UNDIP TOLAK MAHASISWA MALAYSIA (Judul Asli: Undip Hapus SNMPTN di Kuala Lumpur)

Malaysia_TerbakarSemarang, undip.ac.id – Universitas Diponegoro (Undip) Semarang meniadakan seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNMPTN) di Kuala Lumpur, Malaysia, tahun ini. Sebelumnya, mahasiswa Malaysia memang diberi kesempatan mengikuti SNMPTN di Kuala Lumpur untuk kuliah di perguruan tinggi yang membuka jalur lewat SNMPTN.

Itu dilakukan sebelum tahun 2006, saat Undip kebagian kuota empat orang mahasiswa Malaysia setiap tahun. Namun setelah tahun 2006 hingga kini, Undip tak lagi menerima mahasiswa Malaysia.

Undip tak khawatir akan dikecam dan siapa menerima konsekuensi logis atas langkah tersebut. Sebab, perguruan itu yakin langkah tersebut didukung banyak pihak.

Rektor Undip Prof Dr Susilo Wibowo MS Med SpAnd menyatakan penegasan itu, kemarin. Langkah itu, kata dia, didasari empat alasan.

Pertama, kualitas intelektual mahasiswa Malaysia yang kuliah di Fakultas Kedokteran beberapa tahun terakhir jelek. Mahasiswa terbaik ternyata dikirim ke Eropa dan Amerika, sedangkan kualitas kedua ke Australia.

”Memang di atas kertas mereka membayar lebih banyak daripada mahasiswa lain. Namun mereka juga tak mau memenuhi kewajiban membayar studi.

Universitas pun terpaksa menagih ke para mahasiswa itu. Bahkan beberapa mahasiswa susah ditagih dan ada yang tak membayar. Itu alasan kedua,” ujar dia, didampingi Pembantu Rektor IV Dr Muhammad Nur.

Anak Bangsa

Alasan ketiga, Rektor telah bertemu kepala daerah tingkat II, bupati, wali kota, dan gubernur di seluruh Indonesia yang menyampaikan keinginan putra daerah mereka bisa dididik di Undip. Undip pun tersadar perguruan tinggi itu punya tanggung jawab mencerdaskan anak bangsa.

”Site di Fakultas Kedokteran setahun hanya 200, sedangkan pendaftar 14.000 lebih. Kira-kira ada yang rela nggak bila sebagian kursi diberikan untuk bangsa lain yang selama ini menginjak-injak harga diri negara ini?”

Dia menyatakan sebagai nasionalis terpaksa tak bisa menerima mahasiswa Malaysia. ”Sebab, anak-anak bangsa lebih membutuhkan pendidikan itu daripada sekadar menerima SPP lebih tinggi dari mahasiswa luar,” katanya.

Alasan keempat, Malaysia berkali-kali melecehkan Indonesia, terutama perilaku warga malaysia terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) sungguh menyakitkan.

”Saya senang Presiden telah memberikan komentar atas perilaku Malaysia yang mengklaim tari pendet. Kita memang terusik oleh perilaku mereka dan komentar Presiden memantapkan kami untuk menolak mahasiswa Malaysia studi di sini,” ujar dia

Sumber: Undip

5 thoughts on “UNDIP TOLAK MAHASISWA MALAYSIA (Judul Asli: Undip Hapus SNMPTN di Kuala Lumpur)

  1. Melihat siaran TV tentang perlakuan polis Malaysia bertindak kejam pada TKI, yang ada hanya perasaan marah. Kasar, sadis dan tidak manusiawi alias hewani. Dan yang jadi hewan itu polis Malaysia. Berulang kali kita menanggung duka akibat betapa sadis, kejam dan tak beradab orang Malaysia menyiksa bahkan membunuh TKI kita.
    Perlakuan pada seorang Manohara, sebuah fakta, nyata terjadi dalam kalangan atas lingkaran anak raja, yang katanya beradab.
    Malaysia sebuah bangsa yang tidak mempunyai identitas diri.Malaysia mengalami krisis identitas, bangsa sakit setiap mengenang sejarah Majapahit.

    Saat ini menyala amarah , bergelora rasa nasional saya setiap mendengar, melihat dan menonton yang berbau Malaysia. Saya sepakat dengan Permadi, yang sangat soekarnoist. Mari kita menggemakan kembali GANYANG MALAYSIA dalam berbagai sektor. Sektor pendidikan merupakan salah satu dari sekian sektor.

    GANYANG MALAYSIA….mereka menguasai laut dan darat kita. Mereka menjarah ikan dan kayu kita. Mereka memperkosa perempuan kita. Lihat perdagangan anak wanita di sekitar gerbang imigrasi Tebedug, Kalimantan Barat. Mereka sadis menyakiti tenaga kerja kita. Mereka mengurung banyak orang Indonesia di ladang sawit tanpa identitas. Banyak orang Indonesia jadi budak di kebun sawit, tak pernah punya ongkos untuk biaya kembali. Para kuli bangunan tak beridentitas diri terkurung di area kerja. Karena setiap gerak dipantau dan dijadikan alasan Polis Malaysia menghajar serta menguras isi kantongnya. Polsi Malaysia dengan urat malu tak punya rasa, selalu memanfaatkan semua peluang untuk sorong tangan mendapat uang dari TKI. Polis Malaysia akan segera memburu anak Indonesia yang menonton TV pada acara bulutangkis, Indonesia menaklukan Malaysia. Sakit sakit terbalas habis melalui aksi kasar terhadap TKI, putera bangsa Indonesia.

    GANYANG MALAYSIA…..karena mereka telah melecehkan bangsa ini. Setelah menjarah hasil bumi dan laut mereka masih merampas hak atas daratan kita. Malaysia memindahkan patok tanah, merampas pulau dan perampok segala kekayaan. Kini mereka lebih dalam menggerogoti mencuri harta kita, karya budaya, pengenal jati diri bangsa.Harta yang paling berharga, dimana pada saat papan, sandang dan pangan terbatas, yang masih tersisa adalah harga diri, jati diri, kebudayaan kita. Malaysia, barbar dan maling di siang hari, segala kekayaan dan harga diri kita. GANYANG….GANYANG MALAYSIA.
    Mari kita satukan suara, kita gandakan pernyataan-pernyataan penolakan kita atas Malaysia melalui semua media massa, termasuk dunia maya. GANYANG MALAYSIA…GANYANG MALASYIA… GANYANG…GANYANG…………………..GANYANG MALAYSIA…
    ————-
    Seorang nasionalis sejati, saya senang membaca tulisan anda…tetap semangat demi harga diri bangsa….

  2. Dasar media.. Banyak yang tidak bisa dipercaya..

    Makasih banyak sudah berbagi info resmi dari universitas yang bersangkutan di sini.. ^^
    ———
    Thanks juga….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s