In The Heart of Al Qaeda: Biografi Osama & Organisasi Jihad Al Qaeda

osama1

(Gambar Osama sebagai sampul buku In The Heart of Al Qaeda)

osama-bin-laden
(Gambar Osama pada salah satu halaman buku In The Heart of Al Qaeda)


Buku tentang biografi Osama bin Laden yang berbahasa Indonesia dapat dikatakan banyak yang tidak lengkap. Saya pernah membaca sebuah buku yang berjudul In The Heart of Al Qaeda pada bulan ramadhan tahun 2008. Buku yang sampul kulitnya bergambar wajah Osama menceritakan biografi orang yang paling dicari oleh Amerika Serikat dan jejak kelahiran organisasi Al Qaeda.

Event pesta buku Jakarta tahun 2009 ini, merupakan jadwal wajibku untuk memburu buku, dan tanpa disangka, buku yang sudah dibaca tersebut ada yang jual, bahkan harganya discount 50%. Asiiik, harganya kini hanya 24 ribu rupiah. Buku yang ditulis oleh orang Indonesia dari analis pada situs arrahman.com, dan Jihadmagz, menyuguhkan kajian langsung dari jantung Al Qaeda. Isi buku ini banyak dibangun dari biografi Osama yang berbahasa Inggris, dan dilengkapi hasil wawancara para tokoh, seperti Osama sendiri, dan gurunya: Abdullah Azam.

Seperti pada buku, berita, dan tulisan dimedia internet, Osama berjuang karena rasa keprihatinan akan tertindasnya muslim di Afganista. Penindasan ini dimulai tahun 1979 ketika Unisoviet menginvasi Afganistan, dan berbarengan lulusnya Osama dari Universitas King Abdul Aziz sebagai sarjana tekhnik. Selama 3 ttahun, Osama bolak balik ke Pakistan, Afganistan, dan Arab Saudi, baik itu mengumpulkan dana, maupun memahami medan jihad.

Peperangan di Afganistan yang diikutinya sejak tahun 1982-1989 telah membentuk dirinya sebagai mujahidin sejati, bahkan dengan semangat dia berkata:

Osama: satu hari jihad di Afganistan sama dengan 1000 kali shalat di masjid.

Dengan ilmu tekhniknya, dan dukungan finansial keluarga dan dermawan, khususnya para pangeran Saudi, Osama mampu mendirikan kamp latihan bagi sukarelawan yang ingin berjihad di Afgan. Perlu diketahui, mujahidin yang ada di Afgan adalah bangsa Arab, dalam buku ini diistilahkan Mujahidin Arab-Afgan.

Seiring berkecamuknya perang, banyak sanak saudara mujahid yang bertanya kepada Osama akan hidup atau mati sukarelawan perang Afgan. Data base mujahidin kacau, tidak tertata rapi administrasinya. Melihat kondisi ini, Abdullah Azzam mendirikan semacam pusat informasi mujahidin, dan berlangsung secara profesional. Setelah Azzam syahid tahun 1989, Osama meneruskannya. Kamp latihan, dan pusat informasi inilah sebagai cikal bakal kelahiran Al Qaeda. Mujahidin yang datang dari berbagai belahan dunia, dan itu bukan hanya Arab saja, kemudian memiliki senjata canggih untuk menghancurkan Unisoviet, dan senjata itu dibeli dari Amerika. Saudi yang menyediakan dananya, dan Amerika memasok senjata, khususnya Stinger yang amat baik menghancurkan heikopter Unisoviet (Lihat gambar di bawah). Kini, kemanapun Osama melangkah, pengawalnya selalu menenteng Stinger, dan pesawat Amerika Serikat siap dijadikan sasaran setelah Unisoviet. Sampai akhir tahun 1980-an, Amerika Serikat memiliki politik: Permanent Enemy, Bad Friend.

stinger_03Setelah Unisoviet dihancurkan mujahidien, Bad Friend berubah menjadi permanen enemy. Mujahidien yang sampai tahun 80-an didukung Amerika Serikat, maka tahun 90-an, mujahidien menjadi musuh Amerika Serikat. Tahun 1989, jihad di Afgan mulai mereda, Osama kemudian ke Sudan menjadi tamu kehormatan rajanya. Pada kesempatan ini, Osama membangun jalan-jalan raya, dan bendungan. Antara tahun 1990-1994, Osama mengalami masa yang membingungkan. Osama kembali ke Afganistan untuk mendamaikan para mujahidin yang saling bertikai antar sesam, tapi tidak berhasil. Tawaran Osama kepada raja Saudi untuk menghancurkan Iraq yang menginvasi kuwait dengan kekuatan veteran mujahidin Afgan, ditolak, dan Saudi lebih memilik Amerika Serikat. Osama shock.

