Selamat Hari Pendidikan 2 Mei 2012….

Kepada seluruh pembaca budiman…..

Indonesia, seperti kebanyakan negara lainnya, memiliki penghargaan tinggi terhadap jasa-jasa pendahulu. Salah satunya adalah kepada Ki Hajar Dewantara. Beliau ini lahir sebagai seorang anak bangsawan kaya dengan gelar Raden Mas Suwardi Suryaningrat. Namun dengan kekayaannya itu, tidak membuat dia pongah, sombong. Dia memilih untuk sekolah, walaupun di STOVIA (Sekolah Kedokteran) masa Hindia Belanda dia tidak lulus karena sakit, semangatnya untuk menimba ilmu tidak pernah pupus. Ketika di Belanda dalam masa pengasingan, waktu beliau gunakan untuk memperoleh gelar pendidikan gurunya dalam tahun 1913-1919.

Tahun 1922, dia mendirikan sekolah dnegan nama Taman Siswa pertama di Jawa, Indonesia dan memutuskan menangalkan namanya menjadi Ki Hajar Dewantara (KHD). Oleh karena kemudian banyak sekolah bumiputera yang bermunculan dan seiring itupula semakin berkembangnya rasa peka serta nasionalisme, maka Belanda memberlakukan “Peraturan tentang Sekolah Liar”.  Dampaknya, sekolah yang bernafaskan nasionalisme Indonesia diberanguskan. KHD protes dan demonstrasi.

Tahun 1959, setelah 2 tahun KHD memperoleh gelar Doktor Causa dari UGM, beliau RIP. Atas jasa-jasanya yang berjibaku untuk kemajuan pendidikan, bahkan hingga ke negeri sebrang, maka pemerintah pada tahun yang sama memberikan gelar pahlawan, dan tanggal lahirnya sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).

Bagaimana tahun 2012 ini?….masihkah relevan perjuangan KHD?

One thought on “Selamat Hari Pendidikan 2 Mei 2012….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s