Indonesia Raih Medali Olimpiade Informatika Internasional

veni180809London (ANTARA News) – Angelina Venni Johanna, siswi SMAK 1 BPK Penabur Jakarta dan Reinardus Surya Pradhitya, dari SMA Kolese Kanisius Jakarta berhasil meraih medali perak pada the “21st International Olympic in Informatics (IOI) ” yang diadakan di kota Plovdiv, Bulgaria, dari 8 hingga 14 Agustus.

Sementara itu, Risan, siswa SMAN 1 Tangerang, meraih medali perunggu, ujar Sekretaris Tiga Pensosbud KBRI Sofia, Bulgaria Aditya Timoranto dalam keterangan kepada koresponden Antara London, Minggu.

Aditya Timoranto mengatakan Olimpiade informatika internasional untuk tingkat SMA yang diikuti 315 siswa dari 83 negara dan disebut sebagai olimpiade informatika internasional terbesar hingga saat ini.

Tim Indonesia pada olimpiade terdiri atas Venni, Adit, Risan dan Christianto Handojo siswa SMA Kolese Kanisius Jakarta didampingi Ir. Suryana Setiawan, dua staf pengajar Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia dan Ir. Nur Rokhman dari Fakultas MIPA Universitas Gadjah Mada.

Menurut Ir. Nur Rokhman, perolehan medali kali ini setidaknya melebihi perkiraan sebelumnya karena diperkirakan hanya satu medali perak yang dapat diraih. Tim IOI Indonesia sebelumnya berjuang setelah melalui dua ujian 10 dan 12 Agustus lalu.

Tim IOI Indonesia kali ini belum berhasil meraih medali emas sebagaimana pada IOI ke-20 di Mubarok City dekat Cairo, Mesir, Agustus lalu ketika Tim IOI Indonesia memperoleh satu medali emas dan tiga perunggu.

Namun hal yang menggembirakan adalah Risan menunjukkan peningkatan setelah sebelumnya memperoleh medali perunggu pada IOI ke-20. Bahkan bagi Venni yang juga meraih perak, IOI ini merupakan yang pertama kali baginya.

Sementara itu Dubes RI untuk Sopia, Immanuel Robert Inkiriwang, menyelenggarakan jamuan makan malam dan ramah tamah bagi Tim IOI Indonesia di Wisma Duta bersama Home Staff KBRI.

Pada kesempatan tersebut, Dubes RI menyampaikan partisipasi Tim IOI Indonesia merupakan kebanggaan bagi Indonesia , karena mereka turut membantu upaya pemerintah meningkatkan citra Indonesia sebagai duta bangsa dalam kompetisi tersebut.

Menurut Dubes, medali yang diperoleh para pelajar merupakan hadiah ulang tahun bagi Indonesia menjelang Peringatan Proklamasi Kemerdekaan RI ke-64 pada tanggal 17 Agustus tahun ini. (*)

COPYRIGHT © 2009

Sumber: Antara

2 thoughts on “Indonesia Raih Medali Olimpiade Informatika Internasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s