Osama dengan para ulama yang jumlahnya banyak meyakini bahwa Haramain (mekkah dan Madinah) tidak boleh dikangkangi oleh kaum kuffar, contohnya Amerika Serikat. Dan yang membuat Osama kecewa, 20.000 tentara Amerika Serikat boleh membuat pangkalan di Saudi pasca mundurnya Iraq dari Kuwait. Kontan, kritikan Osama yang pedas terlontar. Saudi dan Amerika Serikat menekan Sudan agar mengusir Osama, tapi tak digubris. Puncaknya tahun 1994, Saudi mencabut kewarganegaraan Osama, sebuah tindakan untuk pertama kalinya oleh kerajaan Saudi sepanjang sejarahnya. Selanjutnya, aset Bin Ladin Corporation dibekukan oleh Amerika Serikat, tentunya dengan kerjasama Saudi. Dua tahun di Sudan kemudian diakhiri untuk menetap di Afganistan agar cita-cita ada sebuah negara yang menjalankan Islam dengan kaffah tercipta.

Pemilihan Afganistan sebagai awal Khilafah Islamiyah yang dicita-citakan karena memiliki persamaan visi-misi. Di Afganistan, Osama diterima sebagai tamu kehormatan oleh Thaliban yang tahun 1996 menguasai Kabul, sebuah kota akhir penaklukan oleh pasukan yang dipimpin oleh Mullah Muhammad Omar. Masa-masa di Afganistan diisi untuk menguatkan dalam menghancurkan Amerika Serikat. Di Afganistan inilah, Osama merencanakan, melatih 19 pejuang untuk menghancurkan gedung kembar WTC, dan Pentagon. Selain itu, juga berhasil meluluhlantakkan kapal perang Amerika Serikat di Teluk Aden tahun 1998, pemukiman tentaranya di Saudi tahun 2000. Osama sudah mengetahui kalau beliau, Al Qaeda dan Thaliban akan dihancurkan Amerika Serikat, dan harus bertindak:

pertahanan terbaik adalah memulai penyerangan!!.

Rencana Amerika Serikat tersebut, bukan hanya karena properti perangnya dihancurkan, akan tetapi lebih kepada minyak. Thaliban menolak ijin Amerika Serikat yang akan menanmkan pipa minyak yang melalui Afganistan sekitar medio akhir tahun 1990-an. Dan perang tidak bisa dihindari.

Tiga bulan sebelum 11 September 2001, Osama telah mengirim email ke FBI tentang rencana penghancuran bersejarah itu, 230 tahun sejak pembukaan pasar di WTC. Osama mengakui bahwa dia yang melakukan semuanya, dan mendoakan 19 syuhada pembuat sejarah tersebut, terbesar event dalam abad 21. Penghancuran tersebut sesuai dengan 39 prinsip jihad yang dikeluarkan Osama bersama ulama-ulama. Disisi lain, jihad tidak harus dengan perang, pada prinsip no.34 dinyatakan adalah penting berjihad melalui media elektronik, dalam hal ini salah satunya ialah internet. Cyberjihad yang mulai marak tahun 1999 menjadi senjata ampuh, ketika itu situs yang dibangun untuk perang di Balkan, baik itu Bosnia ataupun Cechnya. Tahun 2000, Al Qaeda memiliki situs resmi, tapi hanya berumur setahun. Hubungan lewat jalur internet tidak diintensifkan melalui situs-situs, namun email yang sekali pakai lalu dihancurkan agar tidak terdeteksi oleh CIA atau Mossad. Tahun 2004, Irhaby 007 amat terkenal sebagai hecker dan simpatisan Al Qaeda yang onlie terus di forum diskusi tentang Jihad.

