Kenapa OPM Tidak Bisa Merdekakan Papua Barat Hingga Kini?

Oleh: Sucipto Ardi

Salah satu bacaan atau tontonan dari berbagai media yang menyita perhatianku adalah kisah-kisah usaha memisahkan diri (disintegrasi), khususnya kasus di Indonesia. Tim0r Timur dan GAM banyak ditulis dalam blog ini, dan kini ialah OPM (Organisasi Papua Merdeka).  Pertanyaannya kemudian adalah: setelah 3 dekade, kenapa OPM tidak bisa memerdekakan Papua?…

Aku yakin ada banyak alasan, apalagi bila diungkapkan dari berbagai sudut pandang. Namun demikian, bagiku, kenapa OPM tidak bisa wujudkan impiannya karena hal beriku:

1.) Keorganisasian OPM tidak terstruktur dengan baik

2.) Basis rakyatnya belum mengakar dengan baik

3.) Golongan terpelajarnya masih kurang banyak

4.) Angkatan bersenjatanya belum kuat

Karena ke-4 faktor demikian, maka OPM tidak dapat mengorganisir pergerakan, baik itu diplomasi dan militer, secara berkelanjutan juga konsisten. Diplomasi yang diharapkan, ternyata hanya berupa dukungan dari LSM luar negeri yang tak memiliki “taring”. Berharap kepada Amerika Serikat adalah nyaris mustahil karena Freeport masih beroperasi, lalu kepada PBB prosesnya berat dan lama, pasalnya PBB sendirilah yang melegalkan Papua masuk NKRI. Sementara itu, pemekaran provinsi dan otonomi khusus bagi Papua menjadi opsi yang menjanjikan bagi NKRI untuk memecah kekuatan OPM. Kekuatan militer OPM tak seberapa dengan Indonesia, dan TNI mampu menghabiskan anggota OPM hanya membutuhkan waktu 2 minggu saja. Jadi, usaha untuk memerdekakan Papua Barat masih harus direvisi bila mimpinya ingin terwujud, dan selama 30 tahun belakangan ini, apa yang mereka {OPM}  pekikkan: “Papua Merdeka” telah gagal, tak mampu Papua merdeka…

51 thoughts on “Kenapa OPM Tidak Bisa Merdekakan Papua Barat Hingga Kini?

  1. seorang teman dari papua bilang bahwa sekarang2 ini mereka tidak suka disebut OPM tapi GPK. wah, apa mereka ga tau maksud ” dalam GPK yah…?

  2. pening memikirkan negara ini. tidak tahu yang mana dan yang mana salah……. yang korban hanya rakyat kecil…. Ya Allah izinkan aku memimpin Negara ini kelak, aku berjanji akan kupenuhi semua keinginan pahlawan yang memerdekan Indonesia ini dari Belanda… Dan akan kubangun jembatan emas yang menghubungkan dari Sabang sampai Merauke, Biar dunia tahu bahwa Indonesia ini adalah negara termakmur yang pernah hadir di Dunia ini. Amin…

  3. NKRI adala harga mati dan papua termasuk NKRI saya cinta akan NKRI dari sabang sampai meroke

    salam anak sangir dan suku sangihe talaut

    saya tidak setuju kalo papua merdeka

    salam saya : RAFLI BONDI

    1. PAPUA HRUSSS MERDEKA…. PAPUA HARUS MAKAN HASIL BUMINYA SENDIRI HINGGA KENYANG,,,, NKRI OMONG KOSONG BESAR…. NKRI TERUS MENERUS JAJAH ORANG PAPUA… DULU KITA BODOH TAPI SKARANG BERBEDA…,,, INTINYA KLAU PAPUA MERDEKA SECARAH OTOMATISSS INDONESIA MELARAT…. PAPUA ADALAH SORGA… MAKANYA TANAH PAPUA KAYA HASIL BUMI.

