Indonesia Juara Pertama Mobil Hias di Paris

173358p

PARIS, SELASA – Indonesia ikut berpartisipasi dalam Karnaval Tropical yang sudah ke tujuh kalinya di adakan oleh pemerintah Kota Paris dibawah Gurbenur Bertrand Delanoe, 5 Juli 2008.

Mengusung tema De Carnaval toutes les Couleurs (Karnaval dengan berbagai warna), kegiatan ini diikuti lebih dari 30 kontingen dari berbagai Negara antara lain Brazilia, Guadelupe, Martinique, Guyana, dengan keikutsertaan lebih dari 2000 orang peserta.

Karnaval yang dimulai tepat pukul 14. 00 waktu Paris menempuh jalur dari Place de la Bastille sampai ke Porte Doree. Iring-iringan peserta karnaval disambut dengan antusias oleh ribuan penonton di sepanjang jalan dan disiarkan secara langsung oleh stasiun TV Perancis, France O. Dalam parade ini juga, tim Juri memilih peserta dengan kostum dan penampilan terbaik.

Menurut Tatiana Handayani dari bagian Penerangan, Sosial dan Budaya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, keikutsertaan Indonesia ini dalam rangka memperkenalkan Indonesia ke masyarakat Paris dan mendukung program Visit Indonesia Year 2008.

Dengan mengusung tema Unitans la Diversit (Bhinneka Tunggal Ika), Delegasi Indonesia menampilkan musik tradisional, yang dimainkan secara langsung oleh beberapa Staf KBRI Paris serta pemusik dari Indonesia di atas truk tronton yang dimodifikasi.

Sementara, di barisan depan truk melenggak lenggok penari-penari yang mengenakan kostum Dayak dari Pemda Kabupaten Malinau, Kalimantan Timur. Rombongan penari yang berjumlah 31 orang ini sebelumnya tampil di acara serupa di Zaragoza, Spanyol. Mereka sengaja diundang pihak KBRI Paris, untuk meramaikan karnaval ini. Jerih payah mereka tidak sia-sia. Peserta Indonesia mendapatkan juara pertama untuk kategori mobil hias terbaik.

Sumber: Kompas.com

One thought on “Indonesia Juara Pertama Mobil Hias di Paris

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s