Banyak yang mengira Afganistan negara miskin, dan tertutup sehingga amat mungkin teknologi menjadi lamban. Namun tidak demikian bagi Al Qaeda dan Thaliban (sahabat sejati). Ketika Tora Bora dibombardir oleh Amerika Serikat akhir tahun 2001, wartawan menyaksikan bahwa:

“anggota Al Qaeda menyelamatkan diri sambil menenteng laptop dan menyandang AK”, bahkan dikatakan oleh pengamat Timur Tengah, bahwa Osama adalah cerdas, apalagi anggotanya amat mahir dalam perangkat video dengan berbagai format, dan tentunya internet.

Selama tahun 2002-2008, Al Qaeda tetap melakukan peperangan dengan tentara Amerika Serikat dan sekutunya juga NATO di Afganistan, dan meluaskan jaringannya ke seluruh dunia, baik itu melalui kegiatan militer, maupun teknologi informasi seperti televisi, media cetak, dan cyber. Seluruh negara didunia yang muslimnya tertindas, maka dapat dipastikan ada jaringan Al Qaeda, baik itu yang menyatakan dirinya sebagai anggota atau afiliasi, kasus ini dapat dilihat di Afganistan, Cechnya, Sudan, Somalia, Filipina, Indonesia, Tajikistan, Palestina, Bosnia, Iraq, Libanon, Dagestan, Kashmir, dan Pakistan. Buku ini ditutup dengan pernyataan bahwa,

Al Qaeda menjadi organisasi jihad terbesar karena organisasi jihad ini membuka terhadap gerakan Islam apapun, kecuali Syiah. Al Qaeda menjadi fenomena Internasional, baik itu bagi dunia muslim, ataupun dunia global yang tanpa batas.

zbignew-brezinski-osama-bin-laden400

osama460x276Osama Bin Laden walks with Afghanis in the Jalalabad area in this 1989


Sumber dan tulisan terkait: Bedah buku In The Heart…, The Giant Man, …………..

47 thoughts on “In The Heart of Al Qaeda: Biografi Osama & Organisasi Jihad Al Qaeda

  1. subhanalloh!.puncak ketaqwaan yang sangat agung dan kaffah dengan di buktikan oleh jihad fisabilillah. firman allah yang menyatakan “berjihadlah kalian dengan harta dan jiwa kalian. hal ini telah di buktikan oleh osama bin laden. ALLOHU AKBARA lanjutkan perjuangan mu ya akhi.!
    ——–
    manstaf Gan…..

      1. klo kluarga sya jd korban boom aq ikhlasin bgt coz insya Alloh syahid…tetaplah brjuang wahai ksatria Islam…
        ——–
        Amiiinn…

  2. orang islam tuh keras kepala!!!
    hampir semua orang islam yang saya kenal keras kepala walaupun saya sendiri juga islam.
    semua bego, bodoh!!!!
    apalagi osama..
    noordin m top tambah bego..
    sukanya membuat orang lain sengsara..
    coba bayangkan kalau kamu jadi keluarga korban bom!!!!
    —————
    Sarkatis yang miskin pengetahuan….
    Baca buku dulu ya….
    (maaf bila menyinggung)

    1. ntek amak ang nyebut aorang islam kau tu yang bodoh………….apa ibu mu ngk baca bismilah wktu buat kau.siapa nma kau??????????anjing kau………..islam tu udh capek di maenkan maka nya osaman bin laden tu igin mnbla islam kau bodah coba lihat pembantaian bosnia irak pelestina.dan d negara laen gra2amerika yahudi anjing tu
      ————-
      Akh, si anjing!!!

