Formasi CPNS 2010 Diusul 350 Ribu Orang

100 Ribu Formasi buat Honorer Data Base

JAKARTA — Pemerintah mengusulkan pengangkatan pegawai negeri sipil (PNS) baru tahun anggaran 2010 sebanyak 350 ribu orang. Jumlah ini akan dibagi dalam tiga kategori, masing-masing 100 ribu formasi dikhususkan bagi tenaga honorer yang sudah masuk data base, dan memenuhi PP 48 Tahun 2005 jo PP 43 Tahun 2007 tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS, 100 ribu untuk honorer non APBN/APBD yang bekerja di instansi pemerintah serta 150 ribu untuk formasi pelamar umum.

Hal ini diungkapkan Sekretaris Menteri Negara Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Sesmen PAN & RB), Tasdik Kinanto saat rapat dengar pendapat (RDP) dengan Panitia Kerja (Panja) Honorer yang terdiri dari gabungan Komisi II, Komisi VIII dan Komisi X bersama Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PAN & RB, dan Kepala BKN di Gedung DPR RI, Senin (1/2).

Menurut Tasdik, usulan yang disampaikan ini merupakan tindaklanjut dari rapat gabungan komisi yang dilakukan pekan lalu dalam rangka menyelesaikan pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS tahun 2010 ini.

Dalam RDP yang dipimpin Ketua Panja, Taufiq Effendi itu, Tasdik mengatakan, pihaknya sudah merumuskan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang honorer ini, dan sudah disampaikan ke Komisi II.

Terkait dengan itu, lanjut Tasdik, berdasarkan data base yang ada di Kementerian PAN & RB, hingga akhir tahun 2009, jumlah honorer di Indonesia 920. 702 orang. Dari jumlah itu, yang sudah diangkat
berdasarkan PP No. 48 Tahun 2005 jo PP No. 43 Tahun 2007 tentang pengangkatan tenaga honorer menjadi CPNS, sebanyak 895.500 orang.

“Sedangkan sisanya ada 104 orang yang memang memenuhi PP 48 Tahun 2005 junto PP 43 Tahun 2007, namun belum terakomodir karena tercecer atau teranulir saat proses pengangkatan. Sementara untuk tenaga honorer non APBN/APBD yang bekerja di instansi pemerintah, hingga saat ini belum diketahui berapa jumlahnya karena pendataannya terkendala,” ungkap Tasdik kemarin.

Tasdik mengatakan, untuk sekitar 104 honorer yang tercecer atau teranulir itu, pemerintah menemukan penyelesaiaanya yakni memprioritaskan pengangkatan mereka melalui formasi CPNS tahun ini tanpa tes, namun harus melalui validasi dan verifikasi kembali.

“Untuk mereka yang tercecer itu akan kita prioritaskan tahun ini, namun kita harus melakukan verifikasi dan validasi lagi untuk memastikan bahwa keberadaan mereka seperti yang diatur dalam PP 48 Tahun 2005 junto PP 43 Tahun 2007 itu. Sedangkan untuk honorer yang belum terdata itu, direncanakan akan didata secara nasional dan validasi. Hanya lewat cara ini kami mengalami problem, yakni membutuhkan waktu lama, biaya besar dan jumlah tenaga yang tak sedikit,” kata Tasdik.

Untuk mengatasi problem itu, Tasdik dalam RDP kemarin mengusulkan agar mereka yang honorer tapi tak dibiayai APBN/APBD disiapkan formasi dan disilahkan mengikuti seleksi/tes khusus para honorer non APBN/APBD dengan syarat yang diatur tersendiri.

“Jadi mereka (honorer non APBN/APBD) itu tak kita data, tapi didaftar dan disarankan ikut tes khusus mereka para honorer sendiri dengan syarat dalam RPP yang kita siapkan. Misalkan mereka tes tapi tidak lulus, dan instansi/pemerintah masih membutuhkan bisa tetap dipekerjakan sebagai tenaga outsourcing
atau pegawai tidak tetap dengan gaji sesuai kemampuan daerah untuk membayar.