  4. OPM hanya berjuang karena ada sejara mereka masih mempertahan kemerdekaan papua barat, tgl 01 des 1961,
    Memang dengan pake alat senjata, TNI porli menang, tapi tdk pake senjata siapa yg menang? dan knp samapai papua belumbebas dari RI, karena ada Freepot, pertambangan emas maka itu negara amerika juga heran melihat emas papua krn kandungan emas terbesar di dunia tersembunyi di papua. dan emas papualah yg dibangun kota amerika skrg,

    organisasi papua merdeka belum menyerah, masih mempertahan sejarah perjuangan kemerdekaan 1 des1945, sampai kapan pun,

    PAPUA MERDEKA
    suara opm

    1. sebelumnya saya mau minta maaf, apakah OPM tetap bersikukuh ingin merdekakan papua hanya karna tanah papua memiliki kandungan emas terbesar didunia?
      jika karna kandungan emas OPM tetap bersikukuh memerdekakan Pupua dari NKRI itu berarti kalian manusia yang tamak dibutakan oleh harta yang bersifat sementara.

      jayalah merah putih ku

  5. KATA PENINDASAN DI ATAS TANAH AIRKU PAPUA
    BANYAK ORG BERTANYA MENGAPA KULIT HITAM, DAN BNYAK ORANG JUGA BERTANYA MENGAPA RAMBUT KRITING, BNYAK TERSEMYUM DAN BISA BERKATA INILAH AKU, INILAH GAYAKU, SAYA ANAK PAPUA BANGSA MELANESIA SAYA INGIN BEBAS TENTUKAN NASIB SENDIRI, DAN INGIN TERLEPAS DARI IKATAN RANTAI YG BERJIRIT PEMBANTAI TERDENGAR SUARA TANGGISAN, MENJURIT KELAPARAN TERDENGAR SURA TANGGISAN,MENJIRIT KESAKITAN HASIL PENINDASAN YG MUNGKIN TAKAN PERNAH PUDAR, HIASI JAGAT RAYA HINGGAH MERENGKUT NYAWA,KITA HARUS BERSATU BERKUMPUL JADI SATU,LALU BERGANDENG TANGAN SERAYA ANGKAT SUARA,SUARA KEBEBASAN, TERHADAP PENINDASAN KETIKA TIDAK ADILAN UNTUK MASA DEPAN PAPUA,
    +++++++++ “””””””””””””””””””””FREEDOM PAPUA””””””””””””””””””””””””+++++++++
    NEGRIKU BERSIFAT DARAH KERENA ENGKAU SERAHKA SEMUA HARTA KAMU AMBIL SAYA BUTUH KEDAMAIAN,DAN KETENANGAN DI ATAS TANAH SAYA TANAHKU PAPUA TANAH PERDAMAIAN SAYA MEMANG HITAM SAYA MEMANG KRITING TAPI SAYA BUKAN HEWAN YANG BARANG BURUAN YANG BISA KAMU BUNUH PEMBANTAI, KEMUNAFIKAN TERLIAHT DIMANA MANA. KECURANGAN, KEMUNAFIKAN TERLIHAT DIMANA MANA, HAY INDOMIEE DIMANA KEADILAN YANG ADIL PERHADAP MASYARAKATNYA.
    HANYA SATU KATA:
    “Biar posko di bongkar, papua tetap merdeka., satukan barisan menuju satu langkah,
    Biar di hina biar di benci, inilah gaya saya, rambut kriting, hitan kulit, saya tetaP PAPUA”

    1. saya merasa miris, ternyata masih saja ada manusia yang mempermasalahkan fisik (rasis), baik itu orang papua itu sendiri atau orang di luar papua. Wahai papuan, pergilah mendirikan negara sendiri kalau kalian mampu melakukannya, dan saya pikir selama Freeport ada di Papua, keinginan ingin lepas dari Indonesi akan tetap sebagai sebuah mimpi di siang bolong….

      silahkan baca ulasan saya tentang papua di blog ini, selamat b erpikir….

