Next, ini kabar baik untuk sebuah kebangaan Indonesia, walaupun di daerahnya tidak ada sambutan…

BALIKPAPAN – Indonesia menjadi Juara di ajang turnamen sepak bola mini (7 pemain) bertajuk ASEAN Youth Football Cup U- 14 2009 I yang di gelar di Subanburi Bangkok, Thailand 21-29 Juni lalu.

Dari sepuluh pemain yang mewakili Indonesia di pentas ASEAN tersebut, 5 diantaranya berasal dari Kalimantan Timur. Mereka tiba di bandara Sepinggan Balikpapan Rabu, (2/7) pukul 01.15 Wita siang kemarin. Sebelum pulang ke Kaltim, mereka sempat di Jamu oleh Kementrian Pemuda dan Olahraga di Jakarta, pada Selasa (1/7) lalu.

Lima pelajar yang rata-rata masih berumur 14 tahun ini, tergabung dalam skuad tim Indonesia setelah mengikuti gelaran Menegpora Cup yang di gelar di Jakarta.

“Memang ada keterbatasan waktu untuk mempersiapkan siapa saja yang akan mewakili, jadi diputuskan pemain terbaik pada gelaran Menegpora Cup yang diberangkatkan untuk mewakili Indonesia, dari Kaltim 5 pemain berhasil lolos, ” terang Thamrin Bunai, pelatih yang mendampingi atlet dari Kaltim saat mendarat di Bandara Sepinggan Balikpapan, Rabu (1/7) kemarin.

Lima pelajar dari Kaltim yang terpilih diantaranya 2 dari Samarinda, M said (14) dan A Maulana (14), dan 3 dari Tenggarong, Ricky Pambudi (14), Rizal Fitrianto (13) dan Oppie Renaldy (14), 5 pemain lainnya yang ikut berangkat disumbang 1 dari Makassar, 1 dari Palembang, 1 dari Papua, dan 2 dari Jakarta.

Tim Indonesia mampu menyabet juara pada kejuaraan ini setelah menghempaskan tim tuan rumah Thailand dengan Skor 3-1, dan pada babak semifinal mengandaskan asa dari tim Malaysia dengan Skor telak 7-2.

“Walaupun anak-anak sempat drop saat kejuaraan, tetapi alhamdulillah dengan saling memberi semangat satu dengan yang lain bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia,” terang Thamrin.

M Said, pencetak 10 Gol dalam kejuaraan ini mengaku gembira bisa menjadi juara dalam Kejuaraan yang di gelar pertama ini. Dan dirinya menagku tidak banyak waktu untuk bersantai karena harus mempersiapkan diri untuk kejuaraan sepakbola U-15 se-Asean yang digelar di Malaysia Agustus mendatang. “Senang sekali bisa berprestasi dilevel Asean,” terang Aco sapaan akrab M Said.

Alex, Ayah dari M Said mengaku sangat bangga, bahkan sampai menagis saat melihat anaknya membawa piala kemenagan tim anaknya.

“Saya sangat bahagia, anak saya bisa mewakili Indonesia dan berhasil menjadi Juara,” terangnya.

Alex sangat menyayangkan tidak ada perhatian dari Pengprov PSSI maupun dari pihak pemerintah kaltim yang datang untuk menyambut, padahal mereka telah membawa nama baik bangsa di level ASEAN. (*/nan)

Sumber: Kaltim Post Online