      1. nah gini ni yg namanya orang islam…orang yg sukA ngurusin orang lain,,ga usah sok2an ngurusin irak , bosnia, palestina, urusin dirimu dulu,,baru ngurusin orng lain, baru ngurusin negara, kalo dah beres smua,,,! baru ngurusin yg namanya negara orang,,,islam di irak lah,bosnia lah. # yg jelek tu bukan agama islam,smua agama tu sama. tp orng2 kayak lo yg ga ngerti agama, yg bikin aGAMA ISLAM TERCORENG,,! CAMKAN TU..! jihad tu ga slalu dg kekerasan,,tergantung situasi dan kondisi,,! jngan membunuh orng mengatasnamakan JIHAD,,.!
        ——————-
        Agama semuanya tidak sama. Kalau ada muslim yang peduli dengan mulim yang lain, saya pikir adalah baik, apalagi dianjurkan dalam ajaran Islam. Kalau muslim membunuh orang atas nama Jihad, memang masalah untuk anda?. seperti kata anda yang juga untuk anda: “urusin dirimu dulu,,baru ngurusin orng lain”….hehehehehe…..

        1. sama dari mana fik?klo dipikiran orang munafik kaya nt tuh kayanya hittler bush obama fir’aun jengiskhan kayanya baka kumpul bareng disurga donk, jijik jg gw liap pemahaman pluralisme

    2. anda kan punya otak bagian Amygdala (Otak Penyerangan dan kerja kelompok), masa anda mengaku Islam tapi tak bisa bela Diri dan bela saudara seiman.

  3. hem…apakah jihad harus dilakukan di Indonesia yg aman ini? kasian jg liat para korban “yg gk tau apa2” jd sasaran…aku mau tanya mas…knp Nurdin M Top ngijinin MU maen k Malaysia negaranya sendiri, tapi di Indonesia malah disabotase? Trims
    —————-
    Thanks sudah komentar, dan salam kenal….
    Kalau mau jawaban yang pasti langsung ke Mr.Top, namun demikian saya ingin berkomentar bahwa:

    1. Saya pikir, Indonesia tidak aman karena keamanannya mudah dilewati/dijebol alias tidak ketat. Buktinya sering ada bom, dan Mr.Top dipelariannya sempat2 menikah dan memiliki 2 anak, mastaf, bukan? It’s only happen in Indonesia…
    2. Kenapa MU bisa main di Malaysia?, karena pengamanan mereka ketat dan profesional, siapapun orangnya tetap diperiksa, akal di Indonesia, kalau sudah kenal: tinggal angkat tangan langsung masuk, padahal kemungkinan menyeludupkan sesuatu. Lihat saja kasus Boim sang floris di Ritz Hotel
    3. Mr.Top, saya kira tidak pernah mengijinkan atau membolehkan soal pertandingan MU di Indonesia atau di Malingsia. Yang ada di Internet itu: Bushro, saya yakin sebagai penguat alasan mengapa beliau melakukan pengeboman, atau bahkan alasan tersebut bukan dibuat Mr.Top.
    …………………….
    ………………………

    1. begini bung, dulu saya pernah membaca, kalau ada 2 tikus jantan dan 1 tikus betina dimasukan dalam satu kandang maka 2 tikus jantan tersebut akan saling bergulat bahkan sampai mati memperebutkan 1 tikus betina. akan tetapi jika 2 babi jantan dan 1 babi betina dimasukan kedalam satu kandang, maka 2 babi jantan tersebut akan bersetubuh bergantian jantan dengan jantan, lalu para ahli biology menemukan keanehan ini disebabkan oleh : babi jantan ke 1 tidak ingin babi betinanya direbut babi jantan ke 2 jadi babi jantan ke 1 menghalangi babi jantan ke 2 untuk mendekati betina, karena babi jantan ke 2 tidak tahan maka babi jantan kedua langsung mengawini babi jantan ke 1, babi jantan ke 1 merasa direndahkan dan membalas mengawini babi jantan ke 2. hal ini disebabkan lemahnya keinginan babi untuk bertarung dan membela diri. Babi tidak memiliki keinginan untuk bertarung dan membela diri. dikarenakan otak bagian Amygdala babi sangat payah dan otak bagian System limbic yang terlalu aktif, dikarenakan oleh hormon babi itu sendiri.

  4. utama jihad itu dg diri sendiri,baru dengan kelurga,baru masyarakat,baru negara,itu pun dg berpandukan al-quraan dan sunnah,…
    tapi hal sekarang ini adalah politik. yang dimain kan oleh??????????,…..!!!!!!!
    ————-
    Jihad perang dulu kale….

