tergila2 dgn aksi panggung mereka terutama gayanya axl wktu nyanyi lagu patience & paradise city..gw memang ga hapal smua lagu2 mereka tetapi stiap dgr lagu2 mereka baik yg slow maupun yg `hard` gw pasti merinding kagum..smpe skrg gw msh nekat bermimpi utk liat konser bareng 2 dedengkot GNR ; Saul Slash Hudson & Wiliam Axl Bailey..Peace Love & Keep on Rockin..Yeahh
    ————-
    kalo lo fans Gn’R, maka lo harus baca buku itu, rasakanlah!!!

    1. hi riana lam knal, u bisa nyanyi in smua lagunya, jadi pengin duet ma kamu kita nyanyi in mr. browstone, it’s so easy, nightrain, locomotif, back of bitch, shotgun blues, pretty tied it up, november rain, don;)t cry n’ all songs. keep rock n’ rollllllll, yeahhhhhhh

  11. guns n roses is the best…!!! apalagi dulu masih personel lama dengan guitaristnya slash ,wah istimewa….. walau sdh bubar tetep saja fans berat guns n roses…..!!!!
    —————-
    Manstafff!!!!!!!

  12. semalammm aq sampe menangis jika formasi GnR lama tidak reuni lagii,, uhhhh G n R i love you, slash n axl rose berdamai lah kalian, aq ingin kalian kembali ke formasi awal dulu , ingin kudengar sekali aja kalian buat album kembali, ingin kudengar lagu2 sperti Sw Ch O’ Mi n rocket queen kembali , ingin kudengar lengkingan axl, petikan slash, izzy , permainan bass duff, gebukan drumm steven , ooohhhhhh aq merenung setiap hari tntg kalian, meskipun tlah dimakan umur aq tetap teguh memilih kalian
    —————
    Luar biasa….walaupun kurang mungkin, tapi yang namanya harapan, boleh2 saja….

    1. mungkin perasaan lu sama ma gw trhdap gnr,
      beribu2 musik yg gw dngr cuma GNR yg selalu ada di hati gw
      i love u slash n axl
      i love u guns n roses

  13. bro bukunya di gramedia ada ga?? gw mau banget nihh baca2 lagi tentang GNR
    ———–
    Ada Bro, dijamin asikkk…..

  14. kren bgt GnR pa lg suara Axel………
    bkn q tergila gila bos……..
    tp sayang ny sdh tdk ada…..
    mudah2an q jd pengganti ny…….he..he..he…
    —————
    Axl masih ada, denger aja albumnya tahun lalu…

  15. i like a slash…………
    mdh2an slash n axel reuni kmbli…
    dan membuat album yg bru…tyus konser d indonesia

    I LIKE SLASH N AXEL
    ———
    Gunners pasti pengennya kaya gitu, termasuk gw men!!!!

  16. Knapa axl gak maw reunian sech pdhal khan smua pecinta gnr pd taw law axl n gnr n 0ld gnr laenya bsa bngkitin smangat para pcinta gnr yg d dseantero bumi nech… dlu quw pnah bca law axl blang bhwa diantara mreka (AXL N SLASh) bkal reunian bila slah satu dri mreka is dead… uuhk😦 s0 sweet… klian akan ttap jd id0laq hngga akhr hayatq… i l0ve y0u axl, slash, izzy, duff, n steven adler…

    slam orang BUT0N…
    ————
    Salam juga…..

  17. gue, salah satu penggemarnya slash, terus terang slash lah yg bikin gue pingin belajar gitar, wkt prtma q dengein introny “sweet child o’ mine”, dn gue pling suka nonton GnR live in tokyo..

  18. Oo.. iy klu leh nanya, gtarny slash tu gibson seri ap? n kira2 brp hargany?
    ———–
    Pastinya Gibson, kalau soal seri dan harga coba cari sendiri ya…

  19. walaupun orang lain anggap G n’ R tidak ada tp di hati gua G n’ R hidup dan ada selamanya……..
    ————
    Asiiik….

  20. Q pgen ngliat Mr.W.Axl.Rose & Mr.Saul’Slash’Hudson reunian..
    Bner2 pgen ngliat mreka live performance ngebwa’in lgu lma..trutma “Mr.Brownstone”
    Keep Rock n’ f””ing ROLL..
    ————–
    Impian banyak orang, bukan???….

