Sejarah dari “The Seven Summits Quest”

1956 –William D. Hackett
Orang pertama yang mencapai 5 dari tujuh puncak

William D. Hackett, seorang tentara dari Oregon, USA, berhasil mencapai puncak dari Mont Blanc, perancis. Dengan ini, dia menjadi orang yang pertama berhasil mencapai puncak dari lima benua. Pada masa itu, Mont Blanc dianggap sebagai gunung yang tertinggi di benua Eropah. Dimasa sekarang, yang dianggap puncak tertinggi dari benua Eropah adalah gunung Elbrus di Georgia. Tapi ini tidak membuat usaha Hacket tidak dikenang. Puncak-puncak gunung lain yang dicapainya adalah:

1947 : McKinley
1949 : Aconcagua
1950 : Kilimanjaro
1956 : Kosciuszko
1956 : Mont Blanc

Setelah berhasil mencapai puncak Mont Blanc, dia berambisi untuk mendaki puncak lainnya. Dia merencanakan untuk mencoba mencapai puncak K2 dan Vinson Massif dan juga berhasil mendapat ijin untuk pendakian Everest. Akan tetapi karena beberapa hal (kekurangan dana, frostbite, dsb) dia tidak pernah berhasil mendaki lebih dari ke 5 puncak diatas.

Diantara tahun 1956 dan 1970, tidak ada tonggak sejarah yang berhasil tercapai. Walaupun, Dolf Reist, seorang pendaki dari Swiss, mencapai puncak Mont Blanc pada tahun 1955 dan puncak Everest tahun 1956 (hanya satu dari enam orang yang berhasil mendaki Everest pada masa itu). Dia pikir bahwa ia mempunyai banyak waktu untuk mendaki puncak yang lain dan oleh karena itu tidak membuat usaha mendesak apapun untuk memanjat 3 puncak lainnya. Dia melengkapi mendaki 3 puncak lainnya ada tahun 1971, enam bulan setelah Naomi Uemura, seorang pendaki asal Jepang yang akan kita bahas selanjutnya.

Image1970 – Naomi Uemura
Orang pertama yang berhasil mencapai 5 puncak dari tujuh puncak temasuk Everest

Naomi Uemura memulai pendakian sebagai pendaki solo dan mencapai puncak Mont Blanc secara sendirian, Kilimanjaro dan Aconcagua. Pada tahun 1970, dia menghentikan kebiasaan mendaki sendirian dan mendaki Everest bersama dengan teman senegaranya yaitu Teruo Matsuura. Bersama mereka mengklaim dirinya sebagai orang jepang pertama yang mendaki Everest dengan jalur pendakian mereka rintisan mereka di South Col. Hanya tiga bulan setelah itu, Uemura kembali mendaki secara solo dan berhasil mencapai puncak McKinley, sebagai orang yang pertama mendakinya secara solo. Dengan ini dia merupakan orang pertama yang berhasil mendaki 5 dari tujuh puncak termasuk Everest, akan tetapi tidak sama sekali selesai.

1966 : Mont Blanc
1966 : Kilimanjaro
1968 : Aconcagua
1970 : Everest
1970 : McKinley

Seperti halnya yang diharapkan oleh seorang petualang soliter sejati, dia kembali merencakan untuk pergi ke Antartika sendirian untuk mendaki Vinson Massif setelah melakukan perjalanan solo ke kutub utara. Untuk persiapan itu dia melakuakn pendakian solo dimusim dingin ke gunung McKinley. Dia berhasil melakukannya, namun saat perjalanan turun, dia menghilang ditelan oleh badai di gunung itu.
Image1978 – Reinhold Messner
Orang pertama yang berhasil mencapai 6 dari tujuh puncak

Reinhold Messner adalh orang pertama yang berhasil mencapai 6 dari tujuh puncak, akan tetapi hanya merupakan orang ke lima yang berhasil mencapai tujuh puncak. Dia merupakan salah seorang pendaki gunung yang berpengaruh dimasanya dan merupakan seorang arsitek penting dari pendefinisian Tujuh Puncak (The Seven Summits). Pada tahun 1978, bersama dengan pendaki asal Austria yaitu Peter Habeler, orang Italy ini berhasil mendaki Everest tanpa bantuan tabung oksigen. Semua orang terpana dengan hal ini karena belum pernah dilakukan sebelumnya. Bersamaan dengan Carstensz Pyramid yang berhasil didakinya pada tahun 1971, dia mengklaim dirinya sebagai orang yang berhasil mencapai 6 dari tujuh puncak. Setelah mendaki puncak Carstensz dia juga mendaki Kosciuszko in 1983, hanya untuk memastikan dia mencapai puncak yang tepat untuk 6 puncaknya. Pada tahun yang sama Messner menyatakan bahwa Mont Blanc bukanlah puncak tertinggi di benua Eropah, akan tetapi adalah Elbrus yang lebih tinggi 800 meter. Definisi dia dengan cepat di adopsi oleh pendaki lainnya.