  5. assalammualaikum Wr.Wb. Demi Allah Swt dan Rasulnya Baginda Muhammad SAW, teruslah berjuang Para Kesatria Islam… tetapi sekali lagi jangn di tempat yang Mayoritas Seperti Di indonesia ini.
    wahai para Aulia Jihad habiskan Amerika dan Israel. selama Palestina belum merasa aman dan kembali sejahtera hancurkannnnnn Amerika…!!! ALLAHUAKKBAR….. Allahuakbar…!!!! alangkah BODOH, DUNGU dan BEBAL nya jika ada yang mengatakan ISLAM Kasar dan Kejam. Anda Tidak Pernah Tau sejarah Mengapa Ini semua Terjadi…
    Islam adalah taat, damai indah… kami tidak akan pernah mencari darah dan musuh jika tidak di ganggu terlebih dahulu… KAMI ISLAM Berperang Untuk MAti dan Mereka yang KAFIR bereperang Untuk Hidup!!!!
    ——————————
    oke.

  6. Ya, Allah Persatukanlah Islam di dunia,, Al Qaeda, Iran, sadarkanlah Negara2 Arab untuk membasmi Israel, Amerika dan sekutu2nya. Israel dan Amerikalah teroris dunia………..Islam akan selalu bereaksi dgn tindakan org2 kafir itu…..Allahu Akbar….

  7. Assalamualaikum. . . .
    Jujur aq juga shok mengetahui smwny ini, tetapi percyalah smw yg trjadi ini pasti byak hikmahnya dr yg trkecil sampai yg trbesar. Dan sekarang kita sudah tahu bhwa bnyk negara2 islam yg sudah kacau balau entah apa itu brkhianat entah apa itu kputusan yg tepat yg negara itu lakukan, tetapi bgi kalian generasi islam muda baik itu di Indonesia dan negara lainya, aq mohon pada kalian jangan korbankan nyawa kalian dengan cepat, aq mohon pda kalian, karna aq yakin kita punya jalan lain untk menguatkan islam didunia sehingga cucung kita akan trsenyum kembali seprti dizaman pimpinan trtinggi baginda Rosulullah, wahai saudara q marilah kita kuatkan otak kita, pintarkan otak kita, cerdaskan otak kita, kita buat diri kita seperti Rosulullah kita harus menjdi muslim yg pandai, kita harus calak, dan kita harus membentuk rencana besar!!
    Kita harus membuat rencana penguasa’an negara. Kita sbagai generasi islam yg baru berfikirlah apkah kalian pernah berfikir, kita harus mnjadi pemimpin2 dnegara ini baik itu dewan, presiden, jendral, panglima dn lain nah kita harus menjdi pemimpin dnegara ini jgn sampai non muslim mnjdi pemimpin kita harus mengambil alih semuanya, ikutilah jalan Adolf Hitler dia dahlu menjdi bagian negara tetapi pda akhrnya dia memerintah negara. dgn cara kita mengotak atik otak kita sehebat munkin agar kita menguasai dahulu sautu lingkup dahlu. Ayolah saudara q berupayalah menjdi pemimpin!! Dan jika disuatu negara trsbut telah penuh dgn pemimpin islam dgn bgitu islam akan leluasa mengusai negara itu dan membentuk Kekhalifahan yg baru!! Lalu kita buat generasi islam dnegara lain agar mengikuti rencana ini. Kita bantu mereka dgn ilmu2 dahsyat yg kita temukan brkrja sama dgn mreka sehingga ngara2 lain trsbut akan menjdi negara islam juga. Dgn begitu kita akan memiliki diplomatik yg kuat. Dan jika itu brhasil gantian, kita harus mngambil hati negara lain seperti halnya amerika dahulu dan kita akan menjadi negara islam yg brkuasa!! Menjdi negara Adidaya!! Kita perkuat militer kita dgn kerja sama yg tinggi dgn negara islam yang lain dgn begitu niscaya kita tidak akan lg dihina dan dihancurkan karna kita disegani bahkan ditakuti oleh smwnya. Percyalah pada q. kau tahu jika di iran ahmadinejad ada bnyak kemungkin besar iran menjdi negara trkuat. Olh krna itu saudara q generasi islam muda blajarlah yg bnyak. brupayalah untk menjdi pemimpin dan membentuk kekholifahan yg baru.