Kita harapkan PTT ini diberikan gaji sesuai standar UMP. Ini agar ada peningkatan kesejahteraan pegawai,” papar Tasdik sambil menambahkan, “Honorer non APBD/APBN yang akan mengikuti tes ini harus memenuhi syarat, misalnya masih bekerja di instansi pemerintah, usia maksimal 46 tahun, dan dilihat masa kerjanya.”

Menyikapi hal ini, Ketua Panja, Taufiq Effendi sebelum menutup RDP kemarin menegaskan agar Panja ini bekerja serius, dan agenda pekan depan adalah pembahasan RPP Honorer. “Kami harapkan agar pekan depan sebelum rapat ini dilakukan, pemerintah supaya menyampaikan draft RPP tersebut beberapa hari sebelum untuk dipelajari. Intinya masalah honorer ini harus dituntaskan, karena itu harus ditemukan solusi yang tepat sehingga para honorer ini bisa diangkat,” pungkas mantan Meneg PAN tersebut.

Sumber: Metronews

73 thoughts on “Formasi CPNS 2010 Diusul 350 Ribu Orang

  1. Saya honorer pemadam.diangkat oktober 2006 sebagai honorer biaya apbd.apa sy trakomodir dlm pp th 2007. Apa saya bisa diangkat otomatis?msh ada 70 anggota pemadam kab crbn yg blm diangkat pns,honor apbd n blm data base, bantu kami..
    —————-
    kita tunggu PP baru di Blog ini…hehehehehehe….

  2. saya anggota pemadam kebakaran, saya masuk pd thn 2007 dgn status Tenaga Harian Lepas digaji oleh APBD. apakah saya bisa diangkat pd thn 2010 ini. tlng perhatikan kami sbgai anggota pemadam kebakaran yg beresiko tinggi ini
    ————
    Bisa diangkat!

  3. saya guru honoren di intansi departemen agama tepatnya di MTs. Al Jumhuriyah Bayongbong Kab. Garut. selanjutnya saya ingin tau apakah nama saya sudah masuk data base belum, sementara saya sudah mencoba melihat di internet ternyat sulit tolong bagaimana caranya untuk melihat di internet tersebut.
    ————–
    Silahkan langsung tanya ke BKD dan BKN. Selamat mencoba!

    1. Assalamu’alaikum Wr. Wb.
      pa mau bertanya saya udah 6 tahun mengabdi sebagai guru honorer di SDN Cinunuk III Kecamatan Wanaraja kab. garut, kemudian pada bulan yang lalu saya pernah mengiisi pendataan guru honorer yang katanya untuk pengankatan PNS langsung apa betul atau tidak ?

  4. Pak nanti keputusan itu berlaku untuk semua tenaga honorer APBD/APBN untuk yang guru saja atau TU juga pak. kita TU Honorer APBD Daerah sampai sekarang kok belum ada yang diangkat, padahal guru semuanya sudah diangkat, padahal kita sama – sama mengabdi di Instansi Swasta dan dibiaya oleh APBD tapi kenapa yang TU belum ada yang diangkat. TOLONG PAK PERHATIKAN NASIP KAMI YANG TERANIAYA.
    —————–
    Bagaimana mungkin anda kerja di instansi swasta, tapi pemerintah (negeri) yang membayarkannya?…saya kira, sampai sekarang ini, rasanya hampir tidak mungkin pemerintah mengangkat pegawai swasta, baik guru dan TU menjadi PNS….

  5. Saya seorang tenaga honorer di Dep. Keuangan. Masa Kerja saya di sini adalah 2 tahun (di bulan april 2010). Dan Kami (saya beserta kawan2 honorer yang lain) di gaji melalui anggaran APBN. Selanjutnya yang saya tanyakan adalah apakah kami (saya dan teman2 saya yang lain) bisa diangkat pada tahun 2010 ini. terimakasih
    ——————
    Bisaaaaaa……

    1. terimakasih untuk admin sudah menjawab pertanyaan saya. Ada lagi yang saya tanyakan.Mengapa selama ini aksi2 para honorer DEPKEU tidak ada tanggapan. Sebagai contoh : honorer di Departemen lain sudah ada pengangkatan, hanya di DEPKEU saja (menurut kami) yang tidak ada pengangkatan sebagai CPNS.Untuk sementara ini dulu pertanyaan kami (teman2 honorer di DEPKEU). Terimakasih.
      ——————–
      Di DIknas, pengangkatan diserahkan kepada lokal (baca: provinsi), sehingga guru-guru sudah mulai diangkat cukup besar pada tahun 2003 dan 2004 melalui kontrak dan PTT. Untuk Departemen yang terpusat, misalnya DEPKEU, maka menunggu PP yang tentunya terpusat, sehingga pada tahun 2011, anda memiliki kesempatan untuk diangkat sebagai CPNS.

