Komnas HAM: Merokok Bukan Hak Asasi!

Jakarta Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM), Ifdhal Kasim, tak sependapat dengan Ketua MK Mahfud MD yang menyebut merokok adalah hak asasi. Menurutnya, merokok bukanlah hak dasar manusia yang dilindungi Undang-undang.

“Merokok bukan hak asasi, bukan hak yang dilindungi,” kata Ifdhal saat ditanya wartawan mengenai hak asasi tentang rokok, di kantornya, Jl Latuharhary, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (20/4/2012).

Ifdhal menilai hak untuk merokok bukanlah hak dasar seorang manusia. Larangan merokok tidak akan membuat seseorang kehilangan martabat sebagai seorang manusia.

“Merokok bukan bagian dari hak dasar, karena tanpa itu pun manusia tetap punya harkat dan martabat sebagai manusia, justru kesehatannya malah akan baik,” paparnya.

Pada Rabu (18/4), Mahfud menyebut, “Merokok itu hak asasi setiap orang.” Hari sebelumnya, MK memutuskan bahwa setiap gedung harus menyediakan ruang khusus merokok.


Sedang aktivis antirokok dari YLKI, Tulus Abadi, menyebutkan bahwa rokok bukan hak asasi, melainkan hak. “Itu hal yang serius, bahkan kami katakan inkonstitusional, karena faktanya menghirup udara sehat dan bersih itu hak asasi masyarakat non-perokok. Merokok itu hak, bukan hak asasi. Derajatnya lebih tinggi non-perokok untuk menghirup udara sehat dan bersih,” jelas Tulus, Rabu (18/4).

Detik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s