  8. Untk sa’at ini kita serahkan dahlu perjuangan islam kepada pemimpin skrg. Dan kita sbgai generasi islam muda brhetilah dgn jalan kekerasan kita persiapkan dr skrg rencana kita dan bila kita telah siap marilah kita saling brkrja sama untk menjdi khalifah dan memperkuat islam. Kita harus memprsiapkan kekuatan kita dan bila waktuny telah tepat kita hancur musuh kita dgn kekuatan yg dahsyat, kita musnahkan bil perlu semangat genrasi islam muda, pintarkan diri kalian kita harus menjdi khalifah!!!. . . .
    SEMANGAT DAN KUMANDANG DENGAN INDAH DAN MEMBERIKAN SEMANGAT “ALLAAAAAAAHU ‘AKBAR”. . . . .
    Islam akan brjaya kembali. Aq yakin itu. . . . .

    1. bos emang kenapa klo pake kekerasan?jgn anda alergi dengn kekerasan, emang islam bs tegak tanpa kekerasan, baca lagi siroh berapakali Rosulullah s.a.w berperang?g pernah sy baca siroh klo Rosulullah s.a.w cuma duduk dan ber do’a untuk memurnikan dakwah tauhid

  9. Dan satu lagi, aq tk percaya Nordin M. Top salah satu anggota Al-Qaedah. Al-Qaedah itu Terhormat. Aq tak sudi menganggap Nordin M. Top Sbgai anggota Al-Qaedah!!

  10. Wah g mudeng neh coba bca lg y. . . .
    Yg aq ktakan kta itu sbg gnerasi muda hrus mmprsiapkan qualitas kta, dan apbla kta sdh siap brsma2 kta pecahkan masalah umat muslim yg tak hbis2nya menyayat hati ini, satu kalimat dr q utk situasi kta sa’at ini ” musuh kta sngatlah cerdas itulah klebihan yg dberikan Allah kpd mreka dn kta skrg sdang di adu domba oleh mereka”. . . .

  11. jihad memiliki aturan yang sangat ketat..semuanya telah diatur dalam al-qur’an nur kariem..
    barang siapa mengaku beragama Islam tetapi menentang jihad…mungkin masih perlu belajar fiqih lagi di TPA kali gan..hehehee

  12. Aduh g mudeng smw, ini nih sdah kbiasaan kta, ssma muslim itu susah utk saling memahami dgn muslim yg lain, perpecahan muslim ddunia ini sdah mulai nyata, kalian ini gmna sih coba kalian baca lg, ada g kalimat saya unsur2 yg menyatakan saya mnentang jihad, pkek ngomong ke TPA lg, apakah benar muslim itu seperti ini? ah sudah ah, smoga kalian akan mmilki kelebihan seperti musuh kta yg kuat krna mereka cerdas dan saling menyatu. . . .

  13. saya bingung con^_^…perang dulu atau ibadah dulu…kalo mati sahid di peperangan masuk neraka dulu ga? Tapi enakan jadi pengusaha biar bisa nyumbang buat islam jangka panjang…nyumbangnya engga sekali udahan…^_^(black flags)

  14. Assalamu’alaikum wr wb

    Rasulullah SAW bersabda : Barangsiapa yang mengganggu kafir Dzimmy,maka ia telah mengganggu aku.
    Di dalam Al-Qur’an dijelaskan Asysyidda ‘ala al-kufar,rahhama bainahum
    Artinya: tegas terhadap orang kafir dan kasih sayang sesama muslim.

    Mudah-mudahan qt bisa mentafsirkan dalil ini sebagai alat untuk menciptakan perdamaiandi dunia ini.

    Amien.

  15. hahahahaha, kenapa saya ketawa sendiri ya liat tulisan saya sebelumnya, sungguh perkataanku sebelumnya merupakan perkataan orang-orang yang masih labil. berpegang teguhlah kepada keyakinan kalian masing-masing selama kita tidak menjalankan apa yang dilarang dan menjalankan perintahnya niscaya kita menjadi hamba-hamba yang diselamatkan dari api neraka..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s