  6. saya guru honorer 4 tahun bekerja di sekolah dasar negeri bagaimana pengangkatan menjadi guru kontrak
    —————
    tunggu pengumumannya yaaa….

  7. Pak. Sya adalah tenaga kontrak penyuluh pertanian yg d biayai oleh APBN dn telah mengabdi kpd negara slma 3 thun. Apkah dg pp yg bru ini kmi bs d angkt menjdi pns. Trims.
    ———————
    Bisa pak…

  8. Pak Tolong saya, saya PTT di SMK Negeri 2 Kota Tegal sedang saya di biayai oleh komite karena saya dapat SK dari Kepala Sekolah alias Tenaga Tirak Tetap Non APBN/APBD saya sudah 17 Tahun tapi nasib saya tidak jelas tolong nasib saya Pak. saya memiliki 2 Orang anak yang tiap hari butuh makan dan butuh gizi tolong Pak nasib saya, sedang tadi baca yang mau diangkat yang SK nya dari Ka. Dinas Pendidikan, Ka. Yayasan Ka. Puskesmas sedang saya SK dari Kepala Sekolah Negeri dapatkah saya diangkat menjadi CPNS Tolong NAsib saya dan Anak Istri saya untuk melangsungkan hidup ini Pak.
    —————–
    Melihat paparan anda, maka anda bukan tergolong PTT, tetapi GTT. Dengan demikian, anda memiliki kesempatan besar untuk menjadi CPNS pada tahun 2011. Siapkan berkas-berkasnya yaa….ada koq berita baiknya diblog ini, cari juga yaa….

  9. Assalamu’alaikum
    saya sebagai PTT sejak tahun 2001 dibiayai APBN, pada saat pendataan pengisian formulir tahun 2005 di kolom “anggaran” saya isi dengan “dana lain-lain”. menurut PP 48/2005 juncto PP 43/2007 yang dapat diangkat adalah harus dibiayai APBN/APBD sehingga sampai saat ini saya belum diangkat CPNS, karena kesalahan centang pada dana anggaran

    Pada saat tahun 2004 saya pindah ke guru dengan anggaran masih APBN sampai saat ini tapi tidak termasuk database

    yang kami tanyakan :
    1. Manakah yang harus saya pilih antara Karyawan TU atau Guru pada saat pendataan ulang nanti,
    sedangkan saat ini saya termasuk database karyawan TU di BKN
    2. pak jika saya memilih guru apakah tidak timbul masalah dengan database saya nanti,
    sebelumnya saya masuk database pegawai TU

    3. dengan adanya pendataan ulang nanti apakah databese saya yang di pegawai TU sudah tidak
    berlaku lagi jika saya pilih guru

    1. Data di BKN menjadi acuan utama bagi pengangkatan CPNS, dengan demikian, ketidaksingkronan data dengan kenyataan dilapangan, maka akan dapat sangksi, kecuali anda “bermain mata” dengan pejabat terkait. PTT dibiayai oleh pemda melalui anggaran APBD.

      Saya kira, anda jangan “pindah” menjadi guru atau sebaliknya (TU). Selain itu perbuatan tercela karena culas alias manipulatif, itu menunjukkan anda tidak memahami tentang posisi anda sekarang. Yang menjadi pertanyaan, apakah anda sebagai TU atau guru atau keduanya?. Pilih salah satu. Data ulang yang akan digunakan ialah yang sudah terdaftar di BKN. Jangan salah lagi yaaaa, fatal akibatnyaaa…..

