Prof Dr. Ing BJ Habibie – Pemegang 46 Paten di bidang Aeronautika

Prof. Dr.-Ing. Dr. Sc. H.C. Mult. Bacharuddin Jusuf Habibie lahir tanggal 25 Juni 1936 di Parepare, Sulawesi Selatan Indonesia. Anak ke empat dari delapan bersaudara dari pasangan Alwi Abdul Jalil Habibie dan R.A. Tuti Marini Puspowardoyo. Dia hanya satu tahun kuliah di Institut Teknologi Bandung (ITB) karena pada tahun 1955 dia dikirim oleh ibunya belajar di Rheinisch Westfalische Technische Honuchscule, Aschen Jerman.

Setelah menyelesaikan kuliahnya dengan tekun selama lima tahun, B.J. Habibie memperoleh gelar Insinyur Diploma dengan predikat Cum Laude di Fakultas Teknik Mekanik Bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Udara. Pemuda Habibie adalah seorang muslim yang sangat alim yang selalu berpuasa Senin dan Kamis. Kejeniusannya membawanya memperoleh Gelar Doktor Insinyiur di Fakultas Teknik Mekanik Bidang Desain dan Konstruksi Pesawat Udara dengan predikat Cum Laude tahun 1965.

B.J. Habibie memulai kariernya di Jerman sebagai Kepala Riset dan Pembangunan Analisa Struktur Hamburger Flugzeugbau Gmbh, Hamburg Jerman (1965-1969). Kepala Metode dan Teknologi Divisi Pesawat Terbang Komersial dan Militer MBB Gmbh, Hamburg dan Munchen (1969-1973). Wakil Presiden dan Direktur Teknologi MBB Gmbh Hambur dan Munchen (1973-1978), penasehat teknologi senior untuk Direktur MBB bidang luar negeri (1978). Pada tahun 1977 dia menyampaikan orasi jabatan guru besarnya tentang konstruksi pesawat terbang di ITB Bandung.

Tergugah untuk melayani pembangunan bangsa, tahun 1974 B.J. Habibie kembali ke tanah air, ketika Presiden Soeharto memintanya untuk kembali. Dia memulai kariernya di tanah air sebagai Penasehat Pemerintah Indonesia pada bidang teknologi tinggi dan teknologi pesawat terbang yang langsung direspon oleh Presiden Republik Indonesia (1974-1978). Pada tahun 1978 dia diangkat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi merangkap sebagai kepala BPPT. Dia memegang jabatan ini selama lima kali berturut-turut dalam kabinet pembangunan hingga tahun 1998.

Sebelum masyarakat Indonesia menggelar pemilihan umum tahun 1997, Habibie menyampaikan kepada keluarga dan kerabatnya secara terbatas bahwa dia merencanakan berhenti dari jabatan selaku menteri setelah Kabinet Pembangunan Enam berakhir. Namun, manusia merencanakan Tuhan yang menentukan. Tanggal 11 Maret 1998, MPR memilih dan mengangkat B.J. Habibie sebagai Wakil Presiden Republik Indonesia ketujuh.

Pada saat bersamaan, krisis ekonomi melanda kawasan Asia Tenggara termasuk Indonesia, dan hal itu segera berdampak pada krisis politik dan krisis kepercayaan. Kriris berubah menjadi serius dan masyarakat mulai menuntut perubahan dan akhirnya tanggal 21 Mei 1998, Presiden Soeharto mengumumkan pengunduran dirinya. Sesuai pasal 8 UUD 1945, pada hari yang sama, sebelum itu, B.J. Habibie diambil sumpah jabatannya sebagai Presiden oleh Ketua Mahkamah Agung RI.

Presiden B.J. Habibie memegang jabatan presiden selama 518 hari dan selama masa itu, dibawah kepemimpinannya Indonesia tidak hanya sukses menyelenggarakan pemilihan umum yang jujur dan adil pertama kali tanggal 7 Juni 1999, tetapi juga sukses membawa perubahan yang signifikan terhadap stabilitas, demokratis dan reformasi.

