Instruksi Kadinas No.47 Th.2012 Tentang Pembinaan Guru Non-PNS

Kami yang tergabung dalam HGJ (Himpunan Guru Jakarta) yang dulu bernama SGJ (Serikat Guru Jakarta) telah mengetahui lebih awal kalau Kadinas DKI Jakarta akan mengeluarkan “surat resmi” yang menegaskan pelarangan pemberhentian guru honorer. Pada tanggal 7 mei 2012 lalu, saya menerbitkan kisah terkait, dan 10 hari setelah Rakorda, apa yang kami harapkan menjadi kenyataan.

Alhamdulillah, awal Juni lalu melalui FB FGII Jakarta, penampakan surat telah ada meng-up load-nya. Nama surat tersebut adalah Instruksi Kadinas No.47 Tahun 2012 yang ditandtangani oleh DR. H. TAUFIK MULYANTO, M. Pd. Instruksi tersebut berintikan kepada:

  1. kepala sekolah semua tingkat agar memberikan pembinaan kepada guru non-PNS (guru honorer) di sekolah negeri kategori II secara berkesinambungan agar kedisiplinannya semakin meningkat
  2. tidak diperkenankan mengeluarkan guru honor yang belum masuk kategori II tanpa alasan yang dapat dipertanggungjawaban
  3. tidak diperkenankan menerima guru honor baru, karena setelah dilakukan pendataan guru honor sampai dengan Desember 2011 ternyata rasio kebutuhan dan keadaan guru sudah berlebihan
  4. kepsek yang tidak mengindahkan instruksi ini akan mendapatkan sanksi sesuai ketentuan yang berlaku

Keempat poin tersebut menegaskan bahwa guru honor yang mengajar di sekolah negeri sejak tahun 2011 dan sebelum tahun tersebut “haram” diberhentikan oleh kepsek tanpa sebab yang rasional/dipertanggungjawabkan.

Tanpa mengurangi rasa terima kasih ke berbagai pihak, lobi HGJ membuahkan hasil. Perjuangan untuk menghasilkan “payung hukum”, “kekuatan hitam diatas putih” yang cukup kokoh bagi kami guru honorer, akhirnya dapat kami peroleh. Viva HGJ !!

Silahkan dibaca ya…

9 thoughts on “Instruksi Kadinas No.47 Th.2012 Tentang Pembinaan Guru Non-PNS

  1. Bagaimana untuk nasib seperti saya sebagai Tata Usaha Honorer di SMP DKI Jakarta yg sudah cukup lama seandainya nanti pada saat seleksi tes Kategori II tidak lulus apakah harus keluar, padahal untuk Guru sendiri bagi yg tidak lulus masih ada peluang, bahkan ada surat tertulis dari Pak Taufik yg menyatakan kepd instansi terkait tidak boleh mengeluarkan Guru honorer yg sudah ada, tetapi tidak boleh menerima honorer baru

    1. Pak Solikatun, apa yang dihasilkan oleh guru honor dalam bentuk yang bapak utarakan, tidak hadir begitu saja: butuh doa dan usaha. Jadikan, apa yang kami lakukan dan peroleh sebagai cerminan dan semangat TU Honorer. Berjuanglah !

  2. Bagaimana dengan kami yg sejak bulan maret kemarin dialihfungsukan ke bagaian TU,apakah dengan adanya surat edaran tsb dapat mendapatkan jam mengajar kembali. Terima kasih atas infonya….

    1. Huh?, guru jadi TU?, dasarnya apa tuh?, buat pengaduan ke HGJ aja bu…tulis kronologisnya, nanti pasti diurus…mang ibu ngajar dimana??

      1. Assalamua’alaikum…pagi saya salah seorang guru yang diasingkan atau dijadikan TU setelah beberapa tahun saya menjadi guru bahasa Inggris dari tahun 2004-2011. Padahal, pada saat itu saya proses menuju S1 begitu saya sudah S1, saya malah tetep tidak di izinkan mengajar bahasa Inggris malah beliau menerima guru baru yang bukan kategori II bahkan dia mengatakan saya sudah tidak ada tempat disekolah itu, beliau mengatakan bahwa saat saya belum S1 yang memberhentikan saya adalah ibu Kasie. Apakah benar saya seorang guru honor yang belum tau dianggap PNS dan baru masuk K2 diberhentikan kerja oleh bu Kasie. Astaqfirullahhal’azim…apa salah saya ya? sehingga setelah saya sudah jadi TU beliau (Kepala Sekolah) malah kerjaan saya diambil alih juga, sedih, pahit serta sakit yang saya jalani selama berada disekolah dimana saya tidak dianggap manusia. Maaf kira2 dimanakah letak salah saya, kenapa saya dibuat begini banget, dipersulit banget, tolong solusi buat saya ya pak??? terima kasih.

        1. Maaf saya melanjutkan cerita diatas, setelah saya TU beliau (Kepala Sekolah) saya menerima karyawan baru lagi sebagai karyawan honor.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s