    2. saudaraku berbagi cerita saja, apa yang indonesia lakukan itu benar
      kenapa
      pengalamn yang sudah sudah selama di jajah belanda
      kitab yang hanya kertas saja(sutosoma dkk epninggalan kerajaan kerajaan di tanah jawa) itu dibawa pulang oleh belanda dari tanah jawa
      apalagi emas terbesar di dunia
      akhirnya juga kalian g dapat apa apa
      coba dipikir lagi
      apa kah tanpa indonesia kalian bidsa sekolah
      jaman belanda yang bleh sekolah itu hanya anak raja atau bangsawan
      sekarang warga kalian boleh sekolah di jogjakarta
      dan maaf
      kebiasaan mabuk itu sering meresahkan warga jogja
      apa trs kami jogjakarta bagian dr nkri mengusir kalian
      tidak
      karena kalian saudara setanah air
      jangan ngotot
      jangan tamak dilihat dulu
      masa lalu dengan belanda dan sekarang dengan nkri

  6. dapatkah kita melihat sejarah?
    wahai sodaraku yg berada di Papua, Papua tidak mungkin merdeka dari penjajahan kolonial belanda tampa bantuan Indonesia.
    bagaimana jika pada saat itu pemerintah tidak membebaskan Papua dari penjajahan kolonial belanda?
    apakah kalian bisa membebaskan Papua dari penjajahan kolonial belanda?
    apakah kalian ingin menjadi kacang yang lupa pada kulitnya?
    saya merasa bangga menjadi bagian Merah-Putih yg melambangkan jiwa dan raga.
    perbedaan suku atau ras yang kebanyakan kalian serukan sebagai sebuah perbedaan adalah salah,karna perbedaan suku dan ras itulah yang menjidikan bangsa ini menjadi bangsa yang besar dan berjiwa besar.
    jika OPM menyerukan rakyat papua bangsa melanesia itu berarti kalian tetap ras melayu indonesia sebab arti dari melanesia itu melayu indonesia.

    Damailah tanah airku

    1. Kawan Panglima, mikirnya bunuh aja ya, itu kas karakter khas manusia barbar zaman dulu ynag insting kebinatangannya tinggi Kawan masuk dalam kategori ini ya……………………………………………….

    1. Bro, siapa bilang Timor-Timur yang Anda tahu sekarang nyesal karena lagi melarat,justru terbalik, Negaria kecil, setengah pulau yang kaya walau baru mulai membangun. Di Timor Leste tidak ada pengemis seperti di negerimu bang, ingat justru Timor Leste bersyukur karena berpisah dari NKRI.Sadar bro Kita bertetangga sebagai negara.bukan seperti dulu lagi.SEkarang lebih terhormat dan bermartabat di dunia internasional.

      1. terus sekolah tanpa paspor di jogjakarta
        silahkan cek
        itu pengemis atau penyelundup atau penjahat
        terus dengan bangganya hidup merdeka
        silahkan cek uang rupiah laku g buat jualan disana
        uang dolar australia
        letak merdekanya dimana
        coba pikir jika perbatasan kami tutup
        pa kalian bisa dapat bahan makanan dari nkri
        coba disurvei jangan asal bicara
        dan jangan sekolah ke jogja, bandung jakarta
        harga diri
        katanya terhormat di mata dunia
        coba pikir
        harga dirinya dimana
        uang kalian sendiri ja ga laku
        silahkan bongkar semua bangunan yang dibangun alm pak harto
        silahkan dengan nama harga diri
        dan martabat timor timur
        silahkan jadi satria dan jangan jadi pengecut
        dan banggalah pake bahsa timur bukan indonesia bung

    2. sodara ko salahhhh besarrr,,, Papua adalah SURGA DUNIA,,, KAYA AKAN HASIL BUMI… EMAS YG ADA DI TUGU MONAS ITU DARI PAPUA… CATAT ITU…. DI JAWA TDAK ADA EMASSS… FREEEPORT TIMIKA YANG ADA DI PAPUA…ITU YANG KSIH HIDUP NEGARA NKRI….. CATAT ITU…