Prof. B.J. Habibie mempunyai medali dan tanda jasa nasional dan internasional, termasuk ‘Grand Officer De La Legium D’Honour, hadiah tertinggi dari Pemerintah Perancis atas konstribusinya dan pembangunan industri di Indonesia pada tahun 1997; ‘Das Grosskreuz’ medali tertinggi atas konstribusinya dalam hubungan Jerman-Indonesia tahun 1987; ‘Edward Warner Award, pemberian dari Dewan Eksekutif Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) pada tahun 1994; ‘Star of Honour ‘Lagran Cruz de la Orden del Merito Civil dari Raja Spanyol tahun 1987. Dia juga menerima gelar doktor kehormatan dari sejumlah universitas, seperti Institut Teknologi Cranfield, Inggris; Universitas Chungbuk Korea dan beberapa universitas lainnya.

Selama kariernya, dia memegang 47 posisi penting seperti Direktur Presiden IPTN Bandung, Presiden Direktur PT PAL Surabaya, Presiden Direktur PINDAD, Ketua Otorita Pembangunan Kawasan Industri Batam, Kepala Direktur Industri Strategis (BPIS) dan Ketua ICMI. Sampai sekarang, ia masih menjabat sebagai Presiden Forum Islam Internasional dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan pengembangan SDM sejak tahun 1977, Penyantun dan Ketua Habibie Centre untuk urusan luar negeri sejak tahun 1999.

Dia juga anggota beberapa institusi non pemerintah internasional seperti Dewan Gerakan Internasional sejak tahun 2002, sebuah LSM yang beranggotakan kurang lebih 40 orang mantan presiden dan Perdana Menteri dari beberapa negara. Dia juga anggota pendiri Perkumpulan Islam Internasional Rabithah ‘Alam Islam sejak tahun 2001 yang bermarkas besar di Mekkah, Saudi Arabia. Dari semua organisasi yang disebutkan sebagian besar telah meminta Habbie menjadi salah satu pendiri Asosiasi Etika Internasional, Politik dan Ilmu Pengetahuan yang telah berdiri pada tanggal 6 Oktober tahun 2003 di Bled Slovenia yang anggotanya terdiri dari negarawan dan ilmuwan dari sejumlah negara.

Aktivitas sebelumnya terlibat dalam proyek perancangan dan desain pesawat terbang seperti Fokker 28, Kendaraan Militer Transall C-130, CN-235, N-250 dan N-2130. Dia juga termasuk perancang dan desainer yang jlimet Helikopter BO-105, Pesawat Tempur, beberapa missil dan proyek satelit. Prof B.J Habibie mempublikasikan 48 karya imiah ilmu pengetahuan dalam bidang Thermo dinamik, Konstruksi, Thermo Instalasi Udara dinamik. (eforum3)

20 thoughts on “Prof Dr. Ing BJ Habibie – Pemegang 46 Paten di bidang Aeronautika

  1. Saya salut ats kcerdasan pak habibie. Satu anugrah dr Allah swt yg tlah beliau manfaatkan bwt kemaslahatan umt mc d slrh dunia. Truskn prjuangnx pak smpai ajal menjelang. Smg2 ada habibie2 yg lain yg akn memajukn perindustrian d indonesia. says:

    Luar biasa, teruskan pak. Maju indonesia!

