Apa itu SGJ (Serikat Guru Jakarta)?

Banyak sekali guru di Jakarta, baik di satuan pendidikan tingkat SD, SMP, maupun SMA-Sederajat, tidak mengetahui apa itu Serikat Guru Jakarta (selanjutnya disingkat SGJ). Ketidaktahuan ini dapat disebabkan karena benar-benar tidak tahu karena tidak pernah memperoleh infonya, maupun sengaja tidak tahu alias tidak peduli. Untuk itulah, tulisan singkat ini di buat.

Tentang SGJ, saya mulai mengetahuinya medio 2007, ketika rekan Mr.Giman melakukan audensi keberbagai instansi pemerintah. Tiga tahun kemudian, pengetahuan saya tentang SGJ semakin bertambah.

SGJ adalah organisasi yang berdiri dengan dikuatkan oleh UUGD tentang organisasi Guru, yang didirikan, dijalankan, dan untuk kepentingan guru. Selain itu terdaftar sebagai badan hukum dengan kelengkapan sebagai berikut: 1. Akte Notaris yang dikeluarkan oleh Kantor Pejabat Pembuat Akta: Dindin Saepudin SH, Bandung no. 14 tgl. 27 September 2004, dan 2. LEGALITAS ORGANISASI PROFESI SKT DEPARTEMEN DALAM NEGERI RI NOMOR : 106/D.III.3/XII/2007.

SGJ yang kini diketuai Ifa Syarifah, langsung turun ke lapangan untuk mengawal keberlangsungan nasib Guru Tidak Tetap (GTT) Sekolah Negeri. SGJ mendeskripsikan, salahsatu, cita-citanya sebagai berikut: cuma 1 harapan profesional untuk guru honor sekolah negeri yang sudah bekerja lebih dari 2 tahun yaitu Pegawai Negeri Sipil (PNS). SGJ dianggap oleh beberapa kepala sekolah dan pejabat di dunia pendidikan, sebagai organisasi liar, LSM, dan gemar demonstrasi, sehingga berkesan angker dan cenderung negatif. Pandangan demikian adalah keliru. Disetiap pertemuan selalu ditegaskan bahwa SGJ adalah organisasi resmi, organisasi guru untuk kepentingan guru. SGJ terbentuk karena organisasi yang selama ini diharapkan (baca: PGRI) sudah tidak membawa kepentingan guru, khususnya GTT secara nyata. SGJ mengejar dan mengawal para pemangku keputusan untuk memahami dan merealisasikan keinginan kami: keadilan, dan perlakuan selayaknya guru PNS lainnya yang sama-sama mengabdi di instansi pemerintah. Kami layak secara rasional, hukum, dan realitas untuk mendapatkan kelayakan pendapatan seperti guru PNS yang bekerja di instansi pemerintah. Kami membangun anak bangsa, kami bekerja di instansi pemerintah, dan sudah selayaknya pemerintah memberikan kesejahteraan yang layak untuk kami: GTT. SGJ tetap akan mengawal perkembangan terbaru, baik itu untuk kesejahteraan GTT Sekolah Negeri, maupun pengembangan anak negeri.

Sehubungan dengan perjuangan SGJ yang penuh semangat, di FB tertulis tegas:

DISAAT INI PERJUANGAN MEMANG TIDAK ADA GUNANYA/ARTINYA (NOMOR TERAKHIR DLM KEHIDUPAN ANDA). TAPI DISAAT PERJUANGAN INI MENANG DAN PENDATAAN PNS MULAI DILAKUKAN, PERJUANGAN INI AKAN MENJADI NOMOR 1 DALAM KEHIDUPAN ANDA MELEBIHI SHOLAT IBADAH ANDA.

 

Sumber: jakarta teachers, FB-SGJ

18 thoughts on “Apa itu SGJ (Serikat Guru Jakarta)?

  1. Dinas Pendidikan DKI Jakarta sepertinya menganak tirikan guru honor yang di negeri. katanya guru honor yang di negeri tidak bisa sertifikasi karena tak ada sk nya. apakah kami ini tidak profesional?????? apakah yang di swasta yang profesional??????? kalau tidak ada kami …. guru PNS akan kewalahan, otomatis Pemda akan kelabakan…

    1. Masalah sertifikasi bukan terletak kepada guru swasta atau negeri, akan tetapi kepada regulasinya. Guru swasta yang bisa sertifikasi bukan karena mereka mendidik di swasta, akan tetapi mereka adalah guru tetap yayasan. Kejelasan tersebut (GTY) adalah syarat bagi mereka yang di sekolah swasta. Bagi guru honor yang di sekolah negeri syaratnya harus punya SK dari pejabat setingkat Bupati atau Gubernur atau Kepala Sudin Pendidikan.

      Lebih lanjut, baca syarat sertifikasi guru. Semoga mencerahkan.

    1. Kemana aja bos?, udah ada SGJ. Forum guru honor negeri DKI sudah ada setidaknya 4 tahun belakangan ini, walaupun banyak yang tidak ikut (bisa jadi termasuk anda) yang disebabkan minim informasi, tidak peduli, atau: tahu tapi takut dengan ancaman kepala sekolah, SGJ tetap eksis. Jaringan kami sudah nasional.

      Up date terus perkembangannya yaaaa, so jangan ketinggalan beritanyaaaaa……

  2. secara profesional guru honor baik tua dan muda lebih up to date (menguasai IT, mumpuni dalam teori dan praktek teaching learning terbaru, karena mereka menunggu kepastian status sambil mempertajam kualifikasi ilmu yang mereka ajar dan terapkan.

    secara pengalaman guru honor baik tua dan muda cepat belajar dari keterbatasan situasi dan kondisi sehingga PIAWAI dalam menguasai dan manjemen kelas

    secara reliji guru honor lebih ‘aware’ karena mereka golongan tertindas dan selalu merapat pada Allah azza wa jalla

    hati-hati pada kekuatan guru honor yang bersatu
    dibelakang kami ada TUHAN YME yang memiliki segala kekuasaan di alam semesta

  3. mengatakan perjuangan anda no 1 melebihi ibadah sholat kita adalah suatu kesyirikan akbar, yang pertama kali dihisab di yaumil akhir adalah masalah sholat bukan status pns nya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s