Cuti Hamil, Guru SMP Dipecat

10 Mar 2010

Saptorini, guru honorer di SMPN 283 Cipayung, Jakarta Timur, diberhentikan saat sedang cuti melahirkan. Saptorini dipecat karena posisinya digantikan guru PNS. PEMECATAN juga akan dialami tujuh guru honorer lainnya. Mereka telah diberi tahu kepala sekolah masing-masing bahwa masa kerjanya tidak akan diperpanjang lagi. Pemecatan-pemecatan yang dialami guru honorer itu membuat sekitar 6.800 guru honorer di Jakarta resah.

Oleh karena itu, sejumlah guru honorer dari berbagai sekolah negeri. Selasa (9/3) mengadukan nasib mereka ke DPRD DKI. Mereka resah karena sudah mengabdi selama belasan tahun tapi tidak mendapatkan kesempatan menjadi pegawai negeri sipd (PNS).

Menurut perwakilan guru honorer. Sumarno, ribuan guru honorer di sekolah-sekolah negeri Jakarta, mulai SD sampai SMA/SMK, resah karena sewaktu-waktu bisa diberhentikan. Yuswaningsih, guru honorer, mengibaratkan nasib guru ho- -norer ibarat habis manis scpah dibuang. “Dulu kami direkrut kepala sekolah karena kebutuhan,* katanya. Namun, setelah ada guru PNS pengganti, guru honorer dlcampakkan begitu saja. Yuswaningsih apa yang menimpa Saptorini, guru di SMPN 283, merupakan bukti guru honorer diperlakukan “habis manis scpah dibuang*.

Menurut Yuswaningsih, Saptorini diberhentikan saat menjalani masa cuti melahirkan. Menghadapi pemecatan seperti ini, guru honorer tak berdaya karena posisi mereka memang lemah. Beberapa kepala sekolah, katanya, memecat guru honorer dengan alasan perintah dari Dinas Pendidikan DKI.

Yuswaningsih juga menjelaskan, gaji untuk guru honorer bukan dari APBD DKI.Besar honor per bulan yang mereka terima sangat tergantung kebijakan kepala sekolah dengan nilai antara Rp 250.000 hingga Rp 900.000 per bulan. Menanggapi pengadilan itu, Ketua Fraksi Partai Golkar DPRD DKI yang juga anggota Komisi E, Asraf Ali, berjanji akan memperjuangkan nasib guru honorer agas bisa diangkat menjadi PNS. * Pemda harus memperhatikan guru honorer. Kejadian di SMPN 283 itu sangat tidak manusiawi,” katanya, gm.

Sumber: Bataviasce

3 thoughts on “Cuti Hamil, Guru SMP Dipecat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s