  2. Pak Habibie adalah idola saya sejak saya masih SMP, cerdas, pandai profesional dan lurus, saya bangga akan beliau. Sungguh zalim bangsa ini bila tidak memberdayakan beliau dan tidak menempatkannya pada posisi yang seharusnya. Saya mendukung beliau untuk kembali mengelola PT. Dirgantara Indonesia dan industri strategis lainnya.
    Saya sedih dan geram saat para petualang politik melecehkan dan menjegal setiap langkah beliau, mungkin para politikus itu buta bila telah dikuasai kepentingan politiknya. Juga ketika para ekonom yang pro IMF menghambat cita-citanya, buktinya ketika para ekonom tersebut menduduki jabatan penting, kondisi negara ini lebih parah dan lemah.
    Hidup Pak Habibie… smoga Allah yang maha mengetahui senantiasa merahmati dan memberkahi Bapak dan keluarga…

  3. Pak Habibie… negara tidak menempatkan pada posisi yang benar dan tidak memanfaatkan keahlian Bapak, itu adalah suatu kezaliman… bila mungkin dirikanlah pabrik Pesawat Terbang, Kapal Ferry, Roket, Satelit, Mobil dan Motor Swasta… kami mendukung Bapak… insya Allah Bapak diberi umur dan kesehatan yang prima oleh Allah yang maha kuasa…

  4. Indonesia harus berbangga diri dengan memiliki orang seperi pak habibi, beliau harus di gunadayakan untuk kemajuan bangsa dan negara Indonesia, bangun kembali IPTN. Aku inginn sekali bertemu dengan pak habibi, beliau adalah idolaku…………

  5. Prof. habibie.. saya salut atas perjuangan bapak didalam dan luar negeri, mengharumkan bangsa ini yang lagi terpuruk di mata dunia. Indonesia harum atas nama Bapak, BApak tolong bangun kembali bangsa ini dengan pemikiran Teknologi dan Islam Bapak. salut untuk bapak………………….

  6. sbelumny….saya ucapkan turut berduka cita atas meninggal nya IBU…semoga tenang disisi NYA…..dan untuk keluarga yg ditinggal semoga diberi kesabaran….amien…
    saya merasa sangat bangga dengan putra pertiwi yang turut mengharumkan nama bangsa,saya sangat mengagumi bapak……teruslah berkarya bapak…….kami disini selalu mendoakan semoga bapak diberi kesehatan….kami sangat bangga atas jasa-jasa yang telah bapak beri pada bangsa ini….semoga sukses untuk bapak………………….

  7. Saya bangga kepada Bapak karena mempunyai sumbangsih yang sangat besar pada bangsa Indonesia. Saya berharap bapak mendidik anak bangsa Indonesia yang lain agar mampu berfikir dan berkarya seperti bapak. Saya selalu mendoakan bapak tetap sehat walafi’at.amin.

  8. terima kasih pak habibie atas pengabdianmu ke pada negara ini,,INDONESIA,,semoga kami generasi muda bisa meneruskan dan bisa membawa INDONESIA,,lebih jaya di mata dunia ,,AMIN,,,,semoga suatu hari nanti saya bisa bertemu dengan salah satu putra terbaik INDONESIA,,,,,Bp prof dr bj habibie

  9. Indonesia me-mubazirkan salah satu potensi bangsa yang terbesar dalam sejarah dunia. Habibie diakui dunia sebagai salah satu dari sedikit orang yang memiliki kapasitas IQ dan EQ seimbang dan dalam takaran high quality rate.

  10. orang indonesia mau berkreasi di indonesia ,,,,,,,,,,
    1. Dukungan Dari negara kurang
    2. Mau mematenkan Suatu kreasi di indonesia Prosesnya Sulit Blum Atminitrasinya

    jadi mending berkreasi diluar negeri ,,,,,slalu dihargai oranggggg

  11. Dimana nyari nomor paten Habibie yg sdh dipublikasi resmi ?. Website paten internasional belum ada info ?.

  12. Saya bangga dengan diri saya yang bisa melihat dgn bangga hasil karya anak bangsa indonesia, pak baharuddin jusuf habibie. Saya bertekad melakukan yang terbaik untuk yang terbaik.

  13. Kearifan Bapak BJ habibie selalu di kenang sepanjang masa karena bapak lah yang membawa negara indonesia menjadi lebih baik dan selalu lebih baik..saya ingin mengikuti jejak bapak sebagai ahli teknisi pesawat udara…semoga allah memberi kesehatan pada bapak habibie.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s