Rekomendasi Referendum Ulang Timor Timur Tak Direspons

Jakarta – Kerusuhan setelah jajak pendapat di Timor Timur tahun 1999 lebih disebabkan kecurangan hasil jajak pendapat yang dilakukan Perserikatan Bangsa-Bangsa, dalam hal ini United Nation Mission for East Timor (Unamet). Sayangnya Presiden dan DPR tidak merespons rekomendasi untuk melakukan referendum ulang.

Hal itu dikatakan mantan Ketua Satgas Pelaksana Penentuan Pendapat Timor Timur (P3TT), Agus Tarmidzi, dalam dengar pendapat Komisi Kebenaran dan Persahabatan (KKP) Indonesia – Timor Leste di Hotel Borobudur, Jakarta, Jumat (4/5).

Agus menjelaskan, kecurangan hasil jajak pendapat itu karena penghitungan suara dilaksanakan di Darwin, Australia. Bahkan, dalam pelaksanaan jajak pendapat yang dimenangi prokemerdekaan itu anggota Unamet, Ian Martin, mengumumkan hasilnya lebih dini. Kecurangan itu akhirnya menciptakan konflik antara kelompok pro-otonomi dan prokemerdekaan.

Ironisnya, kata Agus, Presiden (saat itu) BJ Habibie menerima hasil kemenangan prokemerdekaan. Padahal, saat itu P3TT telah memberikan informasi mengenai adanya kecurangan hasil jajak pendapat dan merekomendasikan pelaksanaan ulang jajak pendapat kepada Presiden dan DPR. Namun informasi dan rekomendasi itu tidak direspons dengan baik.

“Kerusuhan yang terjadi di Timor Timur saat itu karena adanya kecurangan hasil jajak pendapat. Ironisnya, pemerintah dan DPR saat itu menerimanya begitu saja,” ujarnya.

Meski Timor Timur kini sudah lepas dari Negara Kesatuan Republik Indonesia, Agus Tarmidzi berharap dengar pendapat KKP saat ini menciptakan semangat rekonsiliasi antara pemerintah Indonesia dan Timor Leste. Dia juga mengingatkan pemerintah Timor Leste untuk menghindari intervensi asing yang dapat merugikan mengingat saat ini ada banyak negara ingin memanfaatkan celah Timor karena sumber daya alamnya cukup besar.

Sumber: fhrmedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s