Irfan Bachdim & Christian Gonzales Bukan Pemain Naturalisasi


Ketua Umum PSSI Nurdin Halid mengungkapkan fakta bahwa Irfan Bachdim dan Christian Gonzales di tim nasional (timnas) sepak bola Indonesia bukan pemain naturalisasi. Hal tersebut diungkapkannya di Jakarta, Senin (20/12).

Nurdin mengatakan, Irfan Bachdim telah mempunyai paspor Indonesia sejak tahun 2006. Sedangkan Christian Gonzales menjadi WNI dengan proses yang sama dengan calon WNI lainnya. Pemain kelahiran Uruguay itu membutuhkan waktu lima tahun untuk memastikan statusnya.

Setelah dinyatakan menjadi WNI, suami Eva Siregar itu langsung masuk timnas dibawah asuhan Alfred Riedl. Dengan masuknya pemain yang memperkuat Persib Bandung itu, performa timnas menjadi lebih baik.

Sementara itu, Kim Jeffrey Kurniawan resmi menjadi pemain naturalisasi pertama yang dimiliki Indonesia meski keberadaannya belum tentu masuk timnas Merah Putih. Pemain berusia 20 tahun itu mendapatkan surat keputusan menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) yang dikeluarkan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia tertanggal 6 Desember 2010. “Kim telah sah menjadi WNI. Surat-suratnya sudah kami pegang. Tapi pemberian secara simbolis baru akan dilakukan setelah final Piala AFF 2010 nanti,” kata Nurdin.

Kim yang memiliki darah Indonesia, kata dia, meski telah resmi menjadi WNI belum bisa langsung masuk timnas. Untuk masuk tim Merah Putih harus tetap menjalani seleksi yang akan dilakukan pelatih Alfred Riedl mulai 4 Januari 2011 nanti. “Jika kemampuannya tidak sesuai dengan kebutuhan maka tidak bisa masuk timnas. Kim hanya menjadi pemain naturalisasi saja yang artinya hanya menjadi WNI dengan jalur yang cepat karena dinilai memiliki kemampuan lebih dibidang sepak bola,” katanya.  (tvOne)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s