  21. Q pgen ngliat Mr.W.Axl.Rose & Mr.Saul’Slash’Hudson reunian..
    Bner2 pgen ngliat mreka live performance ngebwa’in lgu lma..trutma “Mr.Brownstone”
    sbelum Q MATI..
    Keep Rock n’ f””ing ROLL..

    1. lam knal bro, ak juga suka sekali tu “Mr. brownstone” >> i used to a little but a little wouldn’t do so little got more n more….>> aku suka sekali bagian ini ketika menyanyikanya. keep rock n’ f@@king Rolllllll

  22. Klo’ bleh tw,biografi edisi ini msih da gk ya di tko2 bku??
    Pgen bnget beli neh..
    ———-
    masih ada Bro, silahkan aja cari di Gramedia (bukan promo neh)…

  23. I’m the Young Guns N Fuckin Roses Fan, ini ben favorit ku nomor satu, setelah itu slipknot n l’arc en ciel. aku beli n denger kaset pitanya ketika masih duduk di bangku smp kelas 2, waktu itu yg jadi fav nya lagu estranged, aku suka semua lagunya n aku bisa menyanyikan semua lagunya kecuali album spagheti n chinese demo tidak semuanya bisa aku hafal. kalo dulu tiap denger kabar2 ato videonya di tv aku mesti merinding kos ak ngefens buangettt. gile ini ben bener2 the most dangerous band in the world, menurutku di jamanya ga ada tandinganya, style n lyrics serta musicnya beda banget dari ben ben lainya. sampe sekarangpun menurutku ga ada tandinganya!
    aku juga berharap slash, duff mckagan, izzy, matt bisa balik lagi dengan axl.
    ———
    kayanya kita sejaman neh….

    miz u always axl, slash, duffmckagan, izzy, matt, gilby, dizzy to be the one in Guns N’ Roses.

  24. gw ampe mimpi nyanyi bareng axl formasi komplit, gile benerrr serasa nyata, emeng sumber inspirasi gw perjalanan hidup mereka dari gembel sampai jadi milyader

  25. Apapun kata orang,GnR tetep band Besar yang GAK MUNGKIN DILUPAKAN WAKTU. Bandnya boleh aja vakum,personelnya boleh berubah,tp tetep GAK MUNGKIN DILUPAKAN WAKTU.
    ————–
    Gn’R dah keluarin album Bro….

  26. Gw plg naksir sma slash, yang dikenal si dewa 3 jari dlm teknik guitarnya. tak heran bnyk luconan ttg tekniknya, gw rasa kalian pd tw semua^^ bak indomie kornet. AXL suara yg khas, dipadu gitar Slash yg Super Unik.aplg Welcome To The Jungle,,,,wah sulit di curhatin. cm knp GNR hrs cerai berai,di mata dunia kalian sbg icon yg melekat.gak jauh2 di indonesia aj bnyk grup band yg b’basic GNR. smp2 klw ditanya lagu kebangsaan indonesia ap? jwbnya “GNR” HAHAHA Lucu2 bgt! tp tetap Indonesia Raya dunk’z. klw GNR atw personilnya ke indonesia, gw mw ajak makan di SOLARIA, trsrh dah asal gw bisa foto brg.cupz gw krj lg.next comment.thx

  27. Thank’s bro tas infonya.. ternyata memang di gramedia ada.. sekarang sudah tuntas aku baca.. hehehehe… pokoknya ngga’ nyesek deh beli itu buku..
    —————
    asiiik gan….

    1. masih ada nggak man bukunya coz gw pengen bgt beli?
      —————
      Banyak bro di Gramedia, bahkan ada juga yang baru, ditulis oleh orang Indonesia penerbit dari kota DIY…

  28. gila gw dah lama bgt ngefans sama gnr dri gw SD
    jd pengen beli bukunya
    n ngeband lagi bawain lagu2 gnr…
    thanks sob…peace
    —————
    Selamat mencari bukunya, hunting terus ampe dapet…

    1. saya dapet buku tentang biografi Guns N Roses Tp pengarang nya Beda,sama berasal dari jogja jg…..cmn blm dapt buku yang seprti yg diatas….masih ada kah bukunya?thanks
      ——————
      Saya juga sudah baca dari buku yang anda maksud. Sayangnya buku terlihat sebuah kilasan, tipis pula. Buku yang saya tulis reviu-nya, masih banyak di Gramedia or toko buku lainnya….

