Tim Kalingga UGM Juarai Kompetisi Internasional “Trust By Danone”

Jakarta (ANTARA) – Tim Kalingga dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta berhasil membawa pulang Throphy pemenang pertama dengan nilai tertinggi dalam kompetisi Simulasi Bisnis “Trust By Danone” di Paris, 2 April 2009.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Danone Group tersebut merupakan kompetisi internasional yang ke-6 dan diikuti oleh negara-negara seperti Argentina, Belgia, Brazil, Republik Chech, Indonesia, Polandia, Portugal, Rusia, Spanyol, dan Turki, demikian keterangan tertulis Danone Indonesia, di Jakarta, Rabu.

Kompetiti ini bertujuan membekali pengetahuan bisnis kepada generasi muda khususnya mahasiswa tingkat akhir dari perguruan tinggi ternama untuk mengenal dunia kerja dan menyiapkan diri mampu bersaing di pasar lokal maupun internasional.

Desitha Rahma salah satu anggota tim Kalingga dengan bangga mengatakan, “Tampilan kami dinilai luar biasa mulai dari presentasi You Tube Video atau Votes Video, Speed Meeting dan On stage dengan kostum lokal dan logistik unik serta permainan dengan visualisasi kesatuan tim yang kocak dan menawan para juri”.

Menurut ia, simulasi bisnis itu mengambil judul: “How to make SGM product available to 100 % of consumers in Indonesia” dengan sample bagaimana menjangkau konsumen yang tersebar diseluruh kepulauan membuat tim Kalingga menang telak atas pesaingnya.

Desitha menambahkan, kompetisi edukatif dan menarik tersebut menjadi cara kreatif serta unik yang ditawarkan DANONE GROUP. Setiap tim beranggotakan lima orang tersebut berperan sebagai Board of Directors (Managing Director, Finance Director, Operation Director, HR Director dan Sales & Marketing Director) dari sebuah unit bisnis baru dalam permainan tersebut.

Ia bersama anggota Tim Kalingga dikondisikan menjalani waktu selama tiga bulan untuk melakukan nalisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, and Threats analysis), menentukan “strategic direction, action plan, dan profit and loss estimate” untuk tiga tahun ke depan. Dalam setiap keputusan yang diambil harus mempertimbangkan dan menerapkan prinsip-prinsip DANONE Way

Sementara itu, Agus Samsudin, pendamping Tim Kalingga dari unit bisnis Danone di Indonesia mengatakan, keunggulan tim Kalingga membuktikan bahwa para mahasiswa Indonesia memiliki kemampuan dan kecerdasan yang bisa diadu dengan bangsa lain.

“Mereka pun dapat tampil dengan gagasan-gagasan cemerlang. Melihat antusiasme mahasiswa Indonesia membuat kita yakin bahwa kita masih punya masa depan yang menjanjikan sebagai sebuah bangsa yang besar,” katanya.

Pada tahun 2009 ini, para peserta Trust di Indonesia berasal dari berbagai universitas terkenal seperti Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjajaran, Universitas Gadjah Mada, serta Universitas Airlangga.(*)

COPYRIGHT © 2009

Sumber: Antara

One thought on “Tim Kalingga UGM Juarai Kompetisi Internasional “Trust By Danone”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s