Raih 3 Emas di Kazakhstan, Triyatno Buat Bangga Indonesia

9f4d37b8b683c6331a4f3928a0f36118

BALIKPAPAN – Lifter Kaltim Eko Yuli Irawan,20, berhasil meraih dua emas dan satu perak pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior yang berlangsung 14-21 Juni di Bucharest, Rumania. Eko yang tercatat sebagai lifter dibawah naungan Persatuan Angkat Besi Berat dan Binaraga Seluruh Indonesia (PABBSI) Balikpapan itu mampu mengungguli lifter-lifter dunia, Selasa (16/6).

Eko berhasil meraih emas setelah mampu mengangkat Snatch 136 kg dilanjutkan Clean and Jerk mencapai 161 kg. Sehingga total angkatan Eko menjadi 297 kg. Posisi Perunggu diraih lifter Cina, Qioa Ningbo,18, yang mampu mengungguli Eko pada angkatan Snatch dengan 137 kg tetapi untuk Clean and Jerk hanya mampu 161 kg. Sehingga total angkatan lifter Cina itu hanya 292 kg.

Kemudian posisi ketiga ditempati lifter asal Iran Sajad,20, yang total angkatannya kurang 2 kg dari Qiao atau seberat 290 kg. Pada angkatan snatch Sajad mampu mengangkat 133 kg kemudian Clean and Jerk 157 kg. Pada kejuaraan kalini Eko berlaga pada kelas 62 kg. Padahal sebelumnya atlet yang pernah meraih medali Perunggu di Olimpiade Beijing ini hanya bertanding di kelas 56 kg.

“Luar biasa Eko bisa mengharumkan nama PABBSI Balikpapan ditingkat internasional,” kata ketua PABBSI Balikpapan Bone ditemui di kantor KONI Balikpapan, Rabu (17/6). Bone melanjutkan prestasi ini di Rumania menambah koleksi medali Eko sendiri. Karena sebelumnya Eko pernah berhasil menjadi juara dunia sekaligus menjadi “the best lifter” (lifter terbaik) pada Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior di Praha, Ceko 2007.

Prestasi terbaik lainnya adalah meraih medali emas pada SEA Games XXIV (2007) di Thailand. Kemduian meraih medali perunggu pada Olimpiade di Beijing pada 10 Agustus 2008, yang juga tercatat sebagai medali pertama Indonesia dalam event tersebut. (*)

Sumber: Tribun Kaltim

2 thoughts on “Raih 3 Emas di Kazakhstan, Triyatno Buat Bangga Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s