Guru Honorer Diminta di PNS-kan Tanpa Tes

Sumber Foto

JAKARTA — Pengangkatan guru honorer menjadi pegawai negeri sipil (PNS) yang belum sempat terangkat pada tahun anggaran 2009 baru-baru ini, diminta segera dituntaskan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Bahkan, penuntasan persoalan pengangkatan guru honorer ini diminta masuk dalam program 100 hari Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II di Kementerian MENPAN dan Reformasi Birokrasi. Demikian hal ini diungkapkan sejumlah anggota Komisi II DPR dalam rapat kerja dengan Menpan, di Gedung DPR, Rabu (18/11).

Selain itu sebagian senator juga meminta, agar pengangkatan guru honorer tidak perlu melalui tes, sebab telah cukup banyak honorer yang telah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun sebagai guru pengajar.

“Kita tidak ingin masalah ini terus berlarut-larut, setiap kali pengangkatan masih ada saja guru honorer yang telah bertahun-tahun mengabdi namun tidak juga terangkat, jadi kami minta ketegasan persoalan honorer harus tuntas dalam program 100 hari kerja KIB II. Angkat mereka menjadi PNS tanpa tes, mereka itu sudah mengabdi bertahun-tahun lamanya,” tegas salah satu anggota DPR RI, Jabal Aziz.

Menteri Negara Pendayaguanaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi, E.E. Mangindaan, menanggapi sejumlah pertanyaan anggota DPR RI terkait pengangkatan guru honorer, menuturkan, saat ini pihaknya sangat mendukung upaya pengangkatan tenaga honorer yang saat ini belum terangkat di tahun 2009.

Asalkan lanjutnya, hal tersebut sesuai dengan data dan langkah akurasi, serta pencocokkan dengan peraturan pemerintah (PP) 47. Selain itu, Menpan juga menyampaikan persoalan pengangkatan guru honorer harus terlebih dahulu diintegrasikan dengan data dari pihak terkait seperti Mendiknas, Menag dan Menkes. Sebab ketiganya merupakan instansi yang banyak menampung tenaga teknis.

“kita tak bisa memutuskan kapan waktu pengangkatan guru honorer yang masih tersisa. Yang jelas, agenda ini akan kita selesaikan bersama secepatnya, setelah seluruh data yang kami butuhkan telah lengkap,” terangnya.

Sementara itu, dalam rapat komisi II yang dipimpin oleh Burhanuddin Napitupulu, terungkap, saat ini masih tersisa 51 ribu tenaga honorer dari berbagai instansi yang belum terangkat di tahun 2009. (gus/fmc)

Sumber: Fajar Online

5 thoughts on “Guru Honorer Diminta di PNS-kan Tanpa Tes

  1. Yth. Para Pejabat Pemerintahan, Para Pemerhati Pendidikan dan Para Pembaca.
    Saya mewakili guru honorer di Madrasah Tsanawiyah Swasta Mustaqim Bailangu Sekayu Musi Banyuasin Sum-SEl.
    Saya mau tanya apakah ada kesempatan bagi kami yang honorer di Madrasah Swasta untuk di angkat CPNS, kalau tidak ada bagaimana nasib kami dan sekolah kami yang sekarang berdasarkan Peraturan “Pemerintah” sudah gratis dan memang sejak tahun 2006 sekolah ini sudah gratis…..
    ————————-
    Semoga kabar yang menyedihkan ini dibaca oleh pemerintah…..

  2. Semua janji pemerintah omong kosong, klo dah mau pemilu/pilkada guru honor di dekati, setelah itu pemerintah cuek..

    1. Lagian anda mau aja didekati oleh calon dalam pemili/pilkada…..makanya, jadi guru harus cerdas, jangan gampang dimanfaatkan atau diperdayakan atau dibohongi…..

      Sekarang waktunya, bukan menyesali kebodohan yang dulu dilakukan….
      sekarang waktunya bertindak, singkirkan mengeluh dan mengaduh…
      jadilah guru yang ikut serta dalam menentukan kebijakan demi peradaban bangsa Indonesia yang lebih baik lagi…..

  3. pemerintah yang sekarang cuma2 janji2 doang nggak ada realitanya, guru sangat berjasa pada gusdur yang telah menjadikan derajat guru naik, sekarang nasib guru honorer semakin terkatung2.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s