  10. Nama Saya SUGENG RIYADI saya sudah mengabdi di Dinas Pendidikan SMK Negeri 3 Purwokerto sudah 10 Tahun karena saya mengabdi sejak tahun 2000 status saya sampai sekarang masih PTT Sekolah, padahal teman2 saya yg baru 5 tahun ada yg 4 tahun sudah pada diangkat PNS, apa saya bisa menjadi PNS ????

  11. Maaf Pak ko belum dibalas saya pertanyaan saya,…..???
    apa peraturan Pemerintah yg baru mengenai CPNS bisa mengangkat saya menjadi CPNS/PNS, saya PTT di SMK Negeri 3 Purwokerto yg sekarang menjadi SMK N 3 RSBI (Rintisan Sekolah Berstandar Internasional) dan saya sudah mengabdi 10 tahun, apa dg status itu bisa mengangkat saya menjadi CPNS/PNS.. trima kasih

  12. Saya PTT Sekolah di SMK Negeri 3 Purwokerto sudah 10 Tahun (1999-2010) tapi sampai sekarang nasib saya kurang jelas padahal banyak teman-teman saya yg mengabdi dibawah saya masa kerjanya sudah diangkat menjadi PNS….

    Bagaimana dengan saya pak apa peraturan baru nanti bisa mengangkat saya menjadi PNS ? terima kasih.

  13. Saya salah seorang PTT yang mengabdi sejak tahun 1993 di sekolah Negeri, Ijazah saya S1 PAI, apakah saya masih bisa diangkat sebagai pegawai negeri sipil? terima kasih.

  14. Trima kasih balesanya…. tapi setelah saya baca di Wordpres.com Parth 2.. itu RPP tentang Guru sdang saya Tanaga Administrasi, apa RPP itu jg berlaku untuk saya… Tambahan saya sudah punya NUPTK dari pusat(Nomor Unik Pokok Tenaga Kependidikan) tak tunggu mas balesanya… Trima kasih

    1. Saya lebih senang menyebutnya: kebanyakan untuk guru, mungkin karena anggota DPR mendapat pemasukan dari guru, dan karena guru-lah yang bergerak memperjuangkan nasibnya, bukan orang lain. Semoga pegawai TU juga termasuk didalamnya selain guru, dan juga pegawai TU dapat bergerak juga, karena bangsa ini memiliki manajemen khas, yakni “manajemen presure”, mereka akan bekerja kalau ada yang menekan. Jangan diam saja, bangun kekuatan, dan tekanlah!!!!

  15. bgmn klw testing yang untuk tenaga honorer non apbn/apbd dikhususkan hanya untuk yang mempunyai surat tugas/SK tahun 2004 kebawah, jd yang thn 2004, 2005, dst. tdk diikutsertakan testing… krn honorer yg dibawah thn 2004 umurnya sudah cukup untuk menjadi PNS, dan sudah mengabdi cukup lama. mohon pertimbangannya terima kasih…….

  16. saya GTT di sekolah negeri dan swasta sejak tahun 2005.. tapi saya di gaji dr komite sekolah, SK dr kepala sekolah, punya NUPTK. kira2 bisa gak ya dipertimbangkan dalam pp yg sdg dibahas ini untuk jd PNS??? teng kyu

    1. Kalau anda mendaftarkan diri sebagai GTT Sekolah Negeri, kemungkinan bisa, asalkan masuknya mulai 1 Januari 2005….

  17. Mf.. saya cuma mau nanya bgmn nasib pegawai setda prov jateng, yang memiliki sk (januari-okt 2005)waktu pendataan 2005 kami kurang masa kerjanya…tp untuk sampae th ini kami msh bekerja sdh 5 th…dan kami masuk sebelum ada larangan mengangkat honorer tepatnya 11 nov 2005..jd seharusnya kami kan meemnuhi syarat untuk diangkat kan?karena gaji dari APBD & WKT PENDATAAN kami masuk kategori MS B…BGMN APA KAMI ADA KESEMPATAN UNTUK DIANGKAT? nuwun…

    1. Pak,saya tenaga honorer d smk negeri sbg pegawai administrasi,saya d gaji oleh komite dan sk saya sk kepala sekolah,saya mulai bekerja tahun 2003,Apakah saya bisa d angkat jadi PNS pak? thanks atas jawabannya pak

