Legend of Rock’s Guns n’ Roses: Biografi dari Jogjakarta

Memiliki biografi sebuah band favorit adalah salah satu “kewajiban” bagi fans. Guns n’ Roses sebagai band yang fenomenal, setidaknya sudah ada dua buku biografi dalam bahasa Indonesia. Pertama, terjemahan dari buku berbahasa Inggris dengan judul Band yang Dilupakan Waktu: Biografi Lengkap Guns N’ Roses – Paul Stenning, dan kedua ialah Legend of Rock’s Guns n’ Roses – Ahimsa Marquez. Dalam tulisan ini, yang akan dikupas adalah judul yang kedua.

Keinginan ingin memiliki buku ini sudah ada setelah biografi yang pertama aku miliki. Pesta Buku Jakarta ternyata telah mempertemukan, sehingga harga sepuluh ribu untuk buku setebal 164 halaman ini, bukanlah masalah. Buku ini menarik, karena beberapa hal.

Pertama, buku biografi GNR selama ini adalah berbahasa Inggris atau dengan bahasa asing lainnya, namun buku yang ku beli pada sabtu lalu adalah berbahasa Indonesia. Selain langka, buku karya Ahimsa Marquez ini adalah biografi pertama GNR yang ditulis dalam bahasa Indonesia (baca: bukan buku terjemahan). Tanpa diketahui siapa penulisnya karena tidak ada riwayat penulis, dengan nama sedikit asing bagi orang Indonesia, biografi ini diterbitkan di Jogjakarta Nov 2009. Lebih menarik, ternyata kota rock seperti Jakarta, Bandung, dan Surabaya, tidak menerbitkan biografi GNR, akan tetapi Jogjakarta yang lebih hingar bingar dengan kota pelajar ataupun budaya / pariwisata.

Kedua, buku ini berisi uraian singkat dan padat tentang segala sesuatu tentang GNR, dari mulai kemunculan, prestasi, hingga kemungkinan reuni. Ketika anda membaca biografi ini, pembaca budiman ajan melintasi waktu yang cukup lama, sekitar 20 tahun-an.

Ketiga, sebagai asumsi pribadi, buku dari Jogja ini lebih cocok sebagai “lanjutan atau seri lanjutan” dari buku Paul Stenning di atas. Pasalnya, buku yangberukuran sedang ini, banyak mengungkap perjalanan GNR dan personil setalah tahun 2000, dan juga banyak membahas Velvet Revolver 2004-2008, Album GN’R Chinese Democracy, hingga cerita terakhir hilangnya topi Slash yang dicuri pada tahun 2005 yang terus diusahakan mencari melalui stasiun televisi hingga buku ini dicetak.

Keempat, kalau fans GNR, harus baca buku ini. Keren Bro!!!

8 thoughts on “Legend of Rock’s Guns n’ Roses: Biografi dari Jogjakarta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s