Penyanyi Indonesia Juarai Festival New Wave di Latvia

foto-shandy050809

LATVIA/

Jakarta (ANTARA News) – Penyanyi Indonesia Shandy Sondoro dan penyanyi Ukraina, Jamala (Susana Jamaladinova) akhirnya ditetapkan sebagai juara bersama pada festival penyanyi muda internasional New Wave 2009 yang diadakan di pantai Yurmala, Latvia. Keduanya berhak atas hadiah masing-masing 50.000 euro.

siaran pers Kedubes Indonesia untuk Ukraina yang diterima di Jakarta, Rabu, menyebutkan, persaingan Shandy dan Jamala sudah nampak sejak hari pertama lomba yang disiarkan langsung TV Ukraina dari Latvia. Hari pertama Shandy menyanyikan lagu “When a Man Loves a Woman” memperoleh nilai 119 sedangkan pada hari kedua Shandy membawakan lagu ciptaannya sendiri “Kasihku” dengan perolehan nilai 238.

Jamala yang difavoritkan karena lengking suaranya yang khas, juga memperoleh nilai 238 hingga hari kedua. Pada hari ketiga, lagu “End of Rainbow” yang diciptakan Shandy memperoleh standing ovation penonton dan keseluruhan 12 juri memberi nilai sempurna, 10, sehingga nilainya menjadi 358. Hal sama juga diperoleh Jamala.

Terdapatnya dua pemenang pertama merupakan sejarah baru festival New Wave sejak diselenggarakan tahun 2002. Sebagaimana dilansir koran Segodnya di Kyiv, sejam sebelum acara pemberian hadiah pihak panitia akhirnya sepakat menambah hadiah 50.000 euro yang sebagian di antaranya dikeluarkan dari kocek pribadi Igor Krutoi, ketua juri yang pro Shandy.

Tempat kedua lomba diraih penyanyi Italia, Antonello Karozza dengan hadiah 30.000 euro dan tempat ketiga, Mark Yusim dari Rusia, memperoleh 15.000 euro.

Legenda musik Rusia, Alla Pugacheva juga menyerahkan hadiah khusus Golden Star Alla dan uang USD 50.000 kepada penyanyi Ukraina, Mila Nitic.

“Bagi saya kemenangan bukanlah hal utama; yang terpenting adalah sambutan publik (Latvia) yang luar biasa, yang benar-benar diluar dugaan saya,” ujar Shandy sebagaimana dikutip dari koran Segodnya.

Festival penyanyi muda internasional New Wave 2009 diikuti peserta dari Latvia, Kazakhstan, Cina, Italia, Indonesia, Polandia, Finlandia, Perancis, Ukraina dan Rusia. Festival ini yang diadakan setahun sekali di pantai Yurmala, Latvia sangat popular di belahan Eropa Timur khususnya negara eks Uni Soviet.

Juri lomba terdiri dari selebritis terkemuka Rusia, seperti Valery meladze, Nikolay Baskov, Igor Krutiy, Alla Pugachova, dan Filip Kirkorov.

Penyelenggaraan festival sempat diwarnai protes delegasi Cina yang tidak puas atas nilai terendah yang diberikan juri kepada penyanyi Cina, Gu Liya, 190, pada hari kedua lomba. Pada acara pemberian hadiah, Gu Liya memperoleh piagam penghargaan dari pemda Yurmala. (*)

Sumber: Antara

6 thoughts on “Penyanyi Indonesia Juarai Festival New Wave di Latvia

  1. gooddd…. gooddd…. salutttt…. tetep baawa nama INDONESIA….
    inilah salahsatu wujud bela negara…. g pake otot….

  2. 3 Hal yg tidak membedakan antara pahlawan masa lalu dan masa kini adalah TOTALITAS, SEMANGAT PANTANG MENYERAH dan PERCAYA bila tuhan menghendaki, maka tak ada yang tak mungkin ! … Standing Applause for Shandy Sondoro !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s