  18. Bapak, Saya Tenaga Honorer di Dinas Pertanian Prov. Sulut Sejak 2008. Apakah Saya Berpeluang Diangkat Jadi PNS Pada Tahun 2010 Ini? atau Kapan Pak Saya Bisa Diangkat? Apa Saja Sie Persyaratannya? Mohon Jawabannya Ya Pak! Terima Kasih

    1. Tahun ini, dan sampai 2 tahun kedepan, tidak ada peluang untuk anda menjadi PNS. YAng akan diangkat adalah menjadi honor awal / per tahun 2005, silahkan bergerak untuk memperjuangkan nasib anda. Di DPR RI, instansi yang diwakili ialah Guru, Dokter, dan DepTan. Selamat berjuang, jangan diam saja!!

  19. Bapak, Saya Tenaga Honorer di Dinas Pertanian Prov. Sulut Sejak 2008 dan Dibiayai Oleh Dana APBD. Apakah Saya Berpeluang Diangkat Jadi PNS Pada Tahun 2010 Ini? atau Kapan Pak Saya Bisa Diangkat? Apa Saja Sie Persyaratannya? Mohon Jawabannya Ya Pak! Terima Kasih

    1. Kapan?, anda yang menentukannya!!, semakin anda berani “berkoar-koar” semakin cepat anda diangkat menjadi PNS. Selamat berjuang!!!

  20. Saya adalah tenaga PENYULUH PERTANIAN dengan nama THL-TBPP (Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian). Status Kami adalah tenaga KONTRAK dibiayai oleh APBN…Telah mengabdi selama dua tahun.. Pertanyaanya adalah : Apakah saya bisa diangkat menjadi PNS…?? Terimakasih.

  21. Saya adalah tenaga PENYULUH PERTANIAN dengan nama THL-TBPP (Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian). Status Kami adalah tenaga KONTRAK dibiayai oleh APBN…umur saya saat ini 40 tahun, Telah mengabdi selama dua tahun.. Pertanyaanya adalah : Apakah saya bisa diangkat menjadi PNS…?? Terimakasih.

  22. Saya adalah tenaga honor bekerja di instansi dinas kependudukan dan pencatatan sipil saya sudah bekerja selama 5 thn mulai dari 4 juli 2005 yg dibiayai APBD dan skr umur saya 27 tahun, yang ingin saya tanyakan adalah :kapan tenaga honorer seprti saya ini akan diangkat menjadi CPNS ??? mohon atas jawabannya, terima kasih,.

  23. khairul says:

    saya tenaga kontrak di biayai APBD dari tahun 2008-2010 apakah saya bisa diangkat menjadi CPNS 2011???? bls yacchhhh

  24. ass. maaf pak saya mau bertanya? saya honorer tahun 2005 dan saya sudah terdaftar di data base BKN pusat. tapi hingga kini saya belum terangkat dalam CPNSD? apakah tahun 2010 ini saya bisa di terima? semua gajih saya di bebankan oleh APBD dan APBN.

  25. saya tenaga honorer di sma sbg tenaga administrasi (PTT).saya terdata dalam data base sebagai tenaga honorer dan lain-lain krn digaji oleh komite bukan APBN/APBD.Sk pengangkatan kami pun hanya Sk kepala sekolah. Bagaimana nasib kami apakah bisa diangkat menjadi PNS tahun ini?saya mulai bekerja dari tahun 2001 sampai sekarang..thanks ats jawabannya….

  26. pak , apakah nama -nama tenaga honorer LPMP NTB yang termasuk PP 48 dah masuk data base BKN 2010 ini? LPMP NTB telah mengirimkan nama – nama yang sudah divalidasi tersebut. mohon informasi

  27. ass wr wb .pak, saya tenaga outsorcing pada dinas psda sejak september 2005 ,dan di biayai oleh dana apbn ,apakah ada kesempatan saya untuk bisa jadi pns pak .sedang sampai saat ini sk kami belum di bagi.trima ksih

