Bantuan Kuliah S2: Belum Jelas Kelanjutannya

Bantuan kuliah yang biasanya diberikan Komite SMAN 32 Jakarta kepada guru yang melanjutkan kuliah S1 dan S2 setiap bulannya sejak Februari 2009, kini belum ada kejelasannya. Yang pasti, hingga tanggal 24 ini (molor 14 hari), bantuan Rp.250.000 tersebut belum saya terima. Mei lalu, saya sempat menyanjung prestasi Komite yang berani menalokasikan dana untuk yang kuliah kembali (baca disini ya…).

Raker 2009_1[Peace for Raker 2009]

Belum diperolehnya bantuan ini, menyusul dari opini dan pertanyaan rekan-rekan guru mengenai kebijakan Kepsek yang disetujui Komite terkait bantuan kuliah saat Raker tanggal 29-30 Juni 2009 lalu. Namun sangat disayangkan, ketuk palu belum dilaksanakan, bahkan tidak temasuk dalam saran tertulis yang menjadi lapiran Raker, tapi bantuan sudah lenyap begitu saja.

Terkait penghentian subsidi tersebut, atau setidaknya belum ada kejelasannya, boleh jadi disebabkan beberapa hal sebagai berikut:

1. Subsidi kuliah dikeluarkan ditengah perjalanan program dan uangpun tidak dianggarkan dalam APBS, sehingga pengeluaran membengkak. Komite mengorek kocek setidaknya Rp. 2.500.000 perbulan.

2. Menurut salahsatu guru, bahwa subsidi terasa tidak adil dan tidak tepat sasaran karena seluruh guru yang kuliah diberikan tambahan dana. Seharusnya hanya guru honorer yang S2 saja, dan yang kuliah S1dan S2 yang berstatus PNS tidak diberikan karena sudah dibiayai oleh Pemerintah serta gajinya banyak.

3. Tanya salahsatu guru, bahwa batas bantuan kuliah tidak jelas, selama ini Komite hanya memberikan tapi belum ada batasan.

Ketiga alasan, opini, dan tanya di atas, kemudian ditanggapi dengan penghentian subsidi, padahal sampai detik ini tidak ada pemberitahuan secara resmi, apalagi tertulis terkait penghentian tersebut, setidaknya tidak ada kejelasan. Entah sampai kapan. Terlepas dari itu semua, kuliah harus tetap jalan. Amiiin.

Pic of  Raker 2009

Raker 2009_4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s