  29. Kalau Axl Roses mau mengakui kesalahnya dan mau minta maaf ma Personil GNR yang lain,pasti GNR belum bubar.,

    Kalau GNR belum bubar,pasti GNR dah jadi Grup Band Rock n Roll terhebat dunia.,dengan Guns’nya Pakde Saul Hudson(Slash)..,

    Q cinta mati MA GNR,Velvet Revolvet,SLash Snakepit.,Yang paling q cintai tuh Slash..,

  30. aduch mana GUNS N ROSES q yg lama,jgn sampai bubar zow keluargaq ngeFANS bngt sama GUNS N ROSES,use your illusion 1,q cinta mati sama GNR sejak gw SD,I LUPH YOU FULL

  31. Ya….sampe skrg…yg namanya GnR itu ga pernah bisa pergi dari dasar hati gw yg beraroma rock n rolllll……….itu lah yg ga bisa bikin band gw format ulang…krn melihat band panutan gw ga jg bisa reuni lagi hiks..hiks…dah coba ndengerin group laen..tp ga ada gunanya…gile gw fanatik bngt ma Axl and Old GnR, GA ADA YG BISA NGALAHIN TUH BAND!!!! shit…

  32. aku tetap cinta pada gnr wlwpun mereka telah bubar,aku berharap mereka bergabung kembli, wlwpun mreka telh trmkan usia mereka tetp q2reen koq,
    I LOVE GUNS N ROSES FOREVER

  33. NOVEMBER RAIN, lagu favorit keluarga ku, sampai merinding gua dengerin_a bro, pa lagi pas bagian slash ngelead, ughg, bisa nangis gua dengerin_a bro , , , hu,hu,hu…
    salam kenal untuk semua…

  34. mungkin saya adalah penggemar musik GNR yang “telat”.. pertama kali saya mendengar lagu2 mereka ketika masih kelas 1 SMP.. entah kenapa waktu itu langsung suka banget melihat aksi2 panggung mereka, yang menurut saya waktu itu sangat luar biasa ( ketika nonton konser live mereka di tokyo jepang),, dan sampai sekarang kayaknya GNR udah jadi band favorit saya banget,, saya berhasil ngumpulin kaset original mereka dari album 1 sampai yang terakhir,,

    ga kebayang kalo mereka balik lagi ke formasi awal mereka lahir..

  35. Dan , nagak kebayang gimana kalau mereka konser di Jakarta???, it just like, dreams come true….

  36. untuk gnr aq ngefans bngt ma kalian, n aq brhrap klian bsa reunian lgi, n untuk izzy strandlin you are my favorit rhythm, gnr aq cinta lagu lagu kalian pa lgi sweet child o mine, aq akan memuja gnr sampai mati, i love gnr, i love hardrock
    go go go go go go go guns n roses

  37. lam knal smua na….gw jg fans berat na G’n’R dr wkt msh SMP,G’n’R without slash sama adza dengan mesin tanpa minyak,bgtu jg law kebalikan nya,bukti nya….G’n’R dan VR jg gk ngetop2 amat skrg,biarpun bgtu….G’n’R is no 1 for me

  38. kapan yah……OLd GN’R bisa kumpul lagi seperti dulu…….tetapi the most dangerous band in the world akan tetap mereka sandang sampai RIP ya….karena kalo dilihat lagu2 sekarang numpang lewat doang….paling lama sebulan lupa dech…….BtW guys…ada yang bisa bantuin gw nggk..??? gw butuh hai klipnya GN’R taon 1993 gw udah muter2 ampe keblinger nyariin nggk jg dapet….siapapun yg bisa bantu gw trims berat bisa hub gw di hp 081236773346 sebagai sesama fans berat GN’R gw yakin teman2 bs bantu gw…trims

  39. haloo setelah saya baca artikel ini, saya jadi ingin membeli buku yang sedang di ulas di atas tentang GUNS ROSEs .. band yang terlupakan oleh waktu …
    tapi bagaimana ya caranya ..
    tolong dong kalau ada yang bisa bantu …
    infonya di tunggu yaaa di email or sms di 0818 0718 00 77
    TERIMAKASIH BANYAK

  40. Untuk Made: yang lo cari dah sulit banget. saat smp, hai klip gnr dah gw baca ampe puluhan kali, dan isinya banyak dibahas juga dalam buku stenning ini. Kalau nanti gw dapet, lo bayarin ye…harganya mahal neh..hehehehehehe….

    Untuk: alrs. lo tinggal dimana? di toko buku gramedia Jakarta dan depok banyak tuh bukunya. cari yee….

