Disdik Tak Punya “Contingency Plan”?

Kisruh Pendaftaran SMA

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebuah sistem informasi layanan publik yang bagus pada saat dirancang mestinya dilengkapi dengan contingency plan atau skenario darurat. Melihat kekacauan yang terjadi pada pendaftaran penerimaan peserta didik baru atau PPDB online DKI Jakarta, besar kemungkinan skenario darurat itu tidak ada atau dilakukan oleh pihak Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

Dalam praktiknya, contingency plan memang akan menambah biaya pembangunan. Oleh sebab itu, perusahaan yang sudah berpengalaman dalam mengembangkan aplikasi semacam ini kerap tidak disertai contingency plan.

“Saya menduga PPDB tidak disertai dengan contingency plan. Jangan-jangan mereka malah tidak tahu apa dan untuk apa contingency plan itu,” ujar pengamat IT, Wigrantoro Roes Setiyadi, kepada Kompas.com di Jakarta, Rabu (7/7/2010).

Seperti diberitakan sebelumnya di Kompas.com, Rabu, lepas dari keinginan baik Dinas Pendidikan DKI Jakarta untuk memberi penjelasan yang diharapkan bisa memuaskan banyak pihak, Wigrantoro mengungkapkan, setidaknya ada lima kemungkinan penyebab terjadinya kekacauan PPDB online tersebut.

Saya menduga PPDB tidak disertai dengan contingency plan. Jangan-jangan, mereka malah tidak tahu apa dan untuk apa contingency plan.
— Wigrantoro Roes Setiyadi

Sumber: Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s