  7. tiada guna memisahkan diri dari NKRI.
    saya sendiri sebagai orang Timor sebenarnya lebih suka bergabung dengan Indonesia,
    masih banyak masyarakat Timor yang cinta Indonesia, hingga kini masih lebih banyak masyarakat Timor yang menggunakan Bahasa Indonesia (bukan Portugis ataupun Inggris)

    saya merasa dulu memang Jakarta belum bisa mengembangkan Timor, dan saya sadar bahwa memang semua itu belum sanggup dilakukan jakarta.
    tapi lihat sekarang, banyak investor melirik Indonesia.
    perekonomian Indonesia pun kabarnya meningkat.
    dulu memang tak ada untuk pemekaran Timor, tapi lihat sekarang setelah Indonesia mampu dan memiliki.
    Uang otsus untuk Papua Rp 30 triliun.

    ayo papua, damailah kalian tak ada untung berpisah dari NKRI.
    jika tidak ada Perdamain bagaimana Jakarta mau Memekarkan daerah kalian, bagaimana investor yang banyak memekarkan mau melirik daerah kalian jika situasi tidak aman.

    1. bong los palos sya kira anda bukan orang timor leste asli? dan kalau emang anda orang timor leste,berarti mata anda buta, buktinya saya memberikan sebua contoh yang sangat konkrit dulu timor leste masi dibawa penjajahan indo jarang sekali orang timor leste untuk menginjakan kaki ni negara eropa.jangankan eropa kota dili aja mungkin hanya degar nama.tapi sekarang coba lihat udah banyak orang timor leste yang bekerja di negara2 luar (inggris, irlandia canada,dan amerika) dan udah berapa banyak orang timor leste yang mendapat beasiswa untuk keluar negri.mungkin anda adallah keturunan melisi yang masih sakit hati atu tidak mendapat kesempatan di timor leste

    2. 30 TRILIUN ITU UANG DARI HASIL PENJUALAN HASIL BUMI TANAH PAPUA…… CATAT DAN CATAT BILA PERLU TANYA PAK SBY….. KLAU PAPUA MERDEKA MAKA NKRI OTOMATIS MISKINNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNNN,,,INGAT ITU TANYA AMA MENTRI-MENTRI…. MAKANYA NKRI TAK MAU LEPASKAN PAPUA UTUKK MERDEKA…. TAPI TUHAN TDAK TIDURRR,,, TUHAN AKAN JAWAB KERINDUAN ORANG PAPUA UNTUK MERDEKA.

      1. @Michael: pantes aja hingga saat ini papua tidak merdeka, orang2 yang melek internet kaya ente sih…

      2. berapa sih hasil papua yang diambil indonesia,indonesia kaya akan hasil bumi tambang banyak bukan cuma freeport,dikalimantan,disulawesi.yg menikmati hasil bumi papua itu orang amerika.kan ada anggota dpr di papua jadi sebagian hasil freeport itu untuk rakyat papua,bahkan papua diberikan hak istimewa yaitu otonomi khusus org asli papua sendiri lah yg mengatur rakyatnya,klw kalian merasa terjajah itu berarti ulah pemerintah di wilayah papua sendiri maka tuntutlah mereka bukan penerintah pusat

  8. bong los palos, coba bong bayangkan sekarang orang timor leste yang bekerja di luar negri (eropa,america) mungkin uda hampir 3 ribuan lebih,kalau seandanya seorang menyekolakan 1 orang anak timor leste maka berapa bibit yang akan di hasilkan 15 atau 20 tahun mendatang,itu baru 1 banding 1 .belum(1 banding 2) dan belum lagi di hitung dengan bibit2 timor leste yang mendapat beasiswa di luar negri. anda benar2 buta.