    1. Koq anda mau ya, kerja tanpa surat tugas?, terlalu beresiko pak…mudah2an anda memiliki keberuntungan….

  28. Saya prihatin bangeut dengan SMA.Islam Pst. Galmasi di tempat saya bekerja…sistem & manajemennya hancur banget…Guru2 yg ada di lapangan tidak mendapat perhatian dari kepala SMA&dinas kab garut…malah data guru dan siswa yang tercatat di dinas/BKD tidak sesuai dengan yang ada di lapangan (artinya terjadi manipulasi data).Itu berlangsung sudah lama sekali.Kepala jarang hadir ke sekolah& sekarang sudah dinyatakan pensiun.Ironisnya lagi untuk rekuitmen kepala sekolah yg baru, yayasan cenderung mengajukan nama yg menurut kami tidak layak untuk diangkat.Anehnya..pengawas setempat lebih berpihak sama mereka,artinya proses pengangkatan kepala tsb dilakukan dengan tidak memperhatikan objektifitas lapangan,prestasi,kreatifitas,keaktifan,kehadiran.dsb.Menurut Bapak,solusinya bagaimana?supaya nasib kami dan SMA kami ada perhatian. Terima kasih!

    1. Menurut saya, agak sulit menyelesaikannya karena sekolahnya dimiliki yayasan (swasta). Tindakan protes akan berdampak, anda akan di pecat. KAlau Anda berani untuk kebenaran, segera lakukan gerakan yang sifatnya formal, jangan lupa untuk membuka jaringan dengan wartawan, dan politikus di DPRD….

  29. Pak..saya bidan ptt pusat d biayai APBN mulai juli 2005 sampai sekarang apakah saya bisa jd cpns thn 2010? Trmakash atas jwbnnya

  30. Ass. mas saya tenaga honor d SMK Negeri (TU),gaji saya non APBD/APBN sk saya sk kepala sekolah,saya sudah mengabdi dari tahun 2003.apakah saya bisa d angkat jadi CPNS mas??,saya tunggu betul jawabannya,terima kasih ya mas

  31. aslm, maaf pa, saya punya sk kepala sekolah negeri th. 2008, saya GTT di SMP Negeri, bisa nda th. 2011 diangkat? mohon jawabannya.

  32. assalmualaikum saya sudah bekerja di sekolah smpn negeri yamh sudah kesohor di wilayah Jakarta selatan kurang lebih 10 tahun mengabdikan menjadi ptt dan pramubhakti tidak tetap namun hingga saat ini data -data kami selau diminta setiap bulan untuk disetorkan ke BKD namun apakah kami semua honorer yang bekerja di sini dapat diangkat cpns padahal yang diangkat harus mempunyai sk dari serendah-rendahnya eselon II, sedangkan nuptk kami semua sudah ada di BKN mungkinkah akan ada realisasi buat kami semua sebagai honorer tersebut atau bisa langsung pemberkasan.mohomn informasi dan solusio agar kami semua tenang supaya jalan hidup kami untuk berjuang hidup sedikit terjaga oleh pemerintah Indonesia.

  33. saya guru honorer SMP, saya guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. saya di SMP sudah 5 tahun, sebelum nya mngajar di SD 4 tahun dan kemudian pindah ke SMP. saya memiliki banyak persoalan diantaranya :
    1. data SK kepala sekolah saat di SD tidak lengkap karna saat itu Sk tidak di buat setiap
    tahun.
    2. kuliah saya baru selesai tahun 2012, karna sering terhambat masalah biaya.
    3. saya di beri jam sedikit / di kurangi karena alasan kualifikasi saya yang belum S1.
    4. Di sekolah saya di tugaskan seorang PNS dari daerah lain yang “nota bene” Guru
    bahasa Indonesia, sedangkan di sekolah ini sebelumnya sudah ada 4 tenaga honor
    yang basic nya bahasa Indonesia.
    pertanyaan saya :
    1. Apakah saya masih bisa di akui kelak dan layak untuk tetap mengajar?
    2. Apa yang harus saya lakukan bila jam saya dikurangi bahkan di ganti jam Ajar mata
    pelajaran laen yang bukan basic saya?

  34. Secara yuridis, anda baru layak mengajar di SMP pada tahun 2012. Yang harus anda lakukan adalah mengadukan nasib anda ke DPRD atau LSM. Selamat mencoba kawan!

Leave a Reply