Dari tahun ke tahun, dia membuat beberapa usaha untuk mendaki Vinson Massif dan ketika berhasil dilakukannya pada tahun 1986, akan tetapi tropi peringkat pendakian tujuh puncak sudah diambil oleh pendaki lain.

1971: Carstensz
1974: Aconcagua
1976: McKinley
1978: Everest
1983: kosciuszko
1983: Elbrus
1986: Vinson

Image1985 – Dick Bass
Orang pertama yang berhasil mencapai tujuh puncak

Dick Bass bukanlah pendaki yang berambisi seeprti Reinhold Messner atau petualang Hardcore seperti Uemura, tapi dia mempunyai ketetapan dan upaya untuk membuat pendakiannya ke Tujuh Puncak bisa menjadi kenyataan. Bas, dan seorang Amerika lainnya yang bernama Frank Wells yang juga membantunya mendefinisikan “The Seven Summits” mereka memasukan Kosciuszko ke dalam jajaran Tujuh Puncak, karena Kosciuszko merupakan puncak dari sebuah daratan yang luas dan tidak seperti Carstensz, yang merupakan puncak dari sebuah pulau. Mereka juga memasukan Vinson Massif di Antartika ke dalam Tujuh Puncak, untuk melengkapi list dari puncak-puncak tujuh benuanya.

Di tahun 1983, Bass dan Wells mendaki enam dari Tujuh Puncak bersama dengan pendaki berpengalaman yang di undang untuk ikut. Kemudian, mereka mencoba melakukan dua kali usaha pendakian ke Everest, tapi karena beberapa alasan mereka gagal melakukannya. Setelah usaha pendakian terakhir itu ke Everest, Wells tidak lagi melakukan usaha untuk pendakian Tujuh Puncak. Sedangkan Dick Bass, bergabung bersama dengan ekspedisi dari Norwegia yang di pimpin oleh seorang Konglomerat perusahaan pengriman Arne Naess pada tahun 1985, dan merupakan orang yang pertama (pada saat itu juga merupakan orang yang tertua yang berhasil mencapai puncak Everest pada usia 55 tahun) yang berhasil mendaki Tuju Puncak.

1983: Aconcagua, McKinley, Kilimanjaro, Elbrus, Vinson Massif, Kosciuszko
1985: Everest
Image1986 – Pat Morow
Orang pertama yang berhasil mencapai delapan puncak termasuk Carstenz dan Kosciuszko

Dick Bass sangat beruntung merupakan orang yang pertama mencapai tujuh puncak setelah 2 kali percobaan ke Everest. Pat Morrow, Pendaki kuat asal Canada, yang telah mendaki McKinley pada tahun 1977 dan Everest pada tahun 1982. jadi dia juga merupakan orang yang di setting untuk menjadi orang pertama yang mencapai Tujuh Puncak. Karena dia tidak mempunyai sumber keuangan seperti halnya Bass, jadi dia hanya bisa mendaki dua puncak tambahan (Aconcagua dan Kilimanjaro) saat sebelum Bass mencapai Everest. Tapi pada tahun 1986, dengan berhasil mencapai Elbrus, dia menjadi orang yang pertama mencapai Tujuh Puncak dengan Carstenz dan Orang pertama yang berhasil mencapai Delapan Puncak.

1977: McKinley
1981: Aconcagua
1982: Everest
1983: Kilimanjaro, Kosciuszko
1985: Vinson Massif
1986: elbrus, Carstenz

(Catatan: tahun 1986 anggota Mapala UI, mendampingi Pat Morrow menggenapi rangkaian Seven Summitnya di Carstensz Pyramid)

Sumber: Highcamp

One thought on “Sejarah dari “The Seven Summits Quest”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s