  9. law pmerintahan yg brsih,pjabat2nya gak gila korupsi tak akan ada Daerah2 Yg Ingin Merdeka! Coba Lihat! Papua Itu Bgitu Kaya Akan Hsil Bumi,tp Sungguh Miris Pnduduknya Msih Bnyak Yg Miskin Dan Bodoh! Jd Jgn Salahkan Opm Tp Penguasa Negri Ini Yg Rakus.

  10. Michael-: eh lonte haram BANYAK BACOT KAU…
    ANGKAT SENJATA RAKITAN MU ITU KALO BENAR” SANGOPPPPPPPP SALAM KOMANDOOOOOOOOOOOO

    1. Saya masih ingin Papua Menjadi Bagian dari NKRI! NKRI HARGA MATI!!!!!
      Pemerintah setidaknya membagikan semua kekayaan itu ke seluruh penjuru Indonesia Terutama Papua itu Sendiri. Mungkin, Pulau Jawa itu sudah mempunyai cukup, jadi Jawa dapat memanfaatkan SDA dari Pulau itu Sendiri. Pemerintah juga memperhatikan pendidikan di wilayah Papua!

  11. Papua adalah bagian dari keluarga besar NKRI..Pertahankan Papua sampai titik darah penghabisan..Jinakan OPM yg hanya segelintir orang saja di Papua..Kami cinta rakyat Papua kecuali OPM.

  12. jgn bodok k kita orang papua sdh jelas berbeda knp tdk rebut malasia.singapura.yg rasnya sama dgn kalian malah rebut papua yg rasnya berbeda kulit hitam keriting rambut ad ap……..dan juga kami sdh di akui mnjadi sebuah negara di canbera aus…duluan papua baru indonesia…..jelas bngsa indon sbutan malasia itu kan mata harta mata duitan kami tidak pernah berada di nkri jd jgn bilang kembalinya papua ke nkri yg jelas kami orng papua semua ingin merdeka sebutan opm itlh kmi orang papua bukn organisasi jika kmi rakyat sdh mersa tdk puas dgn nkri maka kami akn berperang…..hehe orang in-don-sia ( ini dongeng sia sia)

    1. @dawox : Anda bilang “dan juga kami sdh di akui mnjadi sebuah negara di canbera aus…”

      Perlu Anda ketahui bahwa Australia pernah melakukan pembunuhan dan pemusnahan massal terhadap suku Aborigin (suku asli Australia). Secara fisik banyak kesamaan fisik antara suku Aborogin dan orang2 Papua. Orang2 suku Aborigin sekarang jumlahnya sudah sangat sedikit dan suku Aborigin kini telah menjadi suku minoritas dan terdiskriminasi di tanah mereka sendiri, yaitu Australia.

  13. Negara kita ini INDONESIA IS THE BEST sedang diadu domba dgn negara asing berbagai bukti sperti adanya OPM atau GAM itu hnya DOKRINAN dr negara asing agar negara kita bs terpecah belah..dulu tdk ada kata ingin mempunyai bendera sendiri itu semua hanya negara asing saja yg mau menghancurkan negara INDONESIA IS THE BEST maka dr itu KEKOMPAKANLAH yg bs membuat negara kita maju..msh bendera MERAH PUTIH,MERAH DARAHKU PUTIH TULANGKU..
    jgn lupa invite nh pin bb sy 5f785104 untk memperbanyak tmn..ok trimakasih untuk semua.

  14. PRAY FOR INDONESIA, PRAY FOR PANCASILA dari dulu indonesia udah buat pancasila sebagai wadah cerminan kita sehari2 WAHAAAII SAUDARA PAPUA dengar ini PANCASILA DIBUAT OLEH INDONESIA SEBAGAI MANA KEANEKAAN KERAGAMAN BUDAYA SUKU RAS BAHASA DAN LAI2 sooooooo…. mau melayu mau malesia itu sama dimata kita…. oknum rasis adalah penghancur jangan dengarkan meraka sahabat karna percaya lah kami….. sahabat kalian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s