  41. slash “I LoVe You” I Like Musick Loe…
    tanpa Loe Gun n Roses tk bisaa apa apa..
    hnyaa kmu yg bisa buat gun n roses jdi terkenal tuk sepanjang masa…
    jasa mu sngat berhargaa bagi gun n roses..
    dan kmu di nobatkan sebagai gitaris terbaik no.1 di duniaa,,,
    klo nnti kmu meninggal aku akan menggantiKN kmu
    sebagai gitaris terbaik di wilayh ku..
    hahahahayyy..

  42. hey Mr.Rose, andalah yang membuat saya kagum..
    dan andalah juga yang membuat saya terobsesi menjadi seorang lead vokal yang handal,

  43. Selain aransemen lagu yg keren abis..
    aksi panggung, karakter vokal Axl serta petikan gitar & gaya eksentrik slash adlh daya tarik utama GNR…hilang satu ibarat sayur tanpa garam..klo mau GNR besar lagi, ya harus d gabungin lagi smuanya..hey bung Axl, ente hebat tp ttp btuh org lain yg bisa ngdukung kehebatan ente..dan cuma slash & the gank yg bisa bantu ente..keep rock & f**king rool dude..

  44. Gw ska bngt ama gnr
    lagu”a emang dn enak” smua
    gitar’a jga gw bsa smua
    slahs emank keren abis deh stelan”a
    yook kta bikin band aliran’a kya gnr rock n roll
    itu yg mnjadi ispirasi gw bngt tuh

    yg mo ikut at gw aja di fb diskyyamihail@yahoo.Com
    rumah gw di tangerang

    1. gaya pangunnya palin terbaik, di dunia tiada band lain yg bisa seperty Guns N Roses
      suaranya Axl seperti tiger.

  45. Salam G’nR. Wlwpun aku blum lahr di kala Guns N’ Roses Lg mLegenda tapi tak tau rasa y aku jath hati dngan gaya dan lagu axl, slash dll. Saya bngga dngan band rock yg 1 ini. Pkoy mah ga ada yg bsa nandingin y dah. Thanks. Salam knal

  46. Dude!!Thanks ya udah bikin ulasan tentang GN’R, gw juga ada tuh Buku Biografinya, sumpah ga bosen2 bacanya ya,apalagi pas moment GNR di awal2 karir dimana susah payah mereka dan jatuh bangun mencoba survive, dan akhirnya jadi tali ikatan persahabatan yg kuat, Buat gw GNR adalah bagian Hidup gw, inget banget pertama kali gw suka pas kelas 3 SD, waktu itu pagi2 pas lagi siap2 mo berangkat sekolah abang gw nyetel lagu sweet child O’ Mine, sumpeh langsung jatuh hati gw denger riff intronya, karna waktu itu masih bau kencur kadang gw suka diem2 ngambil kaset GNR abang gw buat gw dengerin yg Appetite for Destruction, gila man, bener2 “membakar” banget, dan sangat laki2, ditambah style personil yg ngerock abis terutama Slash and Axl, gw juga jadi maniak GNR gitu, ngoleksi poster, album, sampe video konser, buat gw performance panggung paling asik ya GNR, apalagi gayanya Slash klo main gitar yg kadang dirangkul Axl, bener2 nunjukin kekompakan dan solid, ada juga di konser Use your Illusion di saint louis yg ada kerusuhannya gw inget pas bawain lagu Dust n’ Bone mereka nyanyi bareng, bener2 solid, sayang sekarang pecah, tapi gw masih berharap GNR kumpul lagi terutama formasi awal yg dahsyat.

    “I see standin’ there, You think you’re so cool, Why don’t you just, Fuck off!! – It’s So easy”

    1. “..so goodbye to you girl, so long farewell…” itu adalah potongan bait lagu Gn’R yang gw inget untuk ceritakan mereka saat akhir gw smp…bubar…

  47. axl n slash rujukan lah…..pengen liat kayak dulu lg …..
    axl n slash let it rock on stage…g ada lah band sehebat gn’r
    gn’r tetap hidu dihatiku,dihatimu dihati gun’s fuck’n roses…!!!!!!!

  48. ngak tau..kaya apa kalau gnr’ ngkak pernai..bubar..apa yanga ada di pikiran axl waktu itu sampe konfik sama slash tapi itu masalalu tapi gnr slalu abadi di hidup gue..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s