Tiga Pecatur Indonesia Raih Juara di Vietnam

Senin, 08 Juni 2009 13:02 WIB

JAKARTA–MI: Tiga pecatur junior Indonesia Medina Warda Aulia (1882), Chelsie Monica Sihite dan Dita Karenza mencatat kemenangan pada babak pertama kejuaraan catur tahunan kelompok umur ASEAN ke-10 di Hotel Huong Giang, Hue City, Vietnam, Minggu (7/6).

Sesuai keterangan yang diperoleh dari Humas Percasi, Kristianus Liem, pada pertandingan yang dimulai pukul 14.00 waktu setempat itu Chelsie yang tampil di KU-14 menundukkan pecatur tuan rumah Tran Nguyen Bao Tran.

Sementara Medina Warda Aulia di KU-12 putri menundukkan Michelle Ho (Singapura) dan Dita Karenza menundukkan Pham Hoang Nhat Anh (Filipina) di KU-10.

MF Rian Kapriaga (2094) yang tampil di KU-20 open ditahan remis oleh MF Daniel Chan Yi-Ren (2375) dari Singapura dan Nadia Anggraeni kalah dari Cherry Ann Mejia (Filipina/1840) di KU-14.

“Para pecatur bermain dengan menggunakan masker. Mungkin ini dimaksudkan sebagai pencegah virus flu babi yang akhir-akhir ini menakuti banyak orang karena belum diketahui obat pemunahnya,” ungkap Kristianus Liem melalui sambungan telepon internasional.

PB Percasi mengirimkan lima pecatur junior untuk ambil bagian pada kejuaraan catur tahunan untuk kelompok umur ASEAN ke-10 yang diselenggarakan di Hotel Huong Giang, Hue City, Vietnam dan berlangsung 6-15 Juni.

Mereka adalah MF Rian Kapriaga (KU20), Chelsie Monica Sihite dan Nadia Anggraeni (keduanya di KU14 putri), Medina Warda Aulia (KU12 putri) dan Dita Karenza (KU10 putri).

Kejuaraan catur untuk anak-anak dan remaja ini juga terbuka bagi negara di luar ASEAN sehingga tercatat empat negara lain yang ikut serta yaitu Rusia, India, Iran dan Australia. Sedangkan negara ASEAN yang ambil bagian adalah Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei dan tuan rumah Vietnam, sehingga total ada sepuluh negara peserta.

Chelsie Monica dan Medina Warda adalah dua pecatur junior putri yang saat ini tengah digodok secara khusus di SCUA (Sekolah Catur Utut Adianto) sebagai calon pelapis GMW Irene Kharisma Sukandar.

“Ini merupakan kesempatan pertama bagi mereka berdua untuk meningkatkan gelarnya dari WCM (Women Candidate Master) menjadi WFM (Women FIDE Master),” ujarnya.

Jadwal babak kedua, Senin (8/6):
KU-20 open: Ian Lee Yi-Sen (1957, SIN)- MF Rian Kapriaga (2094).
KU-14 putri: Phan Thi Huong Giang (VIE)-Nadia Anggraeni. Huong Thi Quynh Huong (VIE)-WCM Chelsie Monica Sihite.
KU-12 putri: WCM Medina Warda Aulia (1882)-Ma Ysabelle Joyce Semillano (PHI).
KU-10 putri: Dita Karenza-Nguyen Truc Linh (VIE). (Ant/OL-04)

(Sumber: http://www.mediaindonesia.com/read/2009/06/06/78728/149/3/Tiga-Pecatur-Indonesia-Raih-Juara-di-Vietnam)

2 thoughts on “Tiga Pecatur Indonesia Raih Juara di Vietnam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s