Avatar Movie: Film Terkeren Tahun 2009

Bulan Desember, bagiku, adalah bulan yang cukup menyibukkan. Jadwal pasti adalah kesibukan dalam mempersiapkan raport, dari cek dan ricek nilai yang sudah masuk serta dihitung, juga mencetaknya. Bulan ini lebih menyibukkan, karena keponakan gantengku-Sidqie- sakit. Alhasil, keluar rumah untuk ke toko buku, jalan-jalan, dan nonton film di XXI or 21 menjadi mulur.

Untuk yang terakhir disebutkan, dapat diatasi dengan melalui DVD (bajakan). Nyesel juga belinya, karena aku telah menyuburkan kegiatan yang merugikan tersebut, dan tambah merugikan ternyata filmnya dengan kualitas gambar buruk. film apakah itu?…Avatar….tak puas dengan itu, aku akhirnya nonton di bioskop, dah wah!, keren banget!.

Selama tahun 2009 ini, banyak film yang ku tonton di bioskop, antara lain yangku anggap keren adalah Terminator 4, Star Trek, 2012, dan Transformer 2. Namun yang terkeren adalah Avatar. Film sains-fiksi ini merupakan teguran dan sindiran bagi manusia terhadap perlakuannya kepada bumi kini. dalam film yang menceritakan masa depan, sekelompok maskapai yang didanai pemodal besar mengeksplorasi planet yang bernama Pandora karena hasil buminya. Sebuah batu energi (entah namanya) yang bernilai sangat besar. Namun, tempatnya ada dibawah pohon besar yang sejatinya merupakan kampung bagi Ras Na’vi yang mendiami planet tersebut dengan budaya sahajanya (sederhana, mungkin masih primitif). Ras Na’vi seperti kucing, dan maskapai tersebut berkepentingan mempelajarinya untuk memudahkan tujuan-tujuannya.

Rekayasa genetika yang canggih, manusia menciptakan program bernama Avatar, yaitu jiwa-ruh-pikiran manusia masuk ke dalam jasad Na’vi. Ilmuan yang dipekerjaan, benar-benar ilmuan sehingga bersinggungan dengan maskapai yang serakah. Jack yang ditugasi sebagai mata-mata melalui Avatar-nya, ternyata berbalik, setelah berkenalan dan mendalami kehidupan Ras Na’vi. Disinilah terjadilah konflik peperangan, antara manusia dengan mesin perangnya dan Na’vi dengan kekuatan mereka, seperti busur panah, burung Toruk, badak Pandora, serta carnivora. Kalau dilihat secara mendetail, film ini cemerlang, karena mampu menghidupkan hayalan tentang kehidupan yang benar-benar baru disuatu planet.

Aku memaknainya, tidak hanya khayalan yang begitu menarik, akan tetapi sebuah kisah yang mengingatkan, sekaligus menyindir manusia, betapa perilaku mereka begitu tidak bersahabat dengan alam, dan ras lainnya. Seiring nonton film ini, aku teringat peristiwa orang kulit putih yang mengusir dan membantai suku Indian, para perusahaan yang dengan buasnya membabati hutan, dan tersisihnya suku-suku disekitar proyek besar, seperti di Papua, Kalimantan, dan Sabah. Film Avatar ini, tidak hanya menghibur, tapi juga mendidik.

Diluar itu semua, ternyata film Avatar termasuk film yang kebanjiran prestasi, lihat saja di: yahoonews, top 10, website-nya, detik, dan kapanlagi. Pendek kata, sekali lagi, Avatar adalah film terkeren tahun 2009.

3 thoughts on “Avatar Movie: Film Terkeren Tahun 2009

  1. Coba cek IMDB.com untuk membaca ulasan-ulasan lain tentang avatar. Satu hal yang saya setuju adalah Avatar merupakan sebuah pertanda baru pencapaian teknologi visual, dari segi kualitas cerita? sayangnya tidak ada yang baru.
    ——–
    tidak ada yang baru???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s