Terkait Papua, Dunia Internasional Dukung Indonesia

JAYAPURA, KOMPAS.com — Terkait isu Papua, dunia internasional menyatakan dukungannya atas upaya yang dilakukan Pemerintah Indonesia.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) Bambang Darmono, Rabu (11/1/2012), saat mensosialisasikan kebijakan percepatan pembangunan untuk kedua provinsi itu di Jayapura.

Bambang Darmono mengatakan, dunia internasional mendukung kedaulatan wilayah Republik Indonesia. Mereka juga tidak mendukung adanya separatisme.

Namun, di sisi lain, dunia internasional juga meminta agar Pemerintah Indonesia konsisten melaksanakan Undang-Undang Otonomi Khusus bagi Papua serta tidak melakukan pelanggaran hak asasi manusia.

Komitmen

Menurut Bambang, pemerintah memiliki komitmen kuat untuk membangun Papua. Mengutip pernyataan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Bogor pada 23 Desember lalu, Bambang Darmono mengatakan, Presiden menegaskan agar segala bentuk kekerasan di Papua harus dihentikan.

UP4B, tuturnya, akan membantu Presiden mewujudkan program-program percepatan pembangunan itu, antara lain dalam bidang ketahanan pangan, pembangunan infrastruktur dasar, penanggulangan kemiskinan, pengembangan ekonomi rakyat di kampung-kampung, dan membangun komunikasi konstruktif.

Tujuannya adalah mewujudkan kesejahteraan bagi rakyat Papua. Indikator dari kesejahteraan itu, tutur Bambang Darmono, adalah adanya rasa aman dan nyaman sebagai manusia.

“Misalnya, jika sakit, masyarakat tidak lagi takut karena ada rumah sakit yang memadai,” kata Bambang.

Sumber: Kompas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s