Selesai ajar, sekitar 09.30 WIB, aku membuka detik.com. Al hasil berita yang mengagetkan muncul, yaitu bom meledak sebanyak 2 kali di Ritz Carlton yang letaknya dekat dengan Marriot. Bom ini meledak 2 kali, pertama pukul 07.40 dan kedua, 07.55 WIB. Menurut Detik.com, jumlah korban sekitar  10 orang, dan keamanan seperti Datasemen 88, dan polisi mengamankan area. Police line sudah terpasang. Bagaimana bentuk kejadiannya, berikut gambar yang aku copast dengan meminta ijin, tentang bom kuningan Juli 2009 ini.

hotel-ritz-carlton-meledak

breaking-news1

breaking-news2

breaking-news3

ritz-carlton14

foto-korban-ledakan-bom-ritz-carlton-dan-jw-marriot

ritz-carlton1

Bom Juli pagi ini menyisakan banyak korban, dan tentunya trauma. Terkait dengan itu, siapakah yang bertanggungjawab?

Merunut kejadian yang berlangsung belakangan ini, boleh jadi Al Qaeda atau organisasi yang sepaham dengan mereka adalah pelakunya. Pembunuhan muslim Umruqi di Xinjiang China menyulut kemarahan Al Qaeda dan mereka mengancam akan membalasnya. Ritz Carlton dan JW Marriot adalah tempat yang tepat karena cukup banyak orang china, setidaknya sipit dan orang bule yang juga musuh Al Qaeda, serta disekitar penginapan itu, juga dekat dengan Dubes Cina.

Disisi lain, Ritz adalah tempat yang akan diinapi tim sepakbola Inggris, MU yang rencananya tampil tanggal 20 Juli 2009. Strategi pemilihan tempat pengeboman ini, tergolong bagus untuk menarik perhatian dunia internasional, apalagi Indonesia baru selesai perhelatan besar, yaitu Pemilu Legislatif dan Eksekutif untuk periode 2009-2014. Analisis sederhana ini dan terhitung tergesa-gesa, hanya sekedar pikiran sederhana yang coba menebak siapakah pelakunya. Sekarang tinggal menunggu, adakah yang bernyali menyatakan bertanggungjawab terhadap bom tersebut???, atau polisi Indonesia yang lebih dulu menyatakan hasil penelitiannya bahwa Al Qaeda atau organisasi afiliasinya yang terlibat???….

Sumber